alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c002191dad77017218b4568/salahkah-aku

Salahkah aku?

Ibu saya mau menikah lg dan saya ga setuju krna laki2nya itu tdk mempunyai bekal alias pengangguran tp ibu saya ttp mau menikah dgn dia dan saya milih ngontrak sndri dan ibu saya dgn tenang ngmng "ydh km ngontrak aja yg pntg mamah nikah sm si A" apa yg saya lakukan sdh bnr? Dan apa ibu saya yg tega ninggalin anaknya sndri demi nikah lagi dan saya dibiarin tgl sndri emg saya yg mnta ngontrak tp jika memang seiyanya ibu dia tdk akan tega meninggalkan anaknya sndri demi laki2 dan lbh memilih mengurus anaknya dan mengurungkan niat dia untuk menikah lagi?
Posisi saya gabisa balik tgl sm ayah kandung saya krna ayah saya dan keluarga saya membenci saya krna saya tgl dgn ibu saya krna ibu saya dulu jg seperti itu meninggalkan anak2 dan cerai dgn ayah kandungku demi laki2 dan akhirnya cerai.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
dah lah ikut suami aja

emoticon-Nohope
TS kalo udah berani menggertak ya juga harus berani terima konsekuensinya
orang kalo udah dibutakan oleh cinta, mau tua muda juga udah gak ada kaitan lagi
gak bakalan sadar deh
sadarnya nanti tunggu udah habis tu cinta tergerus sama kekerasan, tidak adanya tanggung jawab, kesusahan, kekurangan dan lain lain lagi

hmm...
kalo udah begini ya TS belajar hidup mandiri lah mulai dari sekarang, mau gak mau, suka gak suka, terpaksa kan mau gimana lagi coba
percuma itu ibu TS untuk sekarang gak akan bisa diajak ngomong atau kompromi
dia gak akan dengerin kamu
malah dia akan anggep kamu kurang ajar dan bisa ngusir kamu
biarin aja deh sampe nanti dia sadar dan bisa lihat orang yang bener2 peduli sama dia
berharap yang terbaik untuk kamu..
emoticon-Cool
Kayaknya udah ada thread-nyakan sebelumnya. Lanjutin di sana aja.
kenapa bikin thread baru lg sih?
Ini masih ada postingan tgl 22nov. Masa tiap hari bikin thread baru,padahal kasusnya sama.


Thread 22-26 nov

Part 1.Anak broken home

Perkenalkan saya newbie saya bingung hrs cerita dan mnta saran ke siapa karna itu saya bergabung disini..
Saya adalah anak dari broken home saya punya kakak 2 cowo&cewe, dulu keluarga saya sangat harmonis dan berkecukupan tp itu tdk bertahan lama karna sifat mama saya yg suka minjem2 uang kesana kesini smpe ngutang berpuluh2 juta dan pernah ketipu krna di iming imingi punya harta banyak, smpe yg asalnya punya rumah jd ngontrak dan pindah kesana kesini, punya motor 2 smpe dijualin krna buat bayar utang2 mamah saya, sampe keluarga saya tdk punya apa2 lagi sdh hbs semua harta keluarga saya tiba2 saat saya sd mamah saya tinggalin keluarga saya pergi dengan lelaki.. yaa begitu saja mamah saya pergi dgn utang yg menumpuk.. karna saya dlu msh kecil saya gatau apa yg hrs saya perbuat yg saya inget setiap hari pasti ada yg nagih utang kerumah saya beberapa orang sampe ayah saya stress tp ayah saya berjuang terus untuk membiayai keluarga saya dan membayar utang2 mamah saya. Seketika saya smp dan sudah lupa dgn mamah saya tbtb mamah saya kerumah dan meminta saya untuk tinggal dgn mamah saya krna saya msh kecil dan sgt kangen dgn mamah saya langsung saya turutin dan dgn cara kabur dr rumah saya bisa tinggal dgn mamah saya tanpa memikirkan perasaan ayah saya krna saya msh polos dan butuh seorang ibu.. lalu saya dikenalkan dgn sosok laki2 yg dulu membawa kabur mamah saya yaaa itu adalah ayah tiri saya dia adalah orang yg bertubuh besar seperti preman dan saya hidup bertiga di rumah yg sgt2 sederhana dan tdk layak ditempati sampai saat saya mau masuk SMA lalu saya pndh lg sm ayah kandung saya tinggalnya ayah saya sgt marah besar semua keluarga besar saya marah karna saya kabur sm mamah saya semua keluarga besarku sgt membenci ibuku sampe kakak2 ku jg membenci ibuku mungkin hanya aku saja yg tulus menyayangi ibuku dan tidak tega melihat ibuku dibenci semua orang.. singkat cerita saya sdh SMA dan tiba2 mamah saya dtg lg ke kehidupan saya lewat telfon yg entah dr mana dia dpt no telfon saya dia blg "dia sedang ada di malaysia jd tkw" dan permintaan dia wktu di malaysia "dia pgn ktmu aku dan pgn nebus dosa dia yg dulu sudah pernah ninggalin saya" saya sdh bisa memikirkan apa yg hrs saya perbuat sampe suatu saat mamah saya pulang dari malaysia saya memutuskan untuk tinggal dgn mamah saya, saya sdh memikirkan matang2 krna saya jg ga tega melihat ibu saya yg hdpnya luntang lantung sendirian saya ikhlas saya pgn menemani mamah saya dari tdk pnya apa2 karna cuma saya anak yg mau menerima mamah saya dgn masa lalu seperti itu.. entah keputusan untuk tinggal dgn ibuku benar apa tdk saya gatau, singkat cerita saya tinggal dgn mamah saya dan ayah saya membenci saya sampe kakak saya pun ikut membenci saya krna begitu bencinya mereka terhadap ibu saya.. saya lakuin semua ini hanya untuk ibuku saya relain semuanya krna saya kasian dgn ibu saya yg hdpnya kyk ga punya anak krna ga diakuin oleh semua keluarga ayah saya termasuk 2 anaknya jg.. singkat cerita saya sdh tinggal dgn mamah saya dan mmh saya sdh cerai dgn suami yg ke 2 mmh saya hnya menjelaskan kl mmh saya itu di pelet mknnya tega ninggalin semuanya, saat setahun saya tinggal dgn ibu saya saat umur 19th lalu saya dinikahkan dgn pcr saya lelaki pilihan saya itupun bkn kemauan saya tp disuruh oleh org tua saya agar terhindar dr perbuatan2 yg tdk diinginkan. Tahun kedua dgn ibu saya sgt berat sekali saya tinggal berdua dikontrakan yg sepetak iyaa saya ga tinggal dgn suami saya krna suami saya kerja dan plg hanya seminggu sekali, saya ga menyangka sifat ibuku msh seperti dulu ibu saya pacaran dgn beberapa lelaki dan lelaki itu suka main kerumah sampai malam, dan tersisa 1 lelaki yg dr dulu msh pacaran sm mamah saya. Sebut saja si A, dulu wktu pertama2 pacaran sm ibuku saya msh setuju tp seiring berjalannya wktu si A sering main kerumah saya sampai malam dan berduaan, iya berduaan krna saya kerja dan kdg plg smpe jam10.. knp saya tau? Krna saya pnya teman yg tinggalnya tdk jauh dr rmhku yg menjadi intel,teman saya blg si A dtg kermh dr jam7 sampe jam10 kdg kl saya lembur sampe jam11 berduaan dirmh.. saya sdh berusaha ksh tau ke ibu saya supaya tdk seperti itu tp tdk mempan ibu saya hnya blg "yg pntg ga ngapa2in cm ngbrol doang" dan si A ini blm tau kl saya udh nikah krna suami saya pun jarang pulang, si A ini gaprnh ngsh uang ke ibu saya untuk membantu meringankan biaya kontrakan atau pun hnya sekedar untuk mkn saja layaknya orang pacaran yg meneraktir ini itu tp ini tidak. Saya mulai tdk menyetujui si A krna saya merasa dia hnya main2 saja dan tdk mementingkan keadaan keluarga saya, tiba2 mmh saya blg "mmh mau nikah lg sm si A" dan aku blg dgn tegas "tdk,aku tdk setuju mmh menikah lg mmh tdk menikah lgi pun saya bisa membiayai mmh dan dibntu oleh suami saya untuk membiayai mmh, dan kedua alasan saya tdk setuju itu krna si A itu pengangguran dan anaknya 4 otomatis dia berarti hrs menafkahi 5orang dr mana dia bisa menafkahi mmh sdgkan dia pun pengangguran rmh blm pnya yg artinya hrs ngontrak dan biayai 5orang trs kl main kermh ga prnh mikirin tentang keadaan mmh gmn main smpe malem ga malu mmh berduaan smpe mlm sm si A apa kata tetangga? Mmh itu seorang ibu tolong mencontohkan yg baik untuk anaknya saya tdk setuju itu pnya alasan yg jelas" mmh saya hnya mnjawab "terserah mau setuju atau engga mmh ttp mau nikah" maaf bknnya saya matre tp saya gamau hal yg dulu terulang lagi saya akan menyetujui jika mmh saya nikah lg asalkan dgn orang yg bnr2 bisa membuat mmh bahagia dan menjamin hdp mmh saya jd saya bisa tenang meninggalkan mmh saya dgn keluarga barunya dan saya ikut suami tugas kesana kesini, saya gabisa meninggalkan mmh saya dgn laki2 yg tdk mempunyai bekal bhkan rmh pun blm pnya dan kerja dpun engga dan mempunyai 4orang anak. Btw si A itu umurnya 50th dan mmh saya 48 dan slma ini yg membiayai mmh saya dan saya itu adalah suami saya dan saya jg ikut membantu dgn sedikit gaji saya, tp si A ini seperti tdk peduli seperti anak abg yg kl pacaran ya cm pacaran doang pdhl ini kan beda yaa sdh tua dan rencana untuk mnkh lagi tp dia tdk prnh membantu atau sekedar memberi uang ke mmh saya.. gmn kl udh nikah?mau kyk gmn mereka?
Tolong ksh saya saran saya hrs bagaimana apa yg hrs saya perbuat krna saya skrg sudah di titik yg paling bawah yg tdk tau hrs gmn lgi, maaf kl ceritanya berantakan dan terlalu panjang.(ga ada tombol enter ya mba?)


