alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff94d55c7798f9358b457c/girls-lakukan-5-hal-ini-agar-tak-terbiasa-komen-bernada-menghina

Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina

Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina

Dibandingkan cowok, cewek memiliki kemampuan linguistik yang lebih pada aspek produksi kosakata. Bahkan, riset-riset menyatakan bahwa perempuan mampu mengeluarkan puluhan ribu kata dalam sehari dibandingkan laki-laki yang hanya mencapai lima hingga 6000an. Tidak mengherankan jika perempuan dikenal sebagai karakter yang cerewet.

Potensi cewek dalam aspek linguistik itu bisa berdampak positif dan negatif bagi mereka dan orang lain. Kontrol diri dan wawasan penting dimiliki agar kemampuan tersebut dapat mengalir ke tempat yang baik seperti ceramah, vlogging, jadi pembicara di seminar, memberi saran untuk anak dan pasangan dan sejenisnya. 

Jika tidak disertai edukasi dan kontrol diri yang kuat, maka potensi tersebut bisa menjadi masalah dan bencana sewaktu-waktu seperti menyakiti hati orang lain, dendam, hubungan pertemanan yang buruk, keharmonisan yang minim dan membuat anak tidak betah di rumah.

Satu di antara penggunaan linguistik yang negatif adalah kebiasaan memberi komentar bernada menghina. Arahnya bisa ke fisik, karakter, barang, ruangan, situasi dan kondisi. Parahnya, si pelaku sering tidak menyadari komentarnya bisa dimaknai berbeda oleh pihak bersangkutan.

Nah, itu sebabnya para cewek sangat perlu mengetahui cara agar tidak terbiasa mencela berbungkus komen. Yuk, simak trik-trik berikut!


1. Bangun sensitivitas dalam komunikasi
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
Sensitivitas dalam komunikasi perlu diasah oleh para cewek. Perhatikanlah kata-katamu dengan teliti, apabila itu ditujukan kepadamu, tidakkah hatimu tersinggung? Berkacalah terlebih dahulu sebelum melontarkannya kepada teman atau saudaramu. Kamu harus mampu mengukur tingkat kebaikan dari makna komentar atau saran yang akan diucapkan. 

Jika terlanjur terucap dan kamu baru menyadari bicaramu bisa menimbulkan hard feeling, cepat-cepatlah meminta maaf dan jelaskan maksud baik yang sebenarnya. Sebab, itu bisa mencegah tumbuhnya kebencian yang perlahan hadir. Janganlah kamu mengabaikan perasaan orang lain dengan sikap acuh atas kejelekan lisanmu.


2. Berpikirlah sebelum bicara
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
Sensitivitas akan membuatmu lebih banyak berpikir sebelum salah bicara. Dengan berpikir terlebih dulu akan membuat kualitas bicaramu lebih bernas dan enak didengar. Belajarlah untuk bicara teratur. Dahulukanlah latar belakangnya baru kamu sampaikan kesimpulannya. 

Jika kamu menyampaikan kesimpulan terlebih dahulu tanpa disertai kalimat pengantar dan kebetulan maksud yang hendak kamu lontarkan adalah saran dan kritikan akan membuat lawan bicara kita mudah tersinggung.


3. Terbuka akan kritik dan saran
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
Quote:
Quote:
Ini adalah contoh kalimat self awarenessyang perlu kamu biasakan ketika usai bicara dengan siapapun. Sejak awal, jadilah orang yang rendah hati saat berkomunikasi dengan sikap mau menerima kritikan dan saran.

Dengan demikian, orang lain akan merasa nyaman saat berkomunikasi denganmu. Saran dan kritikan yang sampai juga justru menguntungkanmu. Pribadimu menjadi semakin baik dan memesona dari hari ke hari.


4. Pahamilah bahwa komen negatif itu menyakitkan untuk didengar
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
Pemahaman adalah hal mendasar dalam berpikir. Saat kamu berpikir sebelum bicara, pahamilah jika komentar negatif itu tertuju kepadamu, hatimu akan sakit sebagaimana yang orang lain rasakan. Bahkan, bisa dipastikan sebagian besar orang tidak suka mendapat komen bernada mencela. 

Hanya saja, tanggapan mereka tentu berbeda-beda. Ada yang memilih untuk dendam, ada juga yang mengabaikan. Tapi, tetap saja komen negatif bisa diingat sampai kapan pun.


5. Rutin melakukan kontemplasi
Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina
Nah, cara terakhir adalah kamu harus sering melakukan kontemplasi atau perenungan untuk evaluasi diri. Ingatlah kembali segala ucapan dan tindakanmu yang berlalu selama sehari atau beberapa jam, apakah ada orang yang tersinggung atau tersakiti akibat lisan kita? Jadikanlah kontemplasi sebagai bagian dari habit yang melekat dalam jati diri kita.

Yuk, jaga lisan bersama, Girls!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina Ini 5 Alasan Utama Cewek Suka Ngasih Kode daripada Ngomong Langsung

- Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina Girls, 8 Kebiasaan Ini Harus Diubah Agar Inner Beautymu Terpancar

- Girls, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Terbiasa Komen Bernada Menghina Girls, Ini Lho 6 Hal Tentang Dandan yang Gak Boleh Kamu Salah Artikan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di