alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff7fb4a2c06e7a648b457a/jarang-dilakukan-5-budaya-asing-ini-bisa-kamu-terapkan-di-indonesia

Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia

Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda dengan negara lainnya. Terkadang, di negara mereka memperbolehkan untuk melakukan sesuatu, karena mereka anggap itu sangat wajar. Tetapi, jika salah satu warga mengunjungi negara yang berbeda, maka mereka memandang itu sangat buruk atau memang tidak seharusnya dilakukan.

Di Indonesia, terkadang memandang budaya asing itu hanya sebelah mata. Justru, gak semua budaya asing memberikan dampak yang buruk bagi kita. Sebenarnya, tergantung bagaimana mereka menyikapi budaya tersebut. Nah, kalau 5 kebiasaan asing ini sudah pasti harus diterapkan nih di Indonesia.


1. Mengumpulkan dan merapikan peralatan makan di tengah meja setelah menggunakannya
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
Hampir diseluruh negara, mereka memiliki kebiasan mengumpulkan peralatan makan dan membersihkan meja setelah mereka selesai menggunakannya. Tujuannya adalah agar customer lainnya dapat menempati tempat duduknya segera. Selain itu, kebiasaan ini dapat juga meringankan tugas para pramusaji untuk membersihkan meja yang sudah digunakan oleh para pengunjung.

Belakangan ini, di Indonesia mencoba untuk menjalankan kebiasaan mengumpulkan dan membersihkan peralatan makan dengan gerakan Tumpuk di Tengah. Hanya saja, gerakan ini masih belum banyak diterapkan oleh warga Indonesia. Yuk guys, gak ada salahnya untuk memulai melakukan hal kecil seperti ini!


2. Sabar dan rapi saat mengantre
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
Ada yang tahu kegiatan apa yang menguras kesabaran? Jawabannya mengantre. Kegiatan yang biasanya dilakukan saat pergi ke tempat hiburan wisata, toilet, bahkan restoran. Kita harus melewati beberapa orang dulu agar bisa dilayani secepatnya oleh pelayan.

Negara yang menerapkan budaya mengantre dengan tertib ini adalah Jepang. Mereka tidak akan memotong barisan dan lebih memilih untuk bersabar menunggu meskipun sangat panjang antreannya.

Lain halnya dengan di Indonesia yang masih kurang menerapkan kebiasaan mereka dalam mengantre. Nah, coba dimulai dari kamu untuk tidak menerobos antrean dan lebih sabar dan rapi saat berada di barisan ya.


3. Berdiri di sisi kiri dan berjalan di sisi kanan saat menggunakan eskalator
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
Tahu gak, kalau ternyata naik eskalator aja ada adabnya lho. Di beberapa negara, mereka memiliki aturan sendiri saat naik eskalator, yaitu berdiri di sisi kiri untuk mereka yang tidak sedang dikejar waktu. Sedangkan di sisi kanan hanya untuk mereka yang terburu-buru dan ingin langsung jalan saja.

Tetapi, ada juga negara yang memiliki aturan sebaliknya. Jadi, mereka yang tergesa-gesa tidak akan terhalang oleh mereka yang sedang melakukan perjalanan santai.

Di Indonesia, penggunaan eskalator biasa kita temui saat berada di mall dan stasiun, tetapi gak banyak dari mereka yang menerapkan hal ini.


4. Mengutamakan orang yang berkebutuhan khusus
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
Orang yang berkebutuhan khusus sangat perlu diperhatikan dalam segi apa pun, agar mereka juga dapat merasakan hal yang sama dengan kita yang bisa melakukan segala hal.

Di luar negeri, mereka sangat memprioritaskan orang yang perlu diperhatikan, seperti orang lanjut usia, wanita hamil, dan difabel, terutama saat naik transportasi umum. Sayangnya, di Indonesia masih kurang menghargai mereka yang membutuhkan perhatian, malah lebih mementingkan diri sendiri.

Ayo, coba kita mulai untuk lebih mengutamakan mereka dan memberikan priority seat saat berada di transportasi umum!


5. Menahan pintu atau lift untuk orang lain.
Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia
Budaya asing satu ini sepertinya memang harus diterapkan di Indonesia. Terkadang, kebanyakan dari mereka kurang peduli untuk menahan pintu atau lift saat masih ada orang yang ingin masuk juga. 

Biasanya, ini terjadi saat berada di kantor, pusat perbelanjaan, ataupun toko. Dengan menahan pintu atau lift untuk orang lain, secara tidak langsung kamu sudah membantu dan memberikan perhatian kecil terhadap mereka lho.

Nah, tidak semua budaya asing memberikan dampak yang buruk, kan? Yuk, kita coba terapkan perlahan-lahan.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fa...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia Terbukti Medis, 7 Alasan Logis Kenapa Ciuman Itu Baik Bagi Kesehatanmu

- Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia 7 Fakta Unik tentang Teh yang Jarang Orang Tahu, Gak Bakal Kepikiran

- Jarang Dilakukan, 5 Budaya Asing Ini Bisa Kamu Terapkan di Indonesia Mau Gak Mau, 8 Hal Ini Harus Kamu Hindari Jika Ingin Sukses!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di