alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PSI Minta Aplikasi Pengawas Aliran Sesat Buatan Jaksa Dihapus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff7efdde2cf2b4648b4567/psi-minta-aplikasi-pengawas-aliran-sesat-buatan-jaksa-dihapus

PSI Minta Aplikasi Pengawas Aliran Sesat Buatan Jaksa Dihapus

Aplikasi pengawas aliran kepercayaan menyimpang yang diberi nama Smart Pakem (Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat) menuai kontroversi. Aplikasi 'made in' kejaksaan itu dianggap sebagai bentuk pemerintah mencampuri urusan agama terhadap individu.

"PSI melihat Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) lebih menyoroti soal internum dalam suatu sistem agama dan kepercayaan sehingga yang muncul tudingan sesat, kafir, menyimpang, yang akhirnya dikaitkan dalih persekusi oleh kelompok lain," ujar Jubir PSI, M. Guntur Romli, kepada detikcom, Selasa (27/1/2018).

Berikut ini sikap PSI terhadap aplikasi Smart Pakem:

1. Sikap PSI soal aliran kepercayaan masyarakat harus mengedepankan dialog, bukan penghakiman.

2. Hasil pengawasan terhadap aliran kepercayaan masyarakat telah dijadikan sebagai dalih persekusi oleh kelompok-kelompok garis keras untuk melakukan penghakiman dan persekusi yang merupakan tindakan melanggar hukum.

3. Pemerintah harus membedakan antara dua wilayah dalam suatu agama dan kepercayaan. Pertama, wilayah internum sistem kepercayaan pribadi dan komitmen terhadap agama atau kepercayaan, baik yang dilakukan secara individual maupun bersama-sama dalam kegiatan ibadah, ketaatan, pengamalan, dan pengajaran, di mana negara/pemerintah tidak boleh intervensi. Dan hak ini tidak dapat dikurangi (cannot be derogated). Bahkan negara harus memberikan jaminan dan perlindungan sesuai dengan Pasal 29 ayat (2) UUD 1945. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu

Kedua, wilayah eksternum, yang merupakan wilayah tempat manifestasi agama atau keyakinan seseorang ke ruang publik. Dalam hal ini, orang beragama bisa berurusan dengan hukum bukan karena sistem agama dan kepercayaannya, melainkan apabila tindakan orang itu melanggar hukum. Misalnya ada yang bernama A mengaku menjalankan agamanya X, tapi merugikan orang lain, seperti menipu, melukai, dan mengganggu ketertiban umum. Maka A bisa diadili bukan karena pemeluk agama X, melainkan karena tindakannya.

PSI melihat Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) lebih menyoroti soal internum dalam suatu sistem agama dan kepercayaan sehingga yang muncul tudingan sesat, kafir, menyimpang, yang akhirnya dikaitkan dalih persekusi oleh kelompok lain.

4. Sebaiknya Kejaksaan mengeluarkan aplikasi yang mengawasi tindak-tindak intoleransi yang membahayakan bagi kerukunan di negeri ini. Perbedaan agama dan keyakinan bukanlah potensi perpecahan justru ini manifestasi dari kebinekaan, tapi intoleransi dan persekusi inilah yang bisa mencerai-beraikan persatuan bangsa ini.

5. Sebaiknya Kejaksaan juga mengeluarkan aplikasi yang mengawasi tindak-tindak korupsi karena korupsilah yang membahayakan bagi masa depan pemerintahan yang bersih dan pelayanan bagi publik.

https://m.detik.com/news/berita/4318824/psi-minta-aplikasi-pengawas-aliran-sesat-buatan-jaksa-dihapus

mantap PSI,kalian terdepan mencegah negara ini jd indonistan,jgn kasih kendor mereka yg pelan pelan berupaya mengubah negara ini jd negara agama,suara saya utk kalian
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
makin yakin coblos psi emoticon-I Love Indonesia
islam : kristen sesat, budha sesat, hindu sesat
kristen: islam sesat, budha sesat, hindu sesat
budha: kristen sesat, islam sesat, hindu sesat
hindu: budha sesat, kristen sesat, islam sesat

emoticon-Shakehand2
Semua kepeecayaan sebenarnya memyimpang kok
Macam sembelih anak sendiri, burung gede ngejatuhin batu, dll