Part 2

Aku bknnya mau menjelek2an ibuku tp aku hanya sdh pusing dan merasa malu melihat kelakuan ibuku, ibuku yg tdk prnh menghargai hasil kerja keras suamiku skrg dia mau nikah bulan depan yg artinya bntr lg mereka menikah tp segala sesuatu dr hal kecil makan kipas angin rusak beli kasur baru dsb mintanya ke suamiku bkn ke calon suami ibuku.. bukannya aku itungan tp apa gunanya calon suami ibuku yg seakan2 hanya menumpang dan segalanya dr suamiku bahkan calon suami ibuku main kermh aja tdk prnh memberi uang tambahan buat sehari2 tp mlah merugikan ibuku apel hanya apel saja layaknya abg, dia kermh gaprnh ngeuntungin tp malah merugikan yg diomongin sm tetangga ibuku yg dinilai jelek sm tetangga krna calon suami ibuku sering bertamu gatau waktu ibuku jg yg kena.. pcr ibuku sebelumnya sebut saja si B kl si B main kermh tp ga ngsh uang langsung diputusin tp kl sm si A beda ibuku mnta uang si A ga ngsh ibuku diam saja seakan2 ibuku tunduk ke si A.
Dan sbntr lg bulan depan ibuku mau menikah dgn si A, si A ini pengangguran dgn 4 anak.. aku blg ga setuju jg prcuma ibuku ttp akan menikah.. aku depresi aku menyerah aku sdh berada di titik yg paling bawah seakan2 sdh tdk bisa berbuat apa2 lg selain pasrah dan jalani.

Apa yg hrs aku perbuat tolong masukannya😥😥.

Tambahan: Saya udh nikah cm suamiku kerjanya jauh jd plg seminggu sekali yg nafkahin slma ini ya suamiku bahkan mereka mau nikah pun smpe hal2 kecil dibiayai suamiku calon suami ibuku tdk ada usaha untuk menuhin perabot rmh atau apapun.


