alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Salah Paham Pembekuan Dana Pensiun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c008b2ca09a39f9098b4571/salah-paham-pembekuan-dana-pensiun

Salah Paham Pembekuan Dana Pensiun

Yth. Kementerian Pertahanan,

Ibu saya bernama Sendah Br Ginting (kurang lebih 90 tahun)sampai sekarang masih hidup dan tinggal di Desa Munthe Kabupaten Karo. Semula ibu saya sudah menerima tunjangan pensiunan sebagai janda dari Almarhum Ayah saya bernama Mambar Sembiring (Alm), seorang pejuang Kemerdekaan, anggota TNI Non NRP yang dahulu bertugas dengan pangkat terakhir SERMA jabatan/satuan BN XV BIRG III DIV X, Sebagaimana yang diuraikan pada SKEP asli yang masih dipegang ibu saya No 1807 WU 637/XW VI/1976 tertanggal 15 Juni 1976.
Sejak adanya OPS ( Operasi Purna Yudha ) pada tahun 1983 tunjangan pensiunan ibu saya selaku janda eks pejuang sudah dibekukan hingga saat ini dengan alasan : “ SUAMI PALSU MATERI ”.
Bahwa ibu saya tidak begitu paham berbahasa Indonesia, beliau hanya paham orang jika bertanya dalam bahasa Indonesia, tapi sulit menjawab pertanyaan dengan menggunakan kalimat dalam bahasa Indonesia. Serta beliau tidak melek baca tulis, dan tidak mengerti surat menyurat. Ibu saya hadir dalam pada saat pemeriksaan OPY, tetapi beliau tidak memahami butir pertannyaan yang diutarakan pemeriksa dikarenakan kendala dalam berbahasa Indonesia sehingga terjadi miskomunikasi. Sehingga pemeriksa pada saat itu menyatakan bahwa ibu saya bukan istri sah dari Mambar Sembiring sehingga tunjanggan pensiunan Alm ayah saya Mambar Sembiring dibekukan. Pada saat itu ibu saya kaget dan mengambil kembali berkas dari tangan pemeriksa yaitu bapak Silaban. Sejak peristiwa itu ibu saya tidak mengetahui bahwa tunjangan itu sudah dibekukan, namun ibu saya masih menunggu tunjangan itu sampai sekarang.
Apakah ketika itu petugas memiliki bukti bahwa ibu saya bukan istri sah dari ayah saya Alm Mambar Sembiring? Ibu dan Ayah saya lahir dan besar di desa yang sama. Jadi tidak mungkin ibu saya dan anak-anaknya bisa membohongi keluarga besarnya serta keluarga besar Alm ayah saya dan membohongi masyarakat dan pemerintahan setempat. Sampai sekarang semua surat dan dokumen atas nama Mambar Sembiring masih disimpan dan dikuasai oleh ibu saya, seperti SKEP, kartu Heiho, Surat penghargaan atas pembrantasan gerombolan Boike Nainggolan, Piagam dari Shizuo Miyamoto Jepang – Tokyo. Serta dokumen dan foto-foto selama masa perjuangan. Terakhir almarhum bertugas sebagai anggota Corps Pengamanan Perkebunan di-kebun Sumut Tindjowan, sesuai surat keputusan PANGDAM II No P.P/KTPS-00251/1/62 tanggal 20 januari 1962.
Ibu saya semenjak peristiwa yang terjadi di pemeriksaan OPS tidak pernah lagi mengikuti kegiatan WARAKAWURI dikarekanan tidak diakui oleh petugas OPY, yang mirisnya pemerintahan Jepang malah pernah mengundang ibu saya untuk hadir di Konsulat Jepang yang rencananya diberikan penghargaan karena mengingat jasa jasa ayah saya atas pengamanan tentera Jepang pada masa pelucutan senjata tentera Jepang di Jalan Sutomo Medan.
Bahwa saya selaku anak bungsu almarhum bernama Askaria Br Sembiring (57 Tahun) mengetahui dan menyatakan bahwa ibu saya tidak pernah menikah atau bersuamikan siapapun selain Alm Ayah saya.
Perlu saya tambahkan, banyak pihak menawarkan jasa untuk mengurus pencairan kembali atas pensiunan Alm ayah saya, meminta sejumlah uang yang tidak sedikit, namun tidak pernah ada kelanjutan
Mohon kiranya Bapak/Ibu yang terkait untuk dapat menindaklanjuti pelaporan saya dan memberikan kejelasan atas status pensiunan yang seharusnya masih diterima ibu saya.