Seandainya buku hari potret terbit dulu di abad pertengahan pasti kita terbagi menjadi aliran sliterin, gripindor, dll

Sayang malah yg terbit karangan orang nongkrong di goak, delusional karena kebanyakan menghirup gas metan di goak..
Balasan post victorducatisti
Quote:


org zaman dulu masih kuat sikap primordialismenya,identitas kesukuan sangatlah penting,makanye timbul agama macam macam

kalau skrg primordialisme sdh memudar di kebanyakan manusia moderen di kota kota besar krn byk ancaman ancaman seperti perang suku sdh tidak relevan,apalagi byk kota kota internasional yg penduduknya multietnis.

kalau yesus datang skrg membawa janji keselamatan,atau muhammad,atau siapa lah,sdh pasti ga akan laku krn manusia sdh merasa aman hidup diperkotaan meski merantau sendirian
Diubah oleh raven12
gw niyimak dulu ahhhh
Baru di era jokowi ada aplikasi gituan.
Balasan post raven12
Quote:


Kalo sekarang dianggap orang gila kayak yg sudah2 emoticon-Ngakak (S)
Berikut ini sikap PSI terhadap aplikasi Smart Pakem:

1. Sikap PSI soal aliran kepercayaan masyarakat harus mengedepankan dialog, bukan penghakiman.
( dialog ya?..tumben mau ngajak dialog...)

2. Hasil pengawasan terhadap aliran kepercayaan masyarakat telah dijadikan sebagai dalih persekusi oleh kelompok-kelompok garis keras untuk melakukan penghakiman dan persekusi yang merupakan tindakan melanggar hukum.
( klo ada yg menghadang pake golok di bandara gimn? persekusi bukan ya?)
JIHAD emoticon-Belgia
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
apllikasi tolol macem apa ini?

kejaksaan udah punya akses ke sorga apah? mau tentuin agama mana yang masuk sorga hah? udah ngerasa tuhan ente??

masalah kepercayaan orang, mau percaya nabi kek atau mau percaya ubur-ubur kek = selagi gak nyerang orang laen (pengertian nyerang disini bukan mewek2an tersinggungannya ala nazbung ye, dikatain dikit aja udah mewek2 demo, padahal hobi banget ngatain orang tapir en sesat emoticon-Hammer tapi nyerang yang tindak kriminil kek bacok2 orang atau dijadiin human sacrifice gityu) = maka ini masuk HAM

ngomong2 tumben pembela hampler kaga protes soal ini, kaga ga ada duitnya kah?
Balasan post roketmelejit
Quote:


makanya musnahin aja agama samawi,produk gagal manusia,aib manusia

loe pade berantem sodara sebangsa sendiri gara gara produk impor dr timteng
Quote:


Berarti konstitusi negara ini fun berubah..kip dungu yaemoticon-DP
Balasan post crotafterkiss
Quote:


boleh jg dirubah,toh negara ini terlalu byk masalah gara gara agama impor

Quote:


Buktinya negara ini tetaf ada krn selalu difimfin orang beragamaemoticon-DP
Balasan post crotafterkiss
Quote:


apa hebatnya?

org beragama non agama impor,atau agama impor yg non barbar pun bisa

bahkan org tak beragama pun bisa mimpin negara

yg penting kalau mau coba ubah konstitusi pake cara yg bener,jgn makar
Diubah oleh raven12
Quote:


Belum terbuktiemoticon-Cool
Balasan post crotafterkiss
Quote:


apanya lom terbukti?

presiden(chaim weizmann) dan perdana mentri israel pertama(david ben guiron) tuh atheis,nyatanya mereka lbh superior dibanding presiden2 beriman arab yg keroyok israel dan kalah emoticon-Cool

Balasan post alter
Quote:


FYI Komnas HAM sudah protes juga soal ini.
https://news.detik.com/berita/431497...n-aliran-sesat

Quote:
Quote:


Cuma 2 ekor itu?emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di