alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bagaimana Pantai Anyer Bisa Dikuasai Perorangan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00846c902cfe87608b458d/bagaimana-pantai-anyer-bisa-dikuasai-perorangan

Bagaimana Pantai Anyer Bisa Dikuasai Perorangan?

Bagaimana Pantai Anyer Bisa Dikuasai Perorangan?

Serang - Pantai Anyer, Serang dengan panjang sekitar 25 kilometer sampai perbatasan Carita, Pandeglang mayoritas dikuasi oleh perorangan dan swasta. Publik tidak diberikan akses pantai kecuali membayar.

Bahwa tidak ada akses pantai bagi publik ini sudah diakui oleh Pemkab Serang. Selain dikuasasi oleh korporasi perhotelan, pemilik lahan sepanjang pantai Anyer sampai Cinangka juga ada yang dimiliki perorang, termasuk para pemilik modal dari Jakarta.

Bahkan, pengelola perorangan seperti di Pantai, bercerita bahwa yang ia kelola adalah hasil sewa dari perorangan dan korporasi hotel. Pertahun, untuk sewa Pantai Sambolo 1 disewa Rp 500 juta dari Hotel Patra Jasa. Sambolo 2 disewa dari pemilik lahan asal Jakarta Rp 465 juta.

"Sistemnya sewa, kontrak pertahun kalau tidak salah hampir Rp 500 juta," kata Yepi pengelola Pantai Sambolo saat berbincang dengan detikTravel di Serang, Banten, Kamis (29/11/2018).

Sistem sewa pantai ini terjadi hampir di semua Anyer di luar pantai yang sudah dimiliki oleh perhotelan. Makanya, setiap wisatawan yang datang, akan dikenakan biaya tiket masuk dari Rp 75 ribu untuk mobil sampai Rp 800 ribu untuk bus. Pengelolaan perorangan seperti ini, menurut Yepi juga mendapatkan saingan dari pantai yang sudah dikuasai oleh perhotelan. Hotel juga menarik wisatawan yang hanya sekedar ingin menikmati pantai untuk satu-dua jam.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang Tahyudin mengatakan, penguasaan Pantai Anyerterjadi sejak Banten masih bagian dari Provinsi Jawa Barat. Selain dikuasi hotel, ada salah satu perorangan pemilik pantai seperti seseorang bernama Haji Royani.

"Pantai kan ada di belakang hotel, itu dikuasai hotel, semuanya (penguasaan) oleh swasta dan perorangan, dari mulai Anyer swasta atau perorangan. Nggak kurang 90 hotel dikuasai perusahaan,"paparnya.

Pemkab, tuturnya mengetahui persoalan penguasan pantai oleh perorangan dan swasta ini. Meski ada keinginan untuk membuka pantai secara gratis untuk publik, tapi harga tanah di sana sudah kadung terlalu mahal.

"Kita punya keinginan tapi kan mahal, karena sudah dikuasi pengusaha yang punya modal, mainnya tinggi," ujarnya.

anyer

Dulu yang jual siapa nih... emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Jokowi pasti yg jual...salah Jokowi ini






Panasbung mode off
yg jual siapa yg tereak siapa
pantai dikuasai perorangan mah saya ga heran.

di propinsi saya juga ada.
Quote:


SALAH SBY LAH.... APA APA YG TERJADI SALAH SBY. GILIRAN TOL CIPALI YA BERKAT WIWI...
Lahan bisnis
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


ya jaman masih di kuasai provinsi jabar lah.....siapa lagi kl bukan gubernur nya.....model gini mana bisa tanpa ijin dan tanda tangan gubernur...
biarin, yg penting dikuasai oleh pribumi ma ada title haji nya, asal bukan manlen
Kalau milik publik nanti sampah semua pantainya emoticon-Busa:
Mau yg gratisan ke empang aja sana
hehehee emoticon-Big Grin
kalo nyewa bayarnya ke siapa, ada tanda terima n kwitansi nya ga ?emoticon-Leh Uga
Lah kok lucu
Quote:


Emg dulu pernah kesana.ancur tmptnya.. syukurlah dah dikuasai swasta.jd bakal bersih dr org2 dekil
Quote:


Quote:


kl dengan dikuasai sukwasta pantai tetap bersih
ane dukung masuk pantai harus bayar
Quote:


YA JELAS... NAIKIN BBM DIAM DIAM. NAIKIN LISTRIK JUGA DIAM DIAM

GROUNDBREAKING KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG PAKE ACARA MERIAH..(GA ADA WUJUDNYA SAMPE SEKARANG)

NGECORR TIANG MONORAIL BESOK ...

BESOK NGECORRRRR

SAMPE BERTAHUN TAHUN GA JADI NGECORRRR
MIKIR GAYUS
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
yang penting tarifnya masih wajar, pantainya bersi dan suasana nyaman uda cukup
Quote:


GAK SEKALIAN GRATISIN JAGORAWI TOH...

WKWKW
PENCITRAAN PICISAN


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di