alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00b72e1cbfaaeb638b4569/hujan-sudah-tiba-waspada-di-jalan

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Musim hujan yang sudah tiba membuat kita harus menambah kewaspadaan. Lebih-lebih untuk kita yang sering beraktivitas di luar rumah. Baik dengan menggunakan mobil, maupun motor. Berkendara saat hujan, tentu berbeda dengan berkendara saat cuaca cerah. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatiaan lebih, agar perjalanan kita menjadi nyaman. Tidak mau dong, sudah basah kehujanan, kendaraan kita bermasalah, atau yang lebih buruk kita mengalami kecelakaan.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Nah, untuk mempersiapkan menghadapi musim penghujan, beberapa hal biasa saya siapkan agar mobilitas tidak terganggu. Apa saja? Yang pertama lakukan tune up, service besar pada kendaraan (baik mobil maupun motor). Sektor yang paling mendapat perhatian adalah ban. Ban gundul, ban racing (semacam battlax) akan saya simpan dulu. Jenisnya tidak cocok untuk membelah air. Ban yang sudah aus juga tidak bisa dipakai lagi, karena akan mengurangi traksi di aspal.

Jalanan basah kan lebih licin ya, jika ban tidak mendapat traksi yang bagus, sudah terbayang akibatnya apa? Jatuh,! Kalau bawa mobil bisa spin yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Sayangi nyawa mu. Duit untuk beli ban masih bisa dicari, nyawa? Tidak ada cadangannya. Kelistrikan menjadi bagian selanjutnya untuk diperhatikan. Pastikan tidak ada sesuatu yang bisa mengundang konsleting pada kendaraan anda. Kalau mau aman, ya seluruh bagian disiapkan se-prima mungkin.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Yang kedua jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Buah dan sayur menjadi menu yang biasa saya konsumsi untuk membuat badan tetap segar. Ingat berkendara saat hujan membutuhkan konsentrasi lebih besar dari pada berkendara di saar cuaca cerah. Jika badan tidak fit, konsentrasi menurun, resikonya terlalu besar. Bagi pengendara motor, kondisi fit menjadi syarat utama, bayangkan nyaris setiap hari badan tersiram air lho.

Jika daya tahan tubuh lemah, tentu dampaknya tubuh mudah sakit. Kalau sudah sakit, produktifitas menurun. Kalau sudah gitu, efek domino yang muncul. Bukankah lebih baik mencegah ya daripada mengobati? Lebih baik berpola hidup, makan sehat daripada harus berurusan dengan dokter karena sakit dan fisik ngedrop.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Yang ketiga, perbaiki attitude dan respon berkendara. Jika anda adalah pengendara motor dan sudah tahu ini musim hujan, bawalah jas hujan. Jika tidak punya, beli!. Harganya tidak semahal motor anda kok. Usahakan pilih jas hujan yang berbentuk setelan jaket dan celana yang terpisah, sehingga ergonomi berkendra tetap terjaga. Kalau ada warna cerah lebih bagus lagi, agar posisi anda mudah dideteksi oleh pengendara lain di saat hujan deras.

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Jangan lupa gunakan riding gear yang komplit, hindari sandal jepit! Sayangi kaki mu. Selanjutnya, batasi kecepatan berkendara mu. Jika biasanya 100kpj, saat hujan cukup 60kpj saja. Jika anda berkendara dan hujan akan turun jangan jadi orang bodoh yang menambah kecepatan tanpa peduli sekitar. Kehujanan tidak akan membuat mu mati, justru perilaku berkendara mu yang akan membuat mu berpotensi mati karena kecelakaan.

Terakhir, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan anda. Ingat, jarak pengereman saat hujan dengan saat tidak hujan berbeda. Menjaga jarak aman terutama dari mobil di depan anda, juga akan menghindarkan anda terperosok lubang yang sering tiba-tiba muncul saat musim hujan. Penyakit lama kalau ini sih. Bagaimana dengan pengendara mobil? Relatif sama sih, terutama perhatikan kecepatan dan jarak aman.

