alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Tanya Langkah Awal Memulai Startup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffe8b8d44f9fdd558b4568/tanya-langkah-awal-memulai-startup

Tanya Langkah Awal Memulai Startup

Agan agan, saya mau tanya tentang seputar start up. Saat Ini saya sudah mulai membuat aplikasi android untuk jualan jasa dan Sudah 70% jadi.

1. pendaftaran akun dan verifikasi akun
2. profile penjual jasa dan pemakai jasa.
3. Booking jasa.
4. Order jasa,
5. Transaksi jasa masih manual menggunakan cash,
6. tracking lokasi pengguna jasa dan penjual jasa.
7. Testimoni dari pemakai jasa.
8. Pencarian jasa berdasarkan filter lokasi terdekat.

Saya akui aplikasi itu masih banyak yg harus dikembangkan. Pada intinya Aplikasi itu untuk mempermudah penjual jasa dan pengguna jasa bertemu. Pasar yang saya tuju adalah mereka yang pengangguran atau memiliki skill bisa posting di aplikasi itu.

Untuk saat ini saya masih sendirian mengembangkan aplikasi nya dan database masih saya titipkan hosting kantor. Udah 2 bln ini saya berkutat dengan coding. Yang mau saya tanyakan.

1. langkah apa saja yg harus saya mulai terlebih dahulu untuk membuat start up?
2. Kalaupun belum ada dana yang mumpuni, bagaimana harus memulai infrastrukturnya, tapi saya sudah modal aplikasinya?
3. Apa saja yang di butuhkan di langkah awal memulai statup.?
4. Cara promosi untuk mengenalkan aplikasi tersebut ke masyarakat?

Jika agan agan berkenan mohon jawab pertanyaan diatas, syukur syukur ada yang mau kasih masukan agar bisa lebih berkembang.

Terima kasih.
Diubah oleh Mr.Arema
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Bantu jawab gan

1. Cari partner yang tepat gan! Atau klo agan emang bisa yakin jalan sendiri pastikan dan tanya pada diri agan aplikasinya menyelesaikan problem apa, atau apa yang ga ada di app lain yang bisa agan tawarkan. Riset market, tentukan target segment pasar, klo bs cari niche-nya (apa benar target pasar yg akan sebut diatas akan mau pake aplikasi ini) Setelah udah yakin dpt maka tentukan target dan planning untuk mencapai target tsb.
2. Infrastruktur tidak urgent yang penting semua UI/UX tidak ada kendala. Intinya begitu user menggunakan aplikasinya itu lancar dan tanpa error. Misalnya kurang2 dikit bisa diatasi
3. Hampir sama dengan point 1 gan, cari partner yg tepat dl, brainstorming, test market, tentukan target dan lainnya.
4. Iklan terbaik adalah dari mulut ke mulut, murah efektif. Klo aplikasinya ok ga bakal susah masarin. Lalu masuk komunitas yang sesuai pasar, ikut grup2 WA, FB atau offline

Mungkin sedikit membantu, terus semangat gan
Quote:


Makasih mas gan masukan nya dan jawabannya sungguh membantu sekali.
Klo sendirian saya kira emang berat. Harus ada rekan yang ikut bantu juga. Untuk saat ini, masih saya carikan partner yg bisa coding juga. Untung untung dapet yg bisa back end dan front end. Test market seperti apa ya gan? Apa semacam quisioner?
Balasan post Mr.Arema
Test market enaknya langsung trial ke user, klo dalam hal ini aplikasi agan menyediakan jasa nah coba trial ke kenalan2 agan dl. Walaupun tujuan/fungsi app yg sebenarnya belum keliatan gpp. Justru nnt keliatan dr hasil tsb sebenarnya market app tsb bnrn ada apa ga, jgn2 cuma kita anggap ada tp susah untuk diterima user. Dan klo masih sendiri bakal agan cape sendiri ujungn2nya, takutnya app bagus tp karena udah kena mentok jdnya semangat down akhirnya ga lanjut
Quote:


ente harus kolaborasi gan, sama orang marketing atau orang pemasaran. biar ada yang bantu masarin. entah lewat medsos atau lewat face to face.

kalo belum ada dana, ya usahakan ente cari partner yang punya dana juga. temen deket atau orang tua, atau pinjaman bank. kalo ngeharapin investor sih ane bilang ga akan ada. karena ane udah pernah pitching depan investor dan produk ane belom jadi.

sebelum ente ngembangin jauh aplikasinya, ente udah ada penijauan belum soal kompetitor, target pasar, bisnis model. Biasanya para startup yang co-foundernya banyak duit, mereka bikin design sprint. Jadi sebelum produk turun ke pasar mereka bisa menganalisa peluang produknya kedepannya gimana, dalam 5 hari mereka sudah bisa tau hasilnya. Keuntungannya bisa cut banyak waktu dan cost. coba baca-baca aje gan soal design sprint. Atau sering sering ikut seminar starup aje biar nambah wawasan.

setau ane startup dibidang jasa banyak banget, ada tukangpedia, ahlijasa, apalagi go-jek yang bakal besarin go-life. ane juga lagi bangun startup bidang IoT, karena trendnya 2020 IoT bakal booming. Kalo ente bisa bikin qr code scanner di android - ane mau ajak kolab buat bikin app untuk kompeetisi jenius hackton bidang fintech. Hadiahnya lumayan buat modal bangun startup

tim ane saat ini = 1 fullstack js, 1 frontend js, ane embedded systems, 1 lagi pemasaran.
Diubah oleh ghostnewbie
Quote:


Makasih atas masukannya, agan ghostnewbie, untuk saat ini aplikasi jasa emang kompetitornya banyak sekali gan, dan harus siap berkompetisi (aplikasi user friendly yang akan menjadi saingan terberat). bener katamu gan, butuh seseorang di bagian pemasaran/marketing, dan ternyata strategi pemasaran cukup lumayan untuk mengenalkan aplikasi itu. saat ini saya diminta temanku masuk di sebuah komunitas untuk mengecek kemudahan aplikasi dan sambil melihat bug nya.
dari percobaan itu saya sedikit banyak mendapatkan masukan berupa saran dan ejekan untuk mengembangkan aplikasi itu. kebetulan ada teman, mantan acounting gojek pun ikut memberikan masukan dan beliau memberi suntikan dana pribadi untuk pengembangan aplikasi itu.
saran anda akan membatu saya untuk mencari parner gan. terima kasih


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di