alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dihadapan Danrem dan Dandim, Menhan Tekankan Pentingnya Bela Negara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffd8f896bde6f20b8b4567/dihadapan-danrem-dan-dandim-menhan-tekankan-pentingnya-bela-negara

Dihadapan Danrem dan Dandim, Menhan Tekankan Pentingnya Bela Negara

Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu selalu menekankan pentingnya Bela Negara dalam setiap aktivitas masyarakat di Indonesia. Menhan Ryamizard adalah Menteri yang fokus pada program bela negara dan mengawal NKRI dengan pemahaman kepada masyarakat dengan bela Negara. 


Menhan memberikan pembekalan dalam Apel Komandan Komando Resort Militer (Danrem) dan Komandan Distrik Militer (Dandim) TA 2018 ini. Pembekalan ini sangat penting dan strategis, disamping sebagai wahana untuk menjalin silaturahmi, juga strategis untuk mewujudkan kesamaan berpikir dan cara pandang dalam membela negara, serta mewujudkan komitmen bersama dalam membangun dan mewujudkan cita cita nasional Indonesia.

Menurut Menhan Ryamizard, pada hakekatnya kepentingan strategis pembangunan konsep Pertahanan Negara adalah dalam rangka mengamankan kepentingan nasional yaitu menjaga keselamatan bangsa, menjaga kedaulatan negara dan menjaga integritas territorial NKRI.

Inilah pentingnya dalam mengamankan kepentingan nasioanl dan menjaga keselamatan negara. Apalagi berbagai ancaman bangsa selalu ada dan itu harus selalu harus dikedepankan dengan baik. Menhan pun selalu memberikan motivasi kepada Dandim dan Danrem agar mengawal masyarakat Indonesia untuk selalu mencintai Indonesia dan memiliki jiwa bela negara.

Dikatakan, amanat Undang-Undang, konsep arsitektur penyelenggaraan pertahanan negara dilaksanakan dengan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) atau “Total Warfare” yang merupakan totalitas dari keseluruhan kekuatan komponen rakyat dan sumber daya negara serta sarana dan prasarana nasional, sebagai satu kesatuan pertahanan guna mengantispasi berbagai bentuk potensi ancaman yang dalam pengorganisasiannya dikelompokkan ke dalam Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung.

“Disini dapat kita lihat, bahwa dalam menyusun stretegi pertahanan negara yang berbasis Sishanta, Menteri Pertahanan mengelola dan memadukan secara sinergis ketiga komponen tersebut menjadi sebuah totalitas kekuatan Pertahanan Negara yang tangguh dan handal demi menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” urai Menhan Ryamizard dihadapan peserta Apel Danrem/Dandim seluruh Indonesia, di Bandung, Rabu (28/11/18)

Kedudukan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara merupakan bagian integral dari pilar arsitektur pertahanan negara yang disusun oleh Menteri Pertahanan. Sejalan dengan prinsip demokrasi kerakyatan, maka otoritas sipil memilki kewenangan untuk mengendalikan dan mengembangkan kekuatan militer yang pelaksanaannya didelegasikan kepada Presiden melalui Menteri Pertahanan.

“Secara Politis, Menteri Pertahanan selaku Penasehat tertinggi Presiden dalam Bidang Pertahanan memegang mandat dari rakyat untuk mendesain dan menentukan kebijakan Strategi Pertahanan Negara termasuk di dalamnya melaksanakan kontrol demokratis terhadap kekuatan militer,” kata Menhan Ryamizard.

Link : https://www.merdeka.com/foto/peristiwa/1028022/20181128160014-menhan-ryamizard-ryacudu-jadi-pembicara-di-apel-komandan-korem-dan-dandim-003-debby-restu-utomo.html
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ok laksanakan emoticon-Cool


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di