alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siap-siap! Harga Pertamax Cs Mulai Turun Pekan Depan
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff5a9ec1d770d81e8b4568/siap-siap-harga-pertamax-cs-mulai-turun-pekan-depan

Siap-siap! Harga Pertamax Cs Mulai Turun Pekan Depan

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta sejumlah badan usaha menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi. Sebab, harga minyak mentah sudah turun.

Harga minyak dunia sempat tinggi di Oktober. Saat itu, harga minyak menembus level US$ 85 per barel. Harga kemudian turun di kisaran US$ 60 per barel saat ini.

Kementerian ESDM telah mengumpulkan badan usaha tersebut. Hasilnya, badan usaha sepakat untuk menurunkan harga.

Berikut berita selengkapnya seperti dirangkum detikFinance:

1. Mulai Turun Minggu Depan

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Djoko Siswanto mengatakan, dirinya telah mengumpulkan badan usaha yang menyalurkan BBM. Dari pertemuan itu, badan usaha sepakat menurunkan harga jual BBM non subsidi.

"Harga minyak dunia turun, saya sudah panggil Pertamina, AKR, Shell, Total, Vivo, Garuda Mas, mereka semua commit untuk menurunkan harga," kata dia di sela-sela acara Pertamina Energy Forum 2018, di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Dia mengatakan, badan usaha itu ada yang berniat menurunkan harga pada minggu depan. Tapi, dia mengatakan, penurunan harga paling lambat Januari tahun depan.

"Ada yang minggu depan, paling telat bulan Januari 2019," ujarnya.

Soal besaran harga, Djoko enggan merinci. Dia meminta agar ditanyakan langsung ke badan usaha.

"Tanya mereka saja, tapi saya tinggal menunggu surat mereka," kata Djoko.

2. Rincian Harga BBM Non Subsidi saat Ini

Berdasarkan laman Pertamina, seperti dikutip detikFinance, Rabu (28/11/2018), Pertamina menyesuaikan harga jual BBM non subsidi terakhir pada 10 Oktober 2018 dan berlaku hingga saat ini.

Untuk di Jakarta, Pertalite dijual dengan harga Rp 7.800 per liter, Pertamax Rp 10.400, Pertamax Turbo Rp 12.250, Pertamax Racing Rp 42.000. Sementara Dexlite Rp 10.500, dan Pertamina Dex Rp 11.850.

Sementara, kompetitornya Shell menjual produk Shell Super dengan harga Rp 10.750-Rp 10.850 di Jabodetabek, Shell Super Rp 12.300-12.450 per liter.

Shell Diesel dibandrol dengan harga Rp 12.100-Rp 12.250 dan Shell Reguler Rp 10.550.

3. Respons Pertamina

PT Pertamina (Persero) sebagai penyalur BBM menyatakan siap untuk menurunkan harga. Namun, masih menunggu stok minyak yang dibeli dengan harga sebelumnya habis.

"Patokan pemerintah kan sudah disepakati, kan itu barang-barang tidak disubsidi paling lambat kan Januari. Kenapa akhir Januari? Karena barang yang dibeli mahal sudah habis. Harga itu kan naik turun naik turun," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito.

Adiatma sendiri tak mengatakan secara rinci kapan minyak yang dimaksud itu akan habis.

"Itungannya saya nggak tahu, detilnya saya nggak tahu kapan tanker masuk, harga berapa," ujarnya.

Adiatma juga tak memberikan penjelasan BBM non subsidi jenis apa saja yang akan turun. Serta, tak memberikan keterangan terkait besarnya penurunan harga BBM tersebut.

"Saya nggak tahu formulanya, belinya kapan, sampai di sini kapan, dengan harganya itu yang paling penting. Tapi yang jelas sampai barangnya habis," ujarnya.

4. BBM Subsidi Bakal Naik Usai Pemilu

Peneliti Senior INDEF Faisal Basri memperkirakan, harga BBM subsidi naik tahun depan usai pemilu. Kenaikan harga itu kemudian mendorong laju inflasi.

"Laju inflasi akan tinggi tahun depan karena penyesuaian harga BBM dan tarif listrik, inflasi tinggi maka bunga akan naik, inflasi sekitar 5 persenan karena kalau tidak ya ekonomi ini semu," kata Faisal.

Menurut Faisal, jika pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 terpilih maka akan menaikkan harga BBM subsidi dan tarif listrik pada Mei 2019. Sedangkan, capres dan cawapres nomor urut 02 diprediksi akan menaikkannya pada akhir tahun 2019.

"Tiinggal kapan terjadi kenaikan harganya, jika pasangan nomer 1 yang menang penyesuaian tarif listrik dan BBM akan lebih cepat sekitar Mei atau Juni supaya nanti setelah dilantik 2 round sudah bersih dari PR yang ditinggalkannya sendiri," ujar dia.

"Kalau yang menang pasangan nomer 2, penyesuaian cenderung diakhir tahun, kemudian inflasi rendah sudah bagus tetapi karena banyak injak kaki," tutup dia.

https://finance.detik.com/energi/d-4322179/siap-siap-harga-pertamax-cs-mulai-turun-pekan-depan?tag_from=wp_wm_berita_1&_ga=2.1880945.1130387785.1543195864-1003649547.1519096890

Alhamdulillah. Menjelang pilpres harga BBM turun. Inflasi pasti tetap stabil dan cenderung turun. Rakyat bahagia, Jokowi 2 periode.

Kampret dilarang protes wahahahahaha
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Tapi kata Prabowo Indonesia sedang krisis ekonomi wan, gimana nih?

Aku denger Prabowo aja karena mantan Danjen Kopassus sama mantan menantu Pak Harto emoticon-Big Grin
Diubah oleh SiPenembakJitu
Quote:


kampret dilema .... di persimpangan jalan antara syurga dan neraka jahanam
Siap-siap! Harga Pertamax Cs Mulai Turun Pekan Depan
Udah siap tabungan ane mah. Kalo no.2 menang udh siap bekal saat badai menerjang. Kalo no.1 menang alhamdulillah bakal stabil kaya kmrn2.
BBM non subsidi naik : Jokowi tidak pro rakyat, menyengsarakan rakyat.
BBM non subsidi turun : Jokowi pencitraan mau pemilu.
Gitu aja terus sampe lebaran kuda, padahal kudanya aja belum mualaf.
kampret benci bbm turun. kampret ngarepnya bbm naik terus

padahal hidupnye susye. miris
Kampretos nasbung dongo mah make premium udah seneng bgt..., itu juga rela ngantri ratusan meter buat ngisi ceban di motornya...

Gaya aja tuh sok kritik kalau ada kenaikan harga pertamax padahal gak pernah pake....emoticon-Ngakak
Diubah oleh nataliupigai.
naik harga diem diem
(baru mau akan) turun harga, udah koar koar.. entah jadi atau ngga
mang harga minyak dunia dah turun kalau masih tetap harganya ya keterlaluan ngambil untung
hoki bener pakde ini emoticon-Big Grin
Inilah Tanda2 kebesaran alam,,,,BBm turun pertanda rejim koplok,, tