alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff97dedbd77039598b456a/ketahuilah-kelemahan-coworking-space-agar-bisnis-anda-aman

Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman

Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman


Kenalikelemahan coworking space ini sebagai pertimbangan sebelum Anda menyewanya.


Ketika hendak memulai sebuah bisnis baru, tentu ada banyak hal yang menjadi perhitungan. Salah satunya kantor tempat bisnis tersebut akan berpusat. Untuk para pemula dalam bidang digital seperti para pelaku start-up, peluang untuk lebih dikenal dan terkoneksi dengan banyak pihak tentu akan menjadi pertimbangan.


Berkumpul bersama komunitas serupa tidak hanya membantu membuat usaha menjadi semakin diketahui pasar, tetapi juga membuka peluang untuk bisa menemukan calon klien dan investor untuk mendanai bisnis yang tengah dijalankan. Lokasi yang strategis juga ikut memengaruhi terpenuhinya peluang-peluang tersebut dan coworking space bisa menjadi tempat pilihan.


Namun demikian, selayaknya dua mata pisau yang mempunyai dua sisi berbeda, coworking space juga tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, sejumlah kelemahan juga patut Anda perhitungkan sebelum memilih ruang kerja bersama ini. Berikut ulasan singkatnya.



Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman

1.   Harga Sewa Tidak Semurah Dibanding Jika Berkantor di Rumah

Beberapa pelaku bisnis yang memulai usaha dengan kantong tipis, tentu akan memperhitungkan anggaran yang dimiliki. Salah satunya dalam hal menyewa coworking space yang terbilang sedikit lebih mahal daripada berada di kafe maupun rumah. Pasalnya, ada beberapa coworking space yang memberikan tarif cukup tinggi, bahkan per jam. Sementara bila Anda memilih kafe atau warung kopi sebagai tempat untuk mengontrol bisnis yang tengah dijalankan, tentu dengan nominal yang sama dapat digunakan selama satu harian penuh.


Kendati demikian, harga yang dibandrol pada tiap coworking space setara dengan fasilitas dan manfaat yang didapatkan. Bukan hanya kenyamanan ketika bekerja, akses internet tanpa batas, ruang kerja yang serba guna, tetapi juga koneksi dari berbagai kalangan yang bergabung dalam coworking space.


Hal tersebut didukung oleh pemikiran salah satu pebisnis online yag memulai usaha di warung kopi. Sebut saja Cahyo Purnomo Edi, perintis media lokal Jogja beritajogja.id. Di awal merintis, Cahnyo memilih mengalokasikan dana untuk media promosi daripada menyewa coworking space lantaran harga sewa yang terhitung sedikit lebih mahal dibanding berada di kafe, warung kopi, atau rumah untuk bekerja.


Namun, seiring perkembangan revolusi industri digital yang menuntut adanya relasi lebih banyak, klien yang lebih besar untuk menunjang perkembangan bisnis, di masa mendatang Cahyo berharap dapat memiliki kantor formal seperti coworking space. Agar dapat memberi tempat yang nyaman untuk melakukan pertemuan dengan klien besar serta mendapat lebih banyak lagi ide-ide segar dari partner bisnis baru.



Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman

2.   Kurang Cocok untuk Usaha yang Membutuhkan Banyak Privasi

Bagi Anda yang menyukai ketenangan dalam bekerja, mungkin dapat terganggu bila berada di dalam coworking space. Meskipun tersedia pula beberapa ruang pribadi yang disewakan secara terpisah. Tetapi harga sewanya tentu lebih mahal dan tidak akan cocok untuk pemula yang hendak memulai usaha.


Coworking space juga kurang pas untuk Anda yang bergelut di bidang jasa konsultan, sebab jenis usaha ini membutuhkan banyak waktu untuk berinteraksi dengan klien secara intens. Termasuk juga jenis-jenis usaha yang membutuhkan kerahasiaan tingkat tinggi.


Itu sebabnya coworking space lebih cocok untuk start up yang tidak mengharuskan untuk berinteraksi dengan klien secara intens atau berkaitan dengan kerahasiaan data tertentu. Seperti misalnya start up dalam bidang e-commerce maupun portal berita.


Ketahuilah Kelemahan Coworking Space, Agar Bisnis Anda Aman

3.   Konsep Komunitas Kurang Mendukung Gaya Kerja yang Membutuhkan Konsentrasi Tinggi

Bagi Anda dengan pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi, dengan tingkat tekanan besar pula, coworking space bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, selain banyak orang, keributan dari bisik-bisik aktivitas rekan lain sesama penyewa pun akan terdengar, sehingga dapat membuyarkan konsentrasi. Terlebih ketika Anda adalah tipikal orang yang mudah terganggu dengan kebisingan sekecil apa pun itu.


Itulah 3 kelemahan coworking space. Pertimbangkan dan sesuaikan dengan karakter Anda sebelum memutuskan untuk menyewa.


Baca juga: Kelebihan dari coworking space 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di