alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Empat WNA Divonis Mati
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0016db642eb607378b4583/empat-wna-divonis-mati

Empat WNA Divonis Mati

Empat WNA Divonis Mati

Batam: Empat terdakwa kasus penyelundupan sabu-sabu seberat 1,622 ton divonis hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam. Keempat terdakwa tersebut yakni Tan Mai, 69, Tan Yi, 33, Tan Hui, 43, dan Liu Yin Hua, 63, warga negara asing.


Sidang putusan ini dipimpin Muhammad Chandra sebagai ketua majelis hakim serta dua hakim anggota, Redite Ika Septina dan Yona Lamerosaa Ketaren. Majelis hakim menyatakan perbuatan para terdakwa terbukti secara sah, dan meyakinkan melanggar pasal 114 jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 


'Perbuatan para terdakwa tidak sejalan dengan semangat pemerintah dalam upaya pemberantasan narkotika. Oleh karena itu, menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap para terdakwa,' ujar Chandra, Kamis, 29 November 2018. 


Majelis hakim memerintahkan para terdakwa untuk tetap ditahan. Barang bukti narkoba akan dikembalikan ke penuntut umum. Sedangkan barang bukti lain, seperti handphone dimusnahkan dan paspor para terdakwa dikembalikan. 


'Adapun perbuatan yang meringankan para terdakwa tidak ada,' ujar Chandra lagi. 


Putusan hukuman mati tersebut sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam perkara ini jaksa menerapkan pasal 114 jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.


Seusai sidang, seorang terdakwa Tan Mai mengamuk. Dia melontarkan ucapan keras dalam bahasa China. Dia berupaya melepaskan diri dari penjagaan ketat polisi. Beruntung, upaya itu langsung dihentikan polisi. 


Tan Mai yang tak menerima putusan hakim itu tetap terus berteriak saat keluar dari ruang sidang, hingga naik ke atas mobil tahanan. Dia akan kembali dibawa ke Rumah Tahanan Barelang, Batam.  


Tim Gabungan Bareskrim Polri bersama Bea Cukai Batam sebelumnya, mengamankan sebuah kapal berbendera Singapura saat melintasi perairan Kepri pada Februari 2018. Saat dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan sabu seberat 1,622 ton dalam puluhan karung.  

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/Rb...a-divonis-mati

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di