Part 3

Ini sifat ibuku sampai aku hafal betul apa saja yg sdh ibuku perbuat.. sekali lagi bknnya aku menjelekaan ibuku hanya saja aku ingin minta solusi apa yg hrs saya perbuat agar ibuku berubah, ibuku ibadahnya super rajin sampai gaada yg bolong satupun malam2 aja dia ngaji smpe subuh tapi kelakuan dia seperti ini
1. Di kontrakan A ibuku pcran ganti2 cowo diksh tau ngmngnya "da ga ngapa2in"
2. Trs di aku pndah ke kontrakan B ibuku setiap hari pergi dr pagi jam 7 kdg jam 6 smpe malem gatau jambrp krna aku plg kerja jam10 , pas kepergok plg malem ternyata dia sm pcr ibuku si A
Coba apa pantes seorang ibu dan dikenal orang janda plg malem sm cowo? Anaknya gaada ibuku bawa cowo malem2 berduaan? Dan ibuku sll ngmng "yg pnting ga ngapa2in" pdhl pandangan org ke kita tuh udh jelek
3. Aku pndh kontrakan lg ke kontrakan C disini suka main kermh malem2 pdhl udh tau tetangga suka ngumpul ngerumpi tp ibuku dgn tenangnya bwa cowo main kerumah, apa anggapan orang sbg janda? Yg jelek kan bkn ibuku doang aku juga kena sbg anaknya
4. Pcr ibuku si A sm ibuku suka ngbrol di tetangga dgn alesan tkt sm aku kl ngbrol dirmh, coba apa pantes seorang ibu kyk gt? Apa kata tetangga?
5. Ibuku gaprnh dngr kritikan dr aku, mau mslah pcrnya atau masalah apapun ibuku sll bela pcrnya dgn ngmng "da ga ngapa2in"
8. Aku ngasih tau ibukutuh bknnya ngatur tp biar hdp kita kedpnnya tuh bahagia ga gini2 trs aku mau ibuku lbh baik lagi aku pgn ngerubah ibiku agar tdk seperti ini
9. Jujur, aku blm siap punya ayah baru krna aku jg msh sedih kehilangan ayah mksdnya jauh sm ayah kandungku krna ayahku benci sm aku krna aku tinggal sm ibuku
10. Pcr ibuku tuh gaprnh mikirin lg kekurangan uang buat makan atau gmn apa kermh bawa makanan buat anaknya atau perhatian sm anaknya ya intinya narik hati aku supaya aku setuju tp dia gaada usaha untuk kyk gt
11. Slma ibuku blm kenal si A ibuku gaprnh kyk gini gaprnh kita berantem2 malah semuanya terbuka dr masalah uang atau pcran sekalipun terbuka tp pas kenal si beda 360°
12. Plg malem sm si pcrnya, pcr ibuku gatau diri main malem kermh tnpa mikirin ibuku diomongin tetangga apa engga. Main dr pagi smpe malem plg2 tau2 sm si A
13. Bahkan aku libur kerja aja ibuku bknnya diem dirmh tp malah keluyuran dr pagi jam6 smpe malem jam8 kl ditanya abis drmna dia jwbnya "dirmh tmn ah bt dirmh jg"
14. Trs slma ini si A yg suka bawa ibuku main smpe malem gatau main dmn dr pagi smpe malem br plg sm si A dan plgnya berduaan pas aku blm plg artinya apa pgn berduaan dirmh apa gmn?
15. Dulu ibuku sm pcr sblmnya gaprnh mau kl pcran sm yg gaada duit, bhkan kl kermh ga ngsh duit ibuku lsg putusin tp sm si A? Dia gaprnh ngsh apa2 ibuku mau
16. Si A sll janji ngsh ini itu tp gaada yg dia tepatin janjinya
17. Si A ngsh ke ibuku ktmu seminggu sekali ngsh 50rb aja gaprnh atau ngsh tmbhan buat makan aja engga
18. Si A yg bikin ibuku berubah seperti ini
19. Uang tabunganku dicelengan ilang dan pas aku bongkar dia jwbnya "ilang diambil tetangga wktu nitip kunci wktu ibuku prgi" dan itu wktu aku ada dikontrakan A yg artinya 1taun lalu br diksh tau ke aku skrg.
Tolong minta sarannya hrs gmn agar ibuku berubah. Maaf kl kepanjangan.



Thread 27 nov

Apa yg kalian lakukan jika kalian diposisi saya?

Apa pantas jika orang tuamu ibu atau ayah tp dgn status janda atau duda dan mereka mempunyai pacar, dan sering berduaan dirumah malem2 pdhl gaada siapa2.
Apa pantas? Apa yg akan kalian lakukan jika ada di posisi saya?


