alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Laptop windows 10 saat baru dihidupkan lama. Setelah mesin sudah agak panas baru lanc
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffabb5dad77005538b4567/laptop-windows-10-saat-baru-dihidupkan-lama-setelah-mesin-sudah-agak-panas-baru-lanc

Laptop windows 10 saat baru dihidupkan lama. Setelah mesin sudah agak panas baru lanc

Salam hormat master...

Ane punya notebook asus seri nya S100E touchscreen 12inch
Core i3
Ram 4 gb
Windows 10 (bawaan toko)
Masih 2 tahun dipakai
6 bulan terakhir, sampai sekarang, saat laptop baru dihidupkan loading awal desktop nya lama banget. Tpi booting windows nya cukup cepat.
Untuk buka Explorer saja nunggu nya sampe hampir setengah jam. Sampai semua fungsi lancar. Dan mesin agak panas, baru semua normal.
Malah ane biasa editing pake photoshop cs4 n corel draw x6 lancar lancar aja. Tapi harus nunggu hampir setengah jam setelah notebook dihidupkan.
Mungkin ada yg pernah memiliki masalah yg sama, atau ada yang punya solusi nya suhu ?
Mohon solusinya🙏
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Lg update? Sudah update? Update sangkut?
Dah di cek hddnya, bad sector kah?
Ato ada virus? Dah scan?
Diubah oleh apa.atuh
Udah kayak mesin diesel aja, nunggu sampai ruang bakar optimal suhunya baru keluar performanya. emoticon-Big Grin

Dari judulnya TS sih "saat baru dihidupkan lama. Setelah mesin sudah agak panas baru lancar" jadi saya perkirakan saat baru dinyalakan hardisknya kerja keras buat loading. Dan setelah beberapa menit tentu aja body notebook kerasa panas karena disk i/o 100% terpakai dan "cpu waiting for disk i/o", sehingga usage cpu tersebut pun juga ikut bertambah, alhasil suhu di dalam case notebook meningkat.

Selama fase booting dan startup, Windows 10 ini banyak sekali file yang mesti diload dari hdd ke memori. Kalau kapasitas memori RAM nggak memandai, proses booting dan startup ini menambah lagi kerja hddnya dan sistem secara keseluruhan. Karena secara bersamaan:

1. Sistem membaca (read) data yang ada di hdd untuk disalin ke memori RAM.
2. Kernel melepas data (flushing) dari memori RAM karena kapasitasnya nggak memadai ke paging file, artinya disini data dari RAM kembali di tulis ke hdd.

Jadi yang pertama kali dilakukan adalah sambil mengecek status disk activity di task manager saat sudah masuk ke desktop (itu pun kalau task managernya langsung bisa terbuka).

Apabila menujukkan 100% terus menerus, maka cek aplikasi atau proses apa yang banyak menggunakan aktivitas disk tersebut. Kemudian cek juga, barangkali partisi sistemnya sudah banyak terfragmentasi. Silahkan lakukan defragment.
Balasan post ogeng98
Quote:


Setiap kali dihidup kn gan.
Belum ada update sih
Balasan post apa.atuh
Quote:


Aman gan, no badsector. Antivirus bawaan windows defender
Balasan post venantius
Quote:


Iya bener. Kayak mesin diesel. 😂🤣
Kecuali kalo di sleep mode gan.
Blum pernah defragmen juga gan. Masih di coba dlu

Disk activity setelah laptop lancar dibawah 50% an.
Udh lama gk update windows juga ngaruh ya gan ??
Balasan post arizky.hd
Quote:

Lamanya pas di windows ya? bukan di bios?
Kalo di windows cobain install ulang.
Kalo windowsnya sudah aktif secara online, ntar abis install ulang akan otomatis aktif lagi setelah online.
Ngak perlu serial number.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di