Mohon dipertimbangkan, terima kasih

Salah Paham Pembekuan Dana PensiunSalah Paham Pembekuan Dana Pensiun
Salah Paham Pembekuan Dana Pensiun
Foto Ayah saya semasa bertugas (yang ditandai +)
Salah Paham Pembekuan Dana Pensiun

Saya sudah membuat laporan di lapor.go.id semenjak 19 Agustus 2018
Kementrian pertahanan hanya memberikan jawaban akan di follow up
Salah Paham Pembekuan Dana Pensiun
Laporan saya dikategorikan rahasia
Hanya pihak terkain yang bisa mengakses. Jadi saya lampirkan SS terakhir jawaban dari pihak kementrian
Diubah oleh XIFOID
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ada alasan kenapa beku 1983 baru diurus sekarang? Setidaknya kenapa tidak diurus sejak 2000-an?
Ada bukti surat nikah ? Kalo ga surat nikah, susah untuk membuktikan kalau ibu TS benar2 berhak mendapat uang pensiun janda, apalagi kalo ternyata ada pihak lain yang mengclaim sebagai istri sah dan punya surat2 yg sah ...
Saya adalah cucunya Ny Sendah
Ibu saya dan nenek saya tidak begitu mengerti sosmed dan sejenisnya.
Saya juga sudah membuat laporan saya di lapor.go.id sejak bulan Agustus 2018. Namun hanya mendapatkan tanggapan akan ditindak lanjuti.
Keluarga terus mengurus berkas ini dengan mendatangi kantor veteran di Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo. Sudah banyak uang yang dikeluarkan untuk mengurus ini, tapi satupun tak memberikan jawaban yang pasti
Dari penuturan nenek saya, beberapa saat sebelum diberhentikannya uang pensiunan Alm.kakek saya, ads sebuah pendataan ulang oleh instansi terkait saat itu. Nenek saya tidak begitu paham dalam penggunaan bahasa Indonesia. Sesaat sebelum pemeriksaan teman2 dari nenek saya memberikan informasi bahwa tidak boleh diselipkan uang di dalam berkas yang diminta, ternyata kesemua temannya menaruh uang di berkas, sehingga pada saat itu hanya nenek saya dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai penerima pensiunan lagi
Surat nikah sampai saat ini masih ada, hanya saja disimpan di kediaman nenek saya
Segera akan saya update untuk bukti tambahannya..
Diubah oleh XIFOID
Balasan post Quadpixel
Quote:

Saya cucunya gan, keluarga terus mengupayakan kasus ini, baik mendatangi kantor veteran, bahkan kami juga sering meminta tolong kepada anggota tni yang sekiranya dapat membantu, namun tetap saja buntu, saya yang mengusulkan agar melalui online. Kenapa baru sekarang karna saya sendir baru tau kasus ini gan
Terima kasih atas tanggapannya gan

Quote:

Surat nikah ada gan, bahkan surat dari kantor pemerintahan setempat yang menyatakan Alm. Kakek saya tidak memiliki istri lain, dan juga Nenek saya tidak pernah menikah selain dengan Alm Kakek saya juga ada
Terima kasih gan atas tanggapannya

Oh cucu...

Maaf aja ya gan, kalo udah "level 3" biasanya udah gak dianggap. Kasarnya... "situ siapa? Ikut berjuang buat negara aja kagak, kok mau "netek" sama negara".

Mending agan kerja yang bener buat bantu nenek kakek daripada riweuh urus yang begini.
Diubah oleh pengejar.maho
Balasan post pengejar.maho
Nenek saya masih hidup gan
Saat ini alhamdulillah beliau masih sehat
Beliau berjuang karna ini memang haknya
Terima kasih untuk tanggapannya..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di