Thread 28 nov

Bolehkah saya seperti ini?

Apa saya sebagai anak berhak marah kepada orang tua saya karna orang tua saya tidak pernah menghargai pendapat saya, orng tua saya sering berduaan sm pcrnya tdk prnh malu sm saya anaknya sndri bahkan sm tetangga pun mereka ga malu..
Apa boleh saya marah seperti saya tdk ngomong dan tidak saling sapa dgn ibu saya? Saya mau pergi saya tdk pamit karna saya mau kerja dan mereka ditinggal berduaan tp pcrnya ibu saya bknnya ikut pergi karna anaknya gaada tp mereka santai saja berduaan dirumah.
Apa boleh saya seperti itu? Alasannya saya seperti itu agar mereka merasa kl saya tuh gasuka melihat mereka seperti itu.. krna kl saya omongin ke ibu saya malah jd berantem..
Ibu saya janda umur 48th dan pcrnya umur 50th yg saya pikir mereka sdh tak sepantasnya seperti itu krna malu tkt disangka tetangga yg engga2.
Tolong sarannya saya bingung krna kl saya jutek ke ibu saya trs saya tdk pamit ke ibu saya kl mau krja krna saya marah mereka berduaan trs ibu saya malah marah sm saya seakan2 saya hrs menghormati dan menghargai pcr ibu saya..apa yg hrs saya lakuin?


Di thread2 sebelumnya udah bnyk yg bantu cari solusi neng..
Diubah oleh unyiliwiliwil77
lu udah bisa nafkahin ortu?
udah bisa bahagiakan ortu?
udah tidak merepotkan ortu?

ortu lu kesepian butuh teman buat curhat, buat penyemangat hidup malah lu bertentangan.

klo lu ga bisa mending kosan sendiri, rasakan jadi anak mandiri.. rasakan itu ortu jika diposisi lu
enak jd orangtua, menang disegala sisi
ntr klo keputusan dia salah, tinggal balik ke anak

krn anak hrs nurut sm ortu, klo gak bakal durhaka

ibu agan buang agan? iya klo agan blm 18 thn emoticon-Big Grin secara hukum agan ditelantarkan

klo udh 18+ dan bisa cr nafkah, agan kalah posisi bagaimanapun juga emoticon-Ngakak (S)
hadehhh banyak DRAMA
emoticon-Marahemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
menyesal dengan yang diucapkan? karena kamu ngga bisa membiayai hidup mu sendiri? masih butuh ibu mu karena kamu masih bergantung ama dia?

makanya next time kalau mau ngomong dipikir dulu...biasakan jadi orang bener dan bertanggung jawab jadi kata kata yang keluar dari mulut mu itu bisa kamu pertanggung jawabkan ngga asal mangap aja.....tapi ngga bisa bertanggung jawab ama apa yang diucapkan...

sekarang masalahnya gengsi ya...udah terlanjur bilang mau keluar dari rumah tapi kenyataannya ngga siap? well sekarang tergantung kamu...
umur berapa sih? sudah siap kerja atau masih sekolah?

kalau usia siap kerja berusaha lah....jadikan ini titik balik dalam hidupmu....kost sana....cari kerjaan....kalau ada kemauan, usaha dengan sungguh sungguh pasti ada jalan....

kalau masih sekolah....ya jadi kan ini pelajaran berharga dalam hidupmu bagaimana arti tanggung jawab dalam setiap perbuatan dan kata.

soal ibu mu....dia mau nikah sama yang pengangguran...mau gimana lagi itu keputusannya dia...selama ngga ganggu hidupmu....ngga bisa apa apa.....siapa tau dia juragan apa gitu...jadi keliatannya nganggur padahal setorannya banyak.....biasanya orang kalo udah ngga suka liatnya cuman satu sisi aja....
ts egois Salahkah aku?
Ibumu punya kehidupannya sendiri. Kamu bakal ngerti klo sudah seusia ibumu mungkin....
Lgpl kamu sudah dewasa kan.
Btw klo bkin tret mulu tapi ga ngelakoni saran2 agan2 disini mah. Ya fix. Loe yg salah tapi cuman cari pembenaran aja disini. Ckckck
itu ortu agan dan agan ga punya hak utk ngatur2 hidupnya dia. pilihannya cuma terima atau tinggalkan.
oh gitu


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di