alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffa38e582b2e622d8b456f/3-jalan-layang-di-jakarta-akan-dibangun-tahun-depan

3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan

3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan
Jalan layang di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Minggu (14/10/2018)
Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta baru saja menyampaikan rencana penambahan jalan layang di Jakarta yang akan mulai dibangun pada 2019.

Jalan layang ini akan dibuat di tiga wilayah Jakarta; Tanjung Barat yang terletak di Jakarta Selatan, Cakung di Jakarta Timur, dan Sunter Permai di Jakarta Utara.

"Pembangunan harus disegerakan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Harry Hamdani seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (28/11).

Harry juga menegaskan bahwa pembangunan tersebut dilakukan guna mendukung operasional jalan tol sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Tahun 2018-2029.

Jalan layang tersebut juga akan dibangun menggunakan skema anggaran multiyears dengan alokasi dana mencapai Rp281,4 miliar. Adapun rincian anggaran tersebut ialah: Tanjung Barat sebesar Rp103,2 miliar, Cakung Rp90,9 miliar, dan Sunter Permai sebesar Rp87,3 miliar.

Menurut rencana, pembangunan akan memakan waktu sekitar dua tahun lamanya. Biaya pembangunan ketiga jalan layang tersebut juga telah disetujui DPRD DKI Jakarta dalam rapat pada Selasa (27/11) untuk masuk dalam APBD DKI Jakarta 2019.

Tiga jalan layang ini merupakan perwujudan dari rencana semula dengan pembangunan lima jalan layang, termasuk wilayah Bintaro Puspita dan Latumenten. Namun, kedua wilayah yang rencananya juga akan dibangun pada 2019 batal didirikan.

Dinas Bina Marga mengaku pembangunan jalan layang Latumenten terkendala pembebasan lahan.

"Latumenten itu trasenya belum bebas, di atasnya (pembangunan jalan layang) kan tol, kita mau belokin dulu, tapi lahannya masih belum putus, agak alot masalah pembebasan lahan," tutur Harry seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (28/11).

Sedangkan untuk wilayah Bintaro Permai ditolak warga, pembangunannya mendapat penolakan dari warga.

“Iya, menolak, rumah-rumah mewahnya enggak mau,” jelasnya, seperti dikutip Republika.co.id, Kamis (29/11). Namun, Harry mengaku tidak tahu persis alasan warga menolak pembangunan di Bintaro Permai.

Dua wilayah itu pun serta merta dicoret dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI untuk tahun depan. Sebabnya, pemerintah juga harus menetapkan skala prioritas dalam menetapkan anggaran dalam pembangunan agar tak terjadi defisit.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus sempat menyebut bahwa Dinas Bina Marga tak matang dan tak memiliki prioritas dalam melakukan perencanaan pembangunan lintas atas di DKI Jakarta.

“Saya kira ada unsur itu. Kurang matang di dalam merencanakan kemudian mungkin juga ada perintah dadakan yang sehingga dia tidak ter-cover dalam RPJMD, yang mengakibatkan harus dikoreksi pada saat kita defisit (perencanannya) kemarin,” kata Bestari di DPRD DKI Jakarta, seperti dikutip Republika.co.id, Rabu (28/11).

Kendati demikian, gagalnya proyek tersebut untuk direalisasikan tahun ini sebenarnya masih ada harapan.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang LH) Sekda DKI Jakarta, Yusmada Faisal mengatakan Pemprov DKI Jakarta masih akan melakukan kajian yang lebih mendalam terhadap pembangunan lintas atas di dua wilayah yang ditunda.

Keputusannya untuk membangun dua jalan layang itu pun otomatis masih menunggu hasil musyawarah Pemprov DKI dengan warga di sekitar lokasi jalan layang Bintaro dan Latumenten.

Jika menemui kesepakatan, Pemprov dapat mengajukan anggaran untuk dua jalan layang tersebut pada April 2019 untuk program multiyears. Lalu pembangunannya bisa dilakukan dengan APBD 2020.
3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...un-tahun-depan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan Narasi kelaikan PK-LQP dan ancaman Lion Air untuk KNKT

- 3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018

- 3 Jalan layang di Jakarta akan dibangun tahun depan Kode ngopi ratusan juta rupiah buat hakim

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di