alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Apa Jadinya bila Pertemuan Trump-Xi Jinping Besok di KTT G20 Buntu?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bffa1dd1ee5df78218b4571/apa-jadinya-bila-pertemuan-trump-xi-jinping-besok-di-ktt-g20-buntu

Apa Jadinya bila Pertemuan Trump-Xi Jinping Besok di KTT G20 Buntu?

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayang-bayang berlanjutnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China terus menghantui seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di KTT G20, Buenos Aires, Argentina pada 30 November-1 Desember 2018 diharapkan membawa angin segar bagi perekonomian.

"Kalau Presiden Trump bisa jalin komunikasi dulu bersama dengan Xi Jinping, dunia berharap ada moderasi, syukur-syukur solusi dari perang dagang," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution saat berbicara di acara Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Namun demikian, bila pertemuan itu berakhir buntu, tak ada kesepakatan antara keduanya, Darmin mengatakan bahwa era perang dagang antara AS dan China akan terus berlanjut.

Baca juga: Indonesia Akan Angkat Isu Perang Dagang di KTT G-20

Indonesia sendiri bukanlah negara yang terlibat dalam perang dagang itu. Akan tetapi, Indonesia turut terkena imbas akibat strategi kebijakan perdagangan AS dan China tersebut. Darmin mengatakan, berlanjutnya perang dagang akan berimbas langsung ke perlambatan pertumbuhan ekonomi AS dan China.

Saat ini saja, imbuh dia, pertumbuhan China sudah melambat. Begitu pun ekonomi AS yang mulai melambat meski tak sedalam penurunan ekonomi China.

Celakanya, kedua negara ini adalah mitra dagang nomor satu dan nomor dua Indonesia. Oleh karena itu, penurunan pertumbuhan ekonomi itu bisa menurunkan ekspor RI ke AS dan China.

Baca juga: Perang Dagang AS China Bisa Berlangsung hingga 2020?

"Kalau dia karena perang dagang terpaksa mengurangi produksi dari beberapa jenis industri, yang kemudian bahan bakunya dari Indonesia, ya kena. Itu yang lebih kepada second round effect," kata Darmin.

Meski begitu, Indonesia juga bisa tertimpa durian runtuh atau keuntungan dari situasi perang dagang. Sebab, peluang juga terbuka akibat pelemahan ekonomi di AS atau China. Investor di negara tersebut bisa saja memutuskan untuk merelokasi industrinya ke negara-negara lain.

Investor di China bisa merelokasi industrinya ke negara-negara Asia Tenggara. "Tetapi kita harus bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia untuk memperebutkan jadi tempat relokasi yang kena dampak perang dagang itu," ujarnya.

"Tapi itu belum jadi, karena mereka masih berharap Trump dengan Jinping itu akan damai. Kalau di Argentina gagal, maka orang akan mulai bergerak (relokasi)," sambung dia.

sumber https://ekonomi.kompas.com/read/2018...-ktt-g20-buntu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
prabowo kok gak diundang ke ktt g20

bapak tanpa impor yg pingin kredit ke BI loh emoticon-Big Grin
Diubah oleh bakar7sekolah
Jokowi perlu menengahi dengan mengajukan proposal yang komprehensip dan solutip


emoticon-Cool
Kalo buntu ya cari jalan lain emoticon-Traveller
Investor di China bisa merelokasi industrinya ke negara-negara Asia Tenggara. "Tetapi kita harus bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia untuk memperebutkan jadi tempat relokasi yang kena dampak perang dagang itu," ujarnya.

Keknya kalah saing dengan negara2 itu, contoh yg ngalamin sendiri, selama memakai komputer bertahun2, gak pernah ketemu harddisk yg made in Indonesia, tapi Malay, Thai, Philipin, China. Mungkin ada tapi belum pernah liat sendiri barangnya. Kenapa ada merk dari negara2 tsb tapi gak ada yg made in Indonesia ?
si trump itu bajingan paok biang ribut perdagangan dunia
Semoga segera diselesaikan.
Nyari panggung terus juga capek pak trump emoticon-Cape d...
Quote:


Gimana mau di lirik sama hightech , SDM payah , perizinan berlapis lapis , buruh minta naik upah terus tapi demo rajin , kondisi politik dan keamanan kurang stabil , ya hi-risk lah kalau mau investasi , apalagi industri padat modal , bakalan demo yang ada karena gak nyerap orang lokal katanya emoticon-Big Grin
trump anti kebhinekaan ini, berani2nya kemarin di papua nugini enggak mendengarkan petuah cahaya asia emoticon-Mad (S)
padahal cahaya asia mau mempersatukan menlen dan murika.


moga2 pabrik2 murika di menlen relokasinya sebagian ke indo.
Balasan post donal.duck
Quote:


Kalo LCD monitor sih udah sering nemuin ada LG yg made in Indonesia

Hasilnya pasti berpengaruh pada keadaan ekonomi makro RI gan, ane berharap yang terbaik, jangan sampe berujung perang terbuka deh.... emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di