Well,hujan bukan alasan untuk tidak beraktivitas. Hujan juga bukan alasan untuk menurunnya prodiktifitas. Hujan harusnya menjadi penyemangat untuk tetap berkarya. Kenapa? Karena pelangi kadang akan muncul setelah hujan badai selesai. Salam Damai.


Merdeka!


Ide Tulisan : Pengalaman Pribadi
Sumber Gambar : sini, sini, sini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
daerah ane blom jelas hujan nya kapan gan
Sudah di siapkan semuanya... Btw baru banget abis nyuci motor udah gerimis aja emoticon-Hammer2
Iya nih... udah mulai hujan gede... Siap-siap ganti ban luar dah biar ga kegelincir... emoticon-Cendol (S)
Betul Gan... Jangan tidur di tengah jalan...
Quote:

Ente tinggal di mana om??? emoticon-Big Grin
Quote:

Rasanya jengkel luar biasa ya om... emoticon-Big Grin
Quote:

Mantab om, nyawa lebih penting daripada ban... emoticon-Big Grin
Quote:

Jalan apa dulu om??? Kalau jalan bayi mah gapapa... emoticon-Hammer2
Quote:


Ya begitulah, tapi ane sabar bang emang udah ketentuan nya
kampret kalo hujan
kena air genangan emoticon-Big Grin
Quote:


nah ini gan, tadi pagi ane dicipratin pengendara sebelah
mentang2 motornya matic (Namex) ga kena cipratan bawah
walhasil ane triggered emoticon-Mad (S)
jangan ngebut lah kalo ketemu genangan air
hargai pengguna jalan lain, or else...emoticon-army
Diubah oleh raysat3d
kalo bisa jangan pake sendal keroks bray. licin

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan
Quote:

Karena hujan airnya harus masuk ke tanah... emoticon-Big Grin
Quote:

Ga om, mereka gelantungan kok... emoticon-Big Grin
Quote:

Sabar om, didoakan saja yang nyipratin masuk sorga... Kalau bisa sekarang juga masuknya... emoticon-Leh Uga
Quote:

Pakai sepatu yang paling ideal...
Quote:


Betul bang emoticon-Big Grin
Musim hujan musim yg ane tunggu waktu ane SD.
Sungai meluap.
Klw surut banyak bawa udang dan ikan.
yang paling penting ini adalah moment yang pas untuk tarik2an dalam proses PDKT hahahaha ujan turun gausa pake jas ujan suruh peluk aja hahahaha
Kalo pas hujan kan ane belok tuh di jalas... eh jalanan nya licin jadi mobil ane slip ngedrift gitu... kok tiba2 di kepala ane ada lagu aneh ya... lirik nya gini gan
"Déjà Vu!
I've just been in this place before!
(Higher on the street!)
And I know it's my time to come home!
Calling you!
And the subject's a mystery!
(Standing on my feet!)
It's so hard when I try to believe!
Whooooaaa!! "

itu kenapa ya gan..?
Hujan Sudah Tiba, Waspada di JalanHujan Sudah Tiba, Waspada di JalanHujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan

Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan Hujan Sudah Tiba, Waspada di Jalan
Quote:

Hahahaaaa... Siapkan serok mu kawan... Suka nyari ikan juga om??? emoticon-Big Grin kodok banyak juga tuh om musim2 begini... emoticon-Big Grin
siap2 dorong motor
Quote:

Orang Jakarta nih pasti... emoticon-Big Grin kan sudah dikarungin, ga akan kebanjiran ente... emoticon-Big Grin
Ok kaka.
ane sih tetep sedia payung

emoticon-Big Grin
Jaga istri, gebetan, atau ceweknya Om. Biar gx di ambil orang apalagi teman emoticon-Cape deeehh
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di