alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Anda Harus Tahu Inilah Biaya Operasi Hidrosefalus Pada Bayi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00b8c8ffef87d1638b4567/anda-harus-tahu-inilah-biaya-operasi-hidrosefalus-pada-bayi

Anda Harus Tahu Inilah Biaya Operasi Hidrosefalus Pada Bayi

Penyakit hidrosefalus ini merupakan salah satu bentuk kelainan kongenital pada bayi sejak dilahirkan. Kondisi ini ditandai dengan adanya akumulasi cairan atau serebrospinal dalam ventrikal sehingga kepala penderita akan tampak menjadi membesar. Sebenarnya cairan yang diproduksi oleh jaringan pleksus koroideus ini tidaklah berbahaya. Kondisi penyakit hidrosefalus pada bayi apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat maka dapat memicu beragam resiko seperti gangguan organ penglihatan, penurunan kecerdasan, gangguan sensorik, gangguan pada koordinasi dan keseimbangan, keterbelakang mental hingga kematian.  

Penyebab dari penyakit hidrosefalus ini adalah tingginya jumlah cairan serebrospinal dalam bentrikal yang ada di daerah kepala. Itulah mengapa kelebihan cairan tersebut akan membuat kepala yang ukurannya akan menjadi membesar. Walau sebenarnya cairan yang terlalu banyak jumlahnya tersebut akan menyebabkan gangguan pada otak. Sehingga gangguan tersebut antara lain yaitu cedera otak, pendarahan di otak. 

Gejala Penyakit Hidrosefalus 

Dibawah ini ada gejala penyakit hidrosefalus yang harus diketahui yaitu :
  • Kepala Akan Membesar
  • Mata Melihat Ke Bawah 
  • Ubun Ubun Yang Menonjol 
  • Sering Kejang 
  • Gangguan Tumbuh Kembang 

Biaya Operasi Penyakit Hidrosefalus Pada Bayi

Biaya untuk operasi penyakit hidrosefalus ini tentunya bervariasi untuk setiap rumah sakit dan bergantung juga pada tingkat keparahan kondisi pada pasien. Nah, untuk operasi pemasangan shunt (Ventriculoperitoneal Shunt) biasanya berkisar Rp.10.000.000-Rp.30.000.000. Sedangkan untuk operasi ETV (Endocopic Third Ventriculostomy) biasanya akan lebih murah, berkisar Rp.15.000.000 namun juga bisa lebih atau kurang. Akan lebih baik jika Anda mendaftar BPJS untuk memperoleh biaya yang lebih ringan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di