alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Deutsche Bank kena getah Panama Papers
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00c35d9a0951354b8b456d/deutsche-bank-kena-getah-panama-papers

Deutsche Bank kena getah Panama Papers

Deutsche Bank kena getah Panama Papers
Mobil kepolisian melaju di depan kantor pusat Deutsche Bank di Frankfurt, Jerman, 18 November 2018.
Sekitar 170 penyidik, agen federal, polisi, dan petugas pajak mengepung kantor pusat Deutsche Bank, Frankfurt, Jerman, Kamis (29/11/2018). Petugas menyebar ke lima gedung perkantoran dalam area tersebut.

Bermodal surat geledah dari Kejaksaan Tinggi Frankfurt, para petugas mengincar dokumen dan rekaman elektronik yang berkaitan dengan dugaan pidana pencucian uang melalui pusat keuangan offshore alias tax haven.

Dua orang pegawai Deutsche Bank, masing-masingnya berusia 50 dan 46, disebut-sebut berkongkalikong dalam membantu sekitar 900 klien mendirikan perusahaan cangkang (offshore companies) di British Virgin Islands, pada 2016.

Oleh kliennya, perusahaan cangkang tersebut digunakan untuk mencuci sekitar 311 juta Euro (sekitar Rp5 triliun) uang haram. Mengutip The Guardian, pengiriman uang ke perusahaan cangkang itu disinyalir menggunakan salah satu akun di Deutsche Bank, namun transaksi tersebut tidak dilaporkan oleh dua pegawai yang diduga terlibat tersebut.

Kejaksaan tidak memerinci siapa saja klien yang dimaksud dan dari mana asal uang haram tersebut. Namun, salah satu pegawai yang diduga terlibat diketahui menjabat sebagai petinggi di departemen anti-kejahatan keuangan bank terbesar keempat di Jerman itu.

Investigasi ini merupakan pengembangan dari penyelidikan jutaan dokumen berisi data perusahaan bayangan millik firma asal Panama, Mossack Fonseca, yang bocor dua tahun silam, Panama Papers.

Melalui akun Twitternya, Deutsche Bank mengakui bahwa investigasi ini berhubungan dengan kasus Panama Papers. Deutsche Bank enggan menjelaskan duduk perkaranya namun berjanji akan bekerja sama dengan otoritas terkait.

“Kami akan mengumumkan detail perkara ini saat semuanya sudah jelas,” sambung pernyataan tersebut.
It is true that the police is currently conducting an investigation at a number of our offices in Germany. The investigation has to do with the Panama Papers case. More details will be communicated as soon as these become known. We are cooperating fully with the authorities.
— Deutsche Bank (@DeutscheBank) November 29, 2018
Kredibilitas Deutsche Bank memang sedang diujung tanduk. Bukan sekali Deutsche Bank terbelit masalah pencucian uang.

Januari 2017, mengutip Chicago Tribune, bank pemberi pinjaman ini didenda sekitar $630 juta oleh otoritas Amerika Serikat (AS) dan Inggris karena ketahuan membantu mengalirkan $10 miliar AS dari Rusia melalui kantor cabangnya di Moskow dan London. Transaksi tersebut sukses dilakukan melalui strategi “mirror trading”.

Pada tahun yang sama, Deutsche Bank juga harus membayar denda sebesar $41 juta AS kepada Federal Reserve (The Fed) karena gagal menjalankan aturan kerahasiaan bank serta menghalangi praktik pencucian uang.

Deutsche Bank saat ini juga sedang dalam pengawasan ketat, setelah pada September 2018, otoritas perbankan Jerman mencurigai bahwa bank ini terlibat dalam kejahatan pencucian uang yang digunakan dalam pendanaan terorisme.

Nama Deutsche Bank juga disebut-sebut sebagai pihak yang membantu pembayaran dana sekitar 200 miliar Euro dalam skandal pencucian uang yang melibatkan bank pemberi kredit asal Denmark, Danske Bank, pada 2007.

