alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff876dd89b0942218b4582/pemudik-bisa-nikmati-jalan-tol-jakarta-surabaya-pada-akhir-2018

Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018

Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Trans-Jawa ruas Ngawi-Kertosono di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (12/11/2018). Pengerjaan Jalan tol Trans-Jawa yang menghubungkan Merak-Surabaya saat ini sudah mencapai 95 persen dan ditargetkan selesai akhir Desember 2018.
Sebentar lagi, masyarakat yang ingin pergi dari Jakarta ke Surabaya bisa menikmati perjalanan darat dengan waktu yang lebih singkat. Pasalnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan keseluruhan jalan tol Jakarta-Surabaya akan rampung dikerjakan pada akhir tahun ini.

Kemarin, Rabu (28/11/2018), Presiden Jokowi meresmikan jalur tol Sragen-Ngawi -- salah satu bagian Trans Jawa. Dengan demikian, tol Solo-Sragen-Ngawi di Jawa Tengah sepanjang 90,43 km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

Kini yang masih ditunggu untuk benar-benar menyambung Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur sepanjang 759 km adalah penyelesaian empat ruas jalan tol. Mereka adalah ruas tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

"Saat ini, masih terdapat empat ruas jalan tol yang belum selesai pengerjaannya untuk menghubungkan dua kota besar tersebut," ucap Jokowi dilansir dari Liputan6.com, Kamis (29/11).

Empat ruas tol itu punya panjang 230 km. Pemerintah menargetkan seluruhnya sudah bisa digunakan pada pekan kedua Desember 2018.

Adapun rekapitulasi jarak masi-masing adalah Pemalang-Batang 33 km, Batang-Semarang 75 km, Salatiga-Solo 32 km, dan Wilangan-Kertosono 39 km.

Setelah Jakarta-Surabaya tersambung, Jokowi menginstruksikan jalan tol timur hingga Banyuwangi bisa selesai 2019. Dengan demikian, jalur tol Merak sampai Banyuwangi pada 2019 sudah tersambung.

Jika semua sudah tersambung, masyarakat bisa menikmati jalur darat dari Jakarta ke Surabaya dengan waktu tempuh 10-12 jam. Sedangkan biayanya sekitar Rp600.000.

Angka ini berdasarkan tarif tol Jakarta-Surabaya. Pada ruas tol Solo-Mantingan-Ngawi, misalnya, tarif dipatok Rp1.000 per km untuk kendaraan golongan I, Rp1.500 per km golongan II dan III, serta Rp2.000 per km kendaraan golongan IV dan V.

Tarif tersebut ditentukan berdasar Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 897/ KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo- Mantingan-Ngawi.

"Selama seminggu ini masyarakat bisa dapat menikmati jalan tol segmen tersebut dengan tarif Rp0 (gratis), pada hari yang sama pukul 21.00 WIB (malam nanti) sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno dalam Sindonews.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, menuturkan bahwa kehadiran Tol Jakarta-Surabaya akan memangkas waktu tempuh perjalanan secara signifikan. Saat ini, bila melewati jalan nasional, waktu tempuh perjalanan bisa mencapai 20 jam. Namun, dengan hadirnya tol ini waktu tempuh dapat menjadi 12 jam saja.

Meski demikian, para pengguna jalan juga harus memperhitungkan kemampuan dalam mengemudi kendaraan dan memanfaatkan waktu untuk beristirahat di tempat istirahat yang telah disediakan.

"Idealnya Jakarta-Surabaya 10-12 jam. Dari Jakarta-Surabaya sekitar 800 km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam mungkin hanya 8 jam," kata Desi dalam keterangan tertulis, Rabu (28/11).

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mengatakan pengoperasian ruas jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya akan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang hendak berkendara menuju ibu kota Provinsi Jawa Timur tersebut.

Ia menilai dengan tarif pada kisaran Rp600 ribu, waktu tempuh masyarakat dari Jakarta ke Surabaya menjadi lebih cepat.

"Jadi tidak ada keterpaksaan yang wajib untuk menggunakan jalan tol, tapi biasanya untuk bus lebih memilih menggunakan jalan tol karena jarak tempuhnya lebih cepat, karena mereka juga mengejar waktu," katanya.
Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kanan), Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (kedua kanan), Dirut Jasa Marga Desi Arryani (kiri), Dirjen Bina Marga Sugiyartanto (kanan) dan Bupati Ngawi Budi Sulistyono (kedua kiri) meninjau Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi seusai peresmian di Rest Area KM 538, Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).
Menteri BUMN, Rini Soemarno, optimistis pengoperasian jalan tol Solo-Sragen-Ngawi dapat memicu perkembangan pariwisata daerah.

Sebab, adanya jalan tol akan mempermudah dan mempercepat akses dari dan menuju destinasi wisata yang ada di Solo, Sragen, mau pun Ngawi. Pemangkasan waktu tempuh diharapkan juga dapat mempercepat distribusi logistik dan menciptakan konektivitas baru.

"Destinasi wisata di sepanjang Solo sampai Ngawi cukup banyak. Di Karanganyar yang terkenal ada Tawangmangu. Di Sragen ada wisata air panas Bayanan, situs arkeologi Sangiran, hingga wisata hiking Gunung Kemukus," kata Rini dalam keterangan resmi.
Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ada-akhir-2018

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018 Kode ngopi ratusan juta rupiah buat hakim

- Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018 Lion Air PK-LQP tak laik terbang sejak di Denpasar

- Pemudik bisa nikmati jalan tol Jakarta-Surabaya pada akhir 2018 Senjata cekcok Sampang bukan milik aparat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di