alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Bukan untuk Kepentingan Agama, MUI Imbau Warga Tak Ikut Reuni 212
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffe946947868b8088b4567/bukan-untuk-kepentingan-agama-mui-imbau-warga-tak-ikut-reuni-212

Bukan untuk Kepentingan Agama, MUI Imbau Warga Tak Ikut Reuni 212

Bukan untuk Kepentingan Agama, MUI Imbau Warga Tak Ikut Reuni 212
Reuni 212 dinilai sudah tak sesuai dengan khittah perjuangannya. Ini diungkapkan sendiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI Jawa Barat, menilai Reuni 212 tidak murni lagi sebagai kegiatan keagamaan. Kegiatan sudah melenceng ke arah politik.

Hal itu sebagaiman disampaikan oleh Ketua MUI Jawa Barat, Rachmat Syafe'i. Ia menjelaskan bahwa misi massa tersebut sudah tidak lagi memuat unsur keagamaan untuk tujuan kepentingan masyarakat. Melainkan, digunakan untuk kepentingan pragmatis di tahun politik.

Oleh karena itu, MUI Jabar melarang masyarakat dari daerah untuk ikut dalam kumpulan massa tersebut. Lebih baik mengikuti kegiatan lain yang berdampak positif pada kedamaian dan kesejukan masyarakat.

Pernyataan Ketua MUI Jabar itu juga dibenarkan dengan Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar. Menurutnya, esensi kegiatan reuni 212 sudah tidak sama dengan gerakan awal dan lebih condong pada kegiatan politik.

Ia pun mengimbau warga Jabar untuk memanfaatkan waktu bagi hal yang lebih produktif, seperti menggelar majelis taklim, istighosah dan zikir bersama untuk memohon keamanan dan keselamatan bagi bangsa Indonesia.

Pernyataan MUI Jabar itu tepat. Penilaiannya soal Reuni 212 itu tak lebih sebagai politisasi agama sudah benar. Mereka boleh saja berpolitik, tetapi jangan membawa “embel-embel” agama.

Jika tujuannya untuk mendoakan NKRI, baiknya digelar kegiatan pengajian di masjid masing-masing dan berdoa untuk keselamatan bangsa Indonesia agar terhindar dari kegaduhan dan kerusuhan yang dapat memecah belah persatuan bangsa..

Sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto juga sudah mengingatkan bahwa rencana reuni 212 sudah tidak relevan. Mengingat aksi tersebut muncul karena masyarakat menuntut keadilan atas kasus Ahok yang dinilai melakukan penistaan agama.

Nah, saat ini Ahok sudah dipenjara. Maka kasus tersebut sudah selesai. Bila tetap digelar Reuni 212, maka massa 212 justru hanya akan membuang tenaga saja.

Kita harus sadar bahwa menjaga kondusifitas pada masa Pilpres 2019 merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Indonesia. Ini sebagai gambaran dari kedewasaan dalam berdemokrasi.

Jangan kotori agama dengan kepentingan politik. Reuni 212 adalah contoh paling vulgarnya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di