alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PKB: Suara NU di Kubu Prabowo-Sandi Minoritas, Tokohnya Bukan Mainstream
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfffde8ded770eb0b8b4567/pkb-suara-nu-di-kubu-prabowo-sandi-minoritas-tokohnya-bukan-mainstream

PKB: Suara NU di Kubu Prabowo-Sandi Minoritas, Tokohnya Bukan Mainstream

Merdeka.com - Sejumlah kiai dan ulama cucu pendiri NU (Nahdlatul Ulama) memberikan dukungannya ke Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo-Sandiaga. Mereka diketahui langsung didatangkan dari Jawa Timur ke Jakarta, untuk mendeklarasikan dukungannya, Rabu 28 November 2019.

BERITA TERKAIT
Sejumlah Cucu Pendiri NU Merapat ke Prabowo, Timses Jokowi: Dukungan NU Tetap Solid
Cucu Pendiri NU Dukung Prabowo, Cak Imin Bilang Keluarga Hasyim Asyari Banyak
Moeldoko: Era Jokowi Tak Ada Kementerian Korupsi

Ketua DPP PKB, Lukman Edy, memandang suara NU ke Prabowo-Sandiaga adalah sangat minoritas. Bahkan bukan tokoh utama.

"Bukan hanya minoritas, tapi sangat minoritas. Tokohnya juga tidak mainstream. Mungkin sampean baru dengar namanya kan. Apalagi jamaah NU yang lain," ucap Lukman di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (29/11).

Dia menuturkan, hal yang membuat suara NU di paslon nomor urut 01 kuat, karena ketokohan Ma'ruf Amin sendiri sebagai mantan Rais Aam PBNU dan Kiai besar.

"Faktornya sederhana, karena ada faktor Kiai Ma'ruf. Rais Aam, itu pasti dia bukan hanya tertinggi secara struktural, tetapi juga dia mewakili kultural NU itu sendiri," jelas Lukman.

Selain itu, masih kata Wakil Direktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf bidang Relawan, menyebut, Kiai Ma'ruf memiliki kekuatan secara ideologis.

"Secara ideologis, Kiai penerus para pendiri NU, pimpinan pondok pesantren yang besar, struktur NU maupun Syuriyah di seluruh indonesia menyatakan komitmennya kepada Kiai Ma'ruf, kalau satu dua orang biasa itu," pungkasnya.

"Pendukung-pendukung Pak Jokowi ini adalah cucu-cucu atau keluarga dari pendiri yang memiliki basis dukungan yang luas. Basis dukungan yang mengakar. Karena memang mereka slama ini aktif dan berjuang untuk masyarakat entah itu lewat parpol maupun lewat organisasi kemasyarakatan atau kegiatan kebudayaan," ujarnya.

Politisi PKB itu menyebut beberapa tokoh trah NU di kubu Jokowi. Ada Ketum PPP M Romahurmuziy, Nyai Machfudoh dari keturunan Wahab Hasbullah. Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, cucu Bisri Syansuri. Kemudian, anak Gus Dur, Yenny Wahid adalah cucu dari Hasyim Asyari.

"Itu yang saya kira mengapa kemudian, arus besar keluarga mbah Hasyim Ashari itu dapat disebut ke Pak Jokowi," katanya.

Timses Jokowi memaklumi dukungan beberapa cucu pendiri NU merapat ke Prabowo itu namun tetap bicara ketidaktegasan Prabowo.

"Biasa dalam keluarga besar NU berbeda pendapat. Mereka belum tahu juga kalau Pak Prabowo nggak tegas sikapnya terhadap kedutaan Israel tersebut. Jadi setelah itu mungkin akan berpikir ulang juga," katanya.

"Apalagi setalah melihat Pak Sandiaga Uno ke makam dan tidak bisa menghormati makam tokoh-tokoh NU mereka akan berpikir ulang. Nggak bisa republik ini dipimpin oleh orang yang tidak paham dengan kebudayaan kita," pungkasnya.

https://www.merdeka.com/politik/pkb-...ainstream.html

prabocor dapet ampasnya doang
Diubah oleh prabocor69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
"Biasa dalam keluarga besar NU berbeda pendapat. Mereka belum tahu juga kalau Pak Prabowo nggak tegas sikapnya terhadap kedutaan Israel tersebut. Jadi setelah itu mungkin akan berpikir ulang juga," katanya.
kalo minoritas di jatim ya ga usah menggila dong mas

emoticon-Ngakak

jateng diliat noh, ati2 lho gembos di jateng

emoticon-Ngakak
kalo ada data mualaf di indonesia
gw pengen tau apakah mualaf diindonesia bertambah sejak maruf dicalonin jadi wapres jokowi
pffft
Berani ga pilih Rais Am. Ya berarti anda ga pantas beragama yg sejuk ini. Silahkan pindah agama aja.
kata siapa?
.banyak temen gw nu dukung PAS
lumayan juga nih. dapat 5 kardus
Quote:


kl jateng susah di gembosi.....fanatik pdip ....bisa nggembosi jateng bakal menang secara nasional....


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di