alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0064af9252336f0b8b4570/mantan-diplomat-perancis-berhasil-menang-pemilihan-presiden-georgia

Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia

Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia

Tblisi, IDN Times - Mantan diplomat Georgia untuk Perancis, Salome Zurabichvili, berhasil memenangkan Pemilu Presiden Georgia yang belum lama ini telah digelar. Hasil ini mengacu pada beberapa jajak pendapat yang sebagian besar memenangkan Zurbachvili. Dalam pemilu ini, ia berhasil mengalahkan mantan menteri luar negeri Georgia, Grigol Vashadze. Bagaimana awal ceritanya?


1. Zurabichvili berhasil menang sebesar 59 persen suara
Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia
Dilansir dari BBC, jajak pendapat hasil Pemilu Presiden Georgia menunjukkan Salome Zurabichvili telah berhasil meraih suara sebanyak 59 persen. Zurabichvili sendiri didukung oleh Partai Impian Georgia yang juga merupakan partai berkuasa saat ini telah mengalahkan calon presiden dari pihak oposisi bersatu, Grigol Vashadze. 

Wanita berusia 66 tahun ini juga mendapatkan hasil yang sangat positif dari berbagai survei dan kabarnya hasil pemilihan umum secara resmi akan diumumkan pada hari Kamis waktu setempat. Sedangkan dari Grigol Vashadze sendiri menolak mengakui hasil dari berbagai survei jajak pendapat atau justru harus mengakui kekalahan ketika hasil akhir secara resmi diumumkan.


2. Ini adalah terakhir kali pemilihan umum presiden dipilih langsung oleh rakyat
Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia
Pemilu Presiden Georgia ini merupakan pemilu terakhir yang dipilih oleh rakyat secara langsung karena di periode berikutnya akan dialihkan ke pemerintahan parlementer setelah reformasi konstitusional yang diadopsi tahun lalu. Pihak oposisi mengecam keras penyelenggaran pemilu ini, terutama dari mantan Presiden Georgia, Mikheil Saakashvili, yang menilai pemilu ini tidak sah. 

"Saya mendesak masyarakat Georgia untuk tidak mengakui hasil pemilihan ini," ungkap dengan tegas pernyataan Saakashvili seperti yang dikutip dari Rt.com. Ia juga tidak pernah mengakui aturan yang dibuat oleh pendiri Partai Impian Georgia, Bidzina Ivanishvili. Ketika menjelang keluarnya hasil dari berbagai jajak pendapat, pihak kelompok HAM juga mengecam dan menuduh pemerintah untuk mendongkrak suara milik Zurabichvili. Tak hanya itu saja, pihak oposisi dan kelompok HAM menuduh telah melakukan intimidasi pemilih dan mengklaim bahwa para aktivis partai yang berkuasa telah menyerang anggota staf kampanye Vashadze. Pihak Kejaksaan Agung Georgia akan menyelidiki kasus tersebut.


3. Dunia politik bagi Salome Zurabichvili sudah tak asing lagi
Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia
Salome Zurabichvili terlahir sebagai seorang anak pengungsi dimana orang tuanya melarikan diri dari Georgia pada tahun 1921 ke Paris setelah aneksasi negara Georgia oleh Red Army. Karier dunia politik bagi Zurabichvili sudah tidak asing lagi. Karier sebagai diplomat di Perancis membuat Saakashvili menunjuk Zurabichvili sebagai Menteri Luar Negeri di kabinetnya. 

Sayangnya, kehadiran Zurabichvili justru menimbulkan permusuhan terhadap anggota-anggota parlemen dan beberapa diplomat lainnya menuduhnya sebagai politisi arogan. Setelah itu, ia dipecat dari jabatannya dan hanya bertahan selama 1 tahun menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Georgia. Kini, Zurabichvili berhasil berada di puncak kariernya sebagai politisi jika ia terpilih sebagai Presiden Georgia baru melalui hasil akhir secara resmi. Jika terpilih sebagai Presiden Georgia, Zurabichvili akan menyeimbangkan hubungan Georgia dengan Rusia dan Barat.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia Demi Keamanan, Presiden Ukraina Desak NATO Kirim Kapal Angkatan Laut

- Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia Mantan Kepala Perbendaharaan Venezuela Divonis 10 Tahun Penjara

- Mantan Diplomat Perancis Berhasil Menang Pemilihan Presiden Georgia Seorang Bos Mafia Italia Ditangkap Setelah 15 Tahun Buron

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di