alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Others /
Bangga Berbahasa Arab
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff78fcc1d770e70f8b4567/bangga-berbahasa-arab

Bangga Berbahasa Arab

Bangga Berbahasa Arab

Bahasa arab merupakan bahasa terbaik yang pernah ada. Bahasa ini memiliki sastra terbaik di dunia karena banyaknya sastra yang terdapat dalam bahasa tersebut. Bukan hanya itu saja, bahasa arab sendiri mempunyai derajat tersendiri di dalam agama islam ini. Hal tersebut sudah tertera dalam Al-Qur’an. 



Hukum mempelajari bahasa arab merupakan kewajiban bagi ummat islam. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata mengenai bahasa arab,

“Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama. Hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib, dan keduanya tidaklah bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah di dalam ilmu ushul fiqh: sebuah kewajiban yang tidak akan sempurna (pelaksanaannya) kecuali dengan melakukan sesuatu (yang lain), maka sesuatu yang lain tersebut hukumnya juga menjadi wajib. Namun di sana ada bagian dari bahasa Arab yang wajib ‘ain dan ada yang wajib kifayah.
Bangga Berbahasa Arab

Selain itu, bahasa arab merupakan salah satu pokok dari islam. Tidak mungkin kita bisa memahami dan mempelajari agama islam ini dengan benar kecuali dengan cara memahami bahasa arab itu sendiri. Hal ini di karenakan agama islam ini di jelaskan dengan bahasa arab yang mana kitab sucinya pun berbahasa arab, dan tidak boleh di ubah dengan alasan apapun. Para ulama besar pun ketika menulis dan menjelaskan agama islam ini dengan bahasa arab.


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,
“Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab. Maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah Ta’ala dan menegakkan syiar-syiar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.”
Bangga Berbahasa Arab

Maka dari itu, sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim bangga untuk belajar dan mengajarkan bahasa arab ini. Karena bahasa ini adalah bahasa Al-Qur’an yang turunnya langsung dari Allah ‘Azza Wa Jalla.
Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah semangat kita dalam mempelajari bahasa arab. Dan  semoga Allah ‘Azza Wa Jalla selalu memberikan kita rahmah dan hidayah untuk selalu melakukan kebaikan untuk dunia dan akhirat kita. Aamiin.
 
Baca Juga : Inilah bahasa terbaik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di