alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c007fe1dbd77024568b4585/terbongkarnya-penjualan-cula-badak-ilegal

Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal

Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal
Badak Sumatra
Penjual cula badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) ilegal ditangkap oleh tim gabungan.

Tim tersebut terdiri dari Rhino Protect Unit (RPU), Wildlife Crime Unit (WCU), World Wide Fund for Nature (WWF), Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dan Polda Lampung.

"Memperniagakan anggota tubuh satwa yang dilindungi dalam keadaan mati berupa diduga 1 potong bagian tubuh diduga cula badak," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo seperti dikutip Okezone, Kamis (29/11/2018).

Penangkapan diawali dengan penyamaran tim gabungan sebagai calon pembeli setelah petugas menerima laporan dari masyarakat. Ketika saling berkomunikasi, petugas memberikan tawaran sebesar Rp4 miliar untuk sepotong cula.

Dilaporkan Kompas.com; akhirnya kedua pihak bertemu di Hotel Sempana Lima, Pesisir Barat Lampung, pada Senin (26/11/2018). Saat transaksi berlangsung, petugas lain langsung mengamankan para pelaku di lokasi tersebut.

"Begitu cula badak itu muncul, barulah kami pada Senin (26/11/2018) sore melakukan penindakan kepada para pelaku perdagangan bagian tubuh satwa liar itu," jelas Kepala Satuan Tugas Polisi Kehutanan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Penata Tingkat 1 Agus Hartono, Selasa (27/11).

Dari hasil penggerebekan, petugas berhasil menyita satu buah cula badak diameter 28 cm dan berat 200 gram. Disita pula dua ponsel dan satu unit mobil Toyota Avanza.

Dua orang berinisial DMS (48) dan AK (55) yang bertindak sebagai penjual langsung diringkus polisi. Mereka langsung menjadi tersangka.

Adapun empat orang lainnya; N (34), AS (35), Safri (39), dan EF (36) hingga kini berstatus sebagai saksi dan diamankan di di Mapolres Tanggamus, Lampung. Sementara seorang lagi berinisial Sertu M yang merupakan oknum Babinsa Koramil 03/KT Kodim 0408 Bengkulu Selatan, dibawa ke Korem 044 Garuda Hitam.

"Sebenarnya sudah ada 3 pelaku, tetapi satu pelaku berinisial M yang merupakan pemilik cula badak itu belum tertangkap, tapi sudah kami tetapkan DPO kepada M," tutur Dedi, seperti dikutip Kabar24, Kamis (29/11).

Dari hasil pemeriksaan, petugas yang terdiri dari Polda Lampung dan Tim Reaksi Cepat (TRC) TNBBS mengetahui bawah M yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) merupakan warga Desa Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Petugas gabungan masih mengejarnya.

Di sisi lain, petugas belum dapat memastikan kapan badak tersebut dibunuh untuk diambil culanya. Yang jelas, menurut Kepala Balai Besar TNBBS Agus Wahyudiono, pelakunya adalah orang yang ahli.

Polisi pun hingga saat ini masih melakukan pengembangan kasus penjualan cula badak ilegal tersebut. Dari sana, diharapkan mata rantai penjualan cula badak terungkap -- mulai dari proses perburuan hingga wilayah tujuan penjualan cula tersebut.

Kelak para tersangka akan dijerat dengan Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf d UU RI Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Ancaman pidananya penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

Badak Sumatra merupakan salah satu spesies langka yang masih hidup dengan liar di wilayah TNBBS. Karenanya menurut Dedi Prasetyo, perdagangan hewan dilindungi mendapat atensi cukup tinggi dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Saat ini Polri pun bekerja sama dengan BKSDA untuk melakukan tindakan sangat tegas terhadap masyarakat yang melakukan pembunuhan dan juga eksploitasi terhadap hewan tersebut.
Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-badak-ilegal

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal Apakah reuni 212 bermotif politik

- Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal Rompi khusus KPK untuk jaksa, hakim, dan advokat

- Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal Budaya merawat alat musik tradisional

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di