alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffc33756e6af5e288b4567/tak-usah-jauh-jauh-ke-jepang-di-surabaya-ada-bunga-mirip-sakura

Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!

Agan Sista!

Ada yang udah pernah ke Jepang? Kalau kita berbicara soal Jepang, Jepang itu khas dengan Bunga Sakuranya. Bunga berwarna pink yang menghiasi Jepang setiap Musim Semi. Kalau kalian mau ke Jepang usahain pas Musim Semi dehh. Biar kalian bisa ngeliat langsung si bunga khas dari Negara Matahari Terbit.
 
Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!

 
Tapi sekarang Agan Sista jangan khawatir. Gausah pergi jauh-jauh lagi ke Jepang untuk melihat Bunga Sakura. Agan Sista tinggal main aja ke Surabaya. Kok ke Surabaya sih? Soalnya di Surabaya ada Bunga Tabebuya yang sedang mekar. Bunga Tabebuya ini mirip banget dengan Bunga Sakura looh.
 
Bunga cantik asal Brazil tersebut didatangkan dari Malang dan Kediri serta petani Surabaya yang telah membudidayakan bibitnya. Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser mengungkapkan penanaman bunga tabebuya merupakan inisiatif Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ide tersebut bahkan telah muncul jauh sebelum Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.
 
Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!

 
Keindahan Bunga Tabebuya ini pun mencuri perhatian banyak kalangan yang lantas membagikan potret keindahannya ke media sosial. Banyak yang menyebut jika keindahan bunga ini mirip dengan suasana daerah di Jepang saat Bunga Sakura bermekaran. Sebenarnya selain Surabaya, fenomena bermekarannya Bunga Tabebuya juga terjadi di beberapa kota lainnya di Indonesia. Sebut saja Batu, Kediri, Magelang, Purwokerto, hingga Karanganyar.
 
Dilansir dari Tribunnews.com inilah sederet fakta bunga tabebuya menurut penjelasan Pudji Widodo, dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.
 
 
Berasal Dari Brasil

Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!


Pudji menjelaskan, tabebuya (Tabebuia aurea) merupakan jenis tanaman yang termasuk Suku Bignoniaceae dan berasal dari Brasil Amerika Selatan. Tanaman ini dapat menjadi pohon yang besar bila dibiarkan tumbuh puluhan tahun. Pohon Bunga Tabebuya sering disebut sebagai Tanaman Sakura. Pasalnya, bila berbunga, bentuknya mirip seperti Bunga Sakura dan mekar dalam jumlah besar, lebih dominan daripada daunnya.
 

Kelebihan Bunga Tabebuya

Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!


Pohon Bunga Tabebuya memiliki kelebihan. Daunnya tidak mudah rontok dan saat musim bermekaran, bunganya terlihat sangat indah dan lebat. Selain itu, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berdekatan dengan bangunan. Oleh karena itu, Pohon Bunga Tabebuya sangat cocok sebagai tanaman peneduh jalan tanpa merusak perumahan atau pertokoan di sepanjang jalan.


Punya 74 Jenis

Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!     Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!     Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!


Genus Tabebuia meliputi 74 species yang diakui kebenarannya. Antara lain T. aurea berwarna kuning, T. rosea berwarna pink, T. pallida berwarna putih atau pink muda, dan lainnya. Bunga Tabebuya berbentuk terompet dengan panjang 3 –11 cm, sehingga dimasukkan ke dalam Bignoniaceae. Wujud Bunga Tabebuya pun berbeda dengan sakura yang mahkota bunganya berlepasan. Bunga Sakura termasuk dalam Suku Rosaceae (mawar-mawaran) dan tidak berbentuk terompet.

Perbedaan Bunga Tabebuya Dengan Sakura

Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!     Tak Usah Jauh-Jauh Ke Jepang, Di Surabaya Ada Bunga Mirip Sakura!


Bila dilihat dari batang, Pohon Tabebuya bisa menjadi pohon besar, sedangkan sakura hanya jadi pohon kecil. Pun dengan waktu mekarnya. Bunga Tabebuya bisa mekar hampir sepanjang tahun berbunga dan mencapai puncaknya pada musim kemarau. Sementara Bunga Sakura hanya mekar sekali dalam setahun pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga April. Dilihat dari manfaatnya, Bunga Tabebuya dapat digunakan sebagai tanaman peneduh dan hias. Lain halnya dengan sakura yang bisa dibuat menjadi minuman teh, es krim, hingga makanan. Bunga Tabebuya tersebar di negara tropis dan subtropis di kawasan Amerika, seperti Meksiko, Karibia, hingga Argentina. Namun kini, Tabebuya tersebar terutama di berbagai negara tropis. Sementara Bunga Sakura ada di belahan Bumi utara, seperti Jepang dan China. Sebaliknya, Bunga Sakura tersebar di berbagai negara terutama subtropis.


Sama-sama bagus kan sama Bunga Sakura? Mirip bangeeettt!!! Jadii, gausah jauh-jauh ke Jepang yaa kalo cuma mau lihat Bunga Sakura, di Indonesia juga ada kok!

 

Sumber :
Bunga Tabebuya Surabaya
Diubah oleh surayrus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Bunganya gampang rontok nggak tuh pas musim kemarau ?

Biar nggak nambah kerjaan kang sapu jalan

emoticon-Big Grin
Hot thread kok gak ada yang komen, makin menyedihkan nih jamban
idola ni ibunya emoticon-Big Grin
bagus ye
Ane harap surabaya terus dipimpin org kyk bu risma
tetep enakan ke jepang bre, selangkah lebih dekat dengan jav hhhhh
Ijin nyimak dulu gan..
cuss ke soerabaya
Kw Grade +++nya bunga sakura berarti ya gan
Quote:


skalian bawa gadis jepang ke indo
Quote:

malam uda
Semoga bisa diperbanyak lagi emoticon-Peluk
Quote:


ini juga dikomen
Quote:


bisa jadi ya
Balasan post edsixteen
Quote:


kita habiskan nij uda? emoticon-Embarrassment
Balasan post Joko.Widoddo
Quote:


nasbung ga dimana2 emang tolol bin goblog
ketololannya pure dari lahir tidak pernah kena bangku sekolah emoticon-Angkat Beer
Quote:

habiskan saja da
pejwan dulu
pernah sekali ke surabaya. emang oke bgt kotanya.

edit: seumur2 baru bisa gembokin. haha
Diubah oleh bloodyhart
gagal gemboked
Diubah oleh edsixteen
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di