alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bappenas Sebut RI Memasuki Deindustrialisasi Prematur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff81e454c07a9a648b4567/bappenas-sebut-ri-memasuki-deindustrialisasi-prematur

Bappenas Sebut RI Memasuki Deindustrialisasi Prematur

Bappenas Sebut RI Memasuki Deindustrialisasi Prematur

Bappenas Sebut RI Memasuki Deindustrialisasi Prematur
CNN Indonesia
Kamis, 22/11/2018 17:40
Bagikan :
Bappenas Sebut RI Memasuki Deindustrialisasi Prematur


Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini Indonesia tengah mengalami deindustrialisasi prematur. Ini terjadi lantaran porsi manufaktur di dalam Produk Domestik Bruto (PDB) kian mengempis sebelum benar-benar mencapai puncaknya.

Bambang mengatakan Indonesia pernah disebut sebagai negara industri karena porsi manufaktur dalam PDB mencapai 30 persen. Namun, kontribusi industri tersebut kini kian menyusut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) kuartal III 2018 bahkan menunjukkan porsi industri manufaktur tercatat sebesar 19,66 persen terhadap PDB. Pertumbuhan industri manufaktur hanya 4,33 persen, atau lebih rendah dibanding pertumbuhan ekonomi 5,17 persen.

"Indonesia belum berhasil reindustrialisasi, tapi yang terjadi adalah deindustrialisasi prematur. Dulu sempat kontribusi industri mencapai 30 persen terhadap PDB, tapi kini tercatat 20 persen saja meski memang porsinya masih paling besar," jelas Bambang, Kamis (22/11).

Lihat juga:Negara Berbasis Industri Tak Cukup Satu Periode Pemerintahan

Lebih lanjut ia menuturkan, turunnya kontribusi industri manufaktur disebabkan karena booming harga komoditas yang terjadi usai krisis ekonomi tahun 1998 silam.

Sebelum krisis 1998, Indonesia sempat menjadi negara tujuan investasi manufaktur berbasis sumber daya manusia (labor intensive) karena upah buruh yang cenderung lebih murah. Namun, krisis ekonomi ternyata menyerang sektor manufaktur lantaran banyak yang memiliki utang dalam denominasi dolar AS.

Akhirnya, banyak pelaku usaha yang beralih untuk mengembangkan bisnis di sektor komoditas, utamanya minyak kelapa sawit (CPO) dan batu bara. Permasalahannya, pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh komoditas tidak sinambung. Sebab, industri berbasis komoditas sangat tergantung dengan harga dunia.

"Makanya Indonesia pernah punya ekonomi bagus karena harga komoditas lagi booming. Tapi begitu harganya turun, ya pertumbuhan ekonomi ikut melesu. Padahal, harga-harga yang stabil adalah harga manufaktur, bukan harga komoditas," imbuh dia.

Lihat juga:Kala Ekonomi Diteror Bahaya Mati Suri Industri Manufaktur

Saat ini, menurut dia, industrialisasi dibutuhkan agar Indonesia bisa segera terlepas dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap). Pertumbuhan ekonomi yang hanya berada di kisaran 5,1 persen per tahun, menurut Bambang, baru akan membuat Indonesia masuk dalam kategori negara berpendapatan tinggi pada 2040 mendatang.

"Dan memang di hitungan kami, pertumbuhan ekonomi potensial sejauh ini adalah 5,3 persen. Dengan angka sejauh ini, artinya pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan tidak mencapai titik potensialnya. Kuncinya memang dua, industrialisasi dan juga jasa modern," pungkas dia.

Data BPS pada kuartal III 2018 menunjukkan industri pengolahan yang tumbuh 4,33 persen terutama didorong pertumbuhan industri nonmigas sebesar 5,01 persen. Dari seluruh sektor industri nonmigas, industri tekstil dan pakaian jadi memimpin pertumbuhan dengan angka 10,17 persen.

Sementara industri batu bara dan pengilangan migas mengalami pelemahan dan hanya tumbuh 1,63 persen.


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20181122105732-532-348344/bappenas-sebut-ri-memasuki-deindustrialisasi-prematur?

Banyak orang berhayal 2045 kita jd negara hebat...
Tapi ga da solusi buat ngadepin ini deindustrialisasi dan meyusut lahan pertanian..

Dua sektor ini adl sektor dg tipe labour intensive
Diubah oleh wa2n43
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau gerakan intoleransi udah bukan prematur lagi, udah open terbuka dimana2

Entah tahun politik atw pegimana kok jadi dibiarin aja nih bibit2 perpecahan ?
Itu yang bilang pak mentri lho.
wow prestasi nih...
emoticon-Matabelo
Balasan post victorducatisti
Quote:


kalo rasis gmana blog?



https://nasional.tempo.co/amp/74339/mui-menolak-rancangan-undang-undang-antidiskriminasi
Dan ironisnya era industrialisasi indonesia itu terjadi di zaman si mbah yg katanya era paling suram sepanjang sejarah negara ini berdiri..

Swasembada terjadi di era si mbah.. Pertumbuhan ekonomi dua digit di jaman si mbah.. emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh filusufkacang


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di