alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffbd09c0d7707c508b4569/ri-butuh-banyak-infrastruktur-bagaimana-pembiayaannya

RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?

RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?

Pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar membangun infrastruktur. Ratusan triliun rupiah mengalir untuk membangun jalan, jembatan, bandara, pelabuhan hingga bendungan.

Untuk mendukung terlaksananya pembangunan tersebut, pemerintah tak bisa bergerak sendiri dan hanya mengandalkan pendanaan negara yang jumlahnya sangat terbatas.

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) mengatakan bahwa Pemerintah melalui kementerian keuangan terus berinovasi untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Pemerintah memiliki inovasi regulasi pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan keterlibatan swasta, yaitu antara lain Viability Gap Funding (VGF), Project Development Fund, dan berbagai pembiayaan infrastruktur melalui instrumen seperti pendirian Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Menurutnya, dengan inovasi pada bidang struktur pembiayaan ini efektif menarik swasta dalam pembangunan infrastruktur. Ditambah lagi, PT PII sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan diberikan mandat untuk melakukan penjaminan dalam proyek berskema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Sampai dengan 2018, PT PII telah memberikan penjaminan atas 16 proyek infrastruktur dengan skema KPBU. Proyek-proyek tersebut yaitu satu proyek PLTU Batang, 10 Proyek Jalan Tol (Batang-Semarang, Balikpapan-Samarinda, Pandaan-Malang dan Manado-Bitung, Jakarta - Cikampek II Elevated, Krian- Legundi - Bunder -Manyar, Cileunyi -Sumedang-Dawuan, Serang-Panimbang, Probolinggo -Banyuwangi dan Jakarta -Cikampek II Sisi Selatan), 2 Proyek Air Minum (SPAM Umbulan dan SPAM Bandar Lampung), dan 3 Proyek Telekomunikasi (Seluruh paket Proyek Palapa Ring yaitu Barat, Tengah dan Timur) dengan total nilai proyek Rp 176 triliun.

"Dengan seluruh proyek yang telah dijamin, PT PII diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur Indonesia," tegas dia dalam keterangannya, Kamis (29/11/2018).

Bangun Infrastruktur Bukan Hobi, Tapi Kebutuhan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan kebijakan itu dilakukan pemerintah bukan untuk pamer kinerja atau sekedar hobi, tapi karena infrastruktur di Indonesia perlu ditingkatkan.

"Membangun infrastruktur bukan kemewahan atau hobi, tapi ini kebutuhan. Ini bukan fancy idea, ini yang dibutuhkan negara dengan 250 juta penduduk dan belasan ribu pulau," tuturnya dalam acara Deloitte Indonesia Infrastructure CEO Forum 2018 di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/9/2018) lalu.

Menurut Sri Mulyani infrastruktur Indonesia juga jauh tertinggal dari negara-negara tetangga, bahkan kalah dengan Thailand yang waktu 1997 menjadi awal krisis ekonomi di Asia.

"Thailand sekarang sangat maju infrastrukturnya. Indonesia sangat tertinggal dan stagnan. Sementara perkembangan ekonomi terus berlanjut. Kami sadar kami salah," tuturnya.

Dia menjelaskan, jika pertumbuhan ekonomi terus digenjot tanpa memikirkan ketersediaan infrastruktur, maka biaya-biaya akan semakin mahal. Ujungnya pertumbuhan ekonomi akan melambat.

https://finance.detik.com/infrastruk...913.1541780864

LALU KAPAN KEBUTUHAN RAKYAT DIPERHATIKAN???
RAKYAT BUTUH GAS, LISTRIK, BBM, SEMBAKO MURAH

INI MAH BIKIN KAYA ASENG, ASING NAMANYA
emoticon-No Hope
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Terharu gue ampe.nangis kasian ts ampe ngemis ngemis RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?
Diubah oleh ferina.
Balasan post ferina.
Quote:


Horang kayah mah bebas y emoticon-Leh Uga
Quote:


ya iya lah kaya bebas mau ngafain aja .. mau rambut dari petai bisa... duduk di atas cabai bisa.... beli temfe ga di bawa fulang itu temfe bisa banget emoticon-shakehand
Alon-alon seng penting kelakon.
cuy presiden lu itu bukan TUHAN, tinggal kun fayakun terus jadi
kalo mau liat efeknya ntar 5 tahun ke depan

RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?
Diubah oleh fahm182
pinjam sama tiongkok aja

banyak negara2 yg pinjam duit pada tiongkok utk bangun Infrastruktur,

amerika yg katanya begitu hebat itu aja pinjam duit pada tiongkok
Singapura Taiwan hongkong bukan maju karena infrastruktur kok.. :nyantai
kalo Prabowo pasti bisa biayai tanpa ngutang ,jokoplo mana bisa emoticon-Hammer2
Apa lagi dubai.. :nyantai
N.G.U.T.A.N.G solusinya
Quote:


Makasih tawarannya emoticon-Bingung



RI Butuh Banyak Infrastruktur, Bagaimana Pembiayaannya?



Yang hidup dijawa kebiasaan banyak subsidi jadinya saat daerah luar jawa dibangun dan subsidi dicabut selalu sukanya bandingin sama yang sudah-sudah. Coba tanya orang luar jawa, gimana harga sekarang dibandingkan harga beberapa tahun lalu. Ingat indonesia bukan hanya jawa
Subsidi itu lebih bersifat konsumtif, pembangunan infrastruktur itu lebih bersifat produktif.

Subsidi seperti memberi ikan ke rakyat, pembangunan infrastruktur seperti memberi alat pancing ke rakyat.

Jangan seperti Jakarta, pembangunan infrastruktur jalan, mrt, dan waduk terlambat. Akhirnya ketika mulai macet parah dan banjir parah baru sibuk membangun infrastrukturnya.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di