Tak ayal, penggeledahan bukanlah pemandangan baru di kantor pusat Deutsche Bank. The New York Times mencatat, penggeledahan besar juga pernah terjadi pada 2012 dan 2015 untuk kasus penyelewengan pajak.

Selain pencucian uang, April 2016, Departemen Kehakiman AS menjatuhkan denda sebesar $14 miliar kepada Deutsche Bank menyusul keputusan yang menyatakan bank ini bersalah dalam penjualan kredit perumahan murah (subprime mortgage) yang menjadi penyebab krisis keuangan pada 2008.

“Deretan denda dan sanksi yang dijatuhkan kepada Deutsche Bank menunjukkan ketaktulusan mereka dalam mengubah budaya yang sangat tak patut ini,” sebut Profesor Hukum Kriminal Notre Dame Law School, Jimmy Gurule.
Deutsche Bank kena getah Panama Papers
Otoritas Jerman memasuki kantor pusat Deutsche Bank di Frankfur, Jerman.
Berbagai penindakan hukum yang dihadapi Deutsche Bank akhirnya berimbas pada kinerja perusahaan. Kuartal III/2018, Deutsche Bank melaporkan laba bersih sebesar 750 juta Euro dan pendapatan sebesar 19,7 miliar Euro. Meski tak seburuk periode sebelumnya, namun pencapaian kinerja ini terbilang tak seberapa bagi bank sebesar Deutsche Bank.

Sesaat setelah terpilih, April 2018, CEO Deutsche Bank Christian Sewing mengumumkan rencana restrukturisasi perusahannya. Pada 2019, perusahaan juga berencana merumahkan sekitar 7.000 pegawainya di seluruh kantor cabang di dunia.

Keputusan ini juga menandakan berakhirnya “masa persaingan” dengan Goldman Sachs dan JP Morgan Chase yang sudah terjadi selama 20 tahun terakhir.

“Sangat sulit mengembalikan profit perusahaan jika reputasinya tercerai berai seperti ini,” sebut Frances Coppola, senior kontributor untuk Forbes.

Sewing, lanjut Coppola, juga tidak memiliki strategi yang meyakinkan untuk mengembalikan kondisi perusahaan. Coppola malah terlihat membiarkan perusahaan ini berdarah-darah.

“Bagiku, ini seperti kapal yang nyaris tenggelam. Pertanyaannya kini adalah kapan bailout akan dimulai dan bagaimana bentuknya,” tandas Coppola.

Terlepas dari berbagai skandalnya, Bloomberg Opinion menulis masalah yang mendera Deutsche Bank besar kemungkinan menyeret Presiden AS Donald Trump.

Ketika Trump dinyatakan bangkrut pada 1990, Deutsche Bank menjadi satu-satunya pihak yang masih percaya ketika mantan pebisnis dunia hiburan ini meninggalkan utang—yang tak sanggup dibayar—sebesar $3,4 miliar kepada banyak bank.

Transaksi pertama Trump dengan Deutsche Bank adalah ketika bank ini memberikan pinjaman untuk merenovasi Trump Tower pada 1998. Dua tahun setelahnya, perjanjian lain disepakati. Sebanyak $640 juta AS dikucurkan Deutsche Bank untuk proyek pembangunan Trump International Hotel and Tower.

“Bantuan-bantuan” tersebut yang membuat hubungan Trump dengan Deutsche Bank menjadi begitu akrab. Deutsche Bank bahkan disebut menjadi salah satu pihak yang “menyembunyikan” kekayaan Trump.
Deutsche Bank kena getah Panama Papers


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-panama-papers

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Deutsche Bank kena getah Panama Papers Bogor melarang tas keresek, Jakarta dan Bandung menyusul

- Deutsche Bank kena getah Panama Papers Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal

- Deutsche Bank kena getah Panama Papers Apakah reuni 212 bermotif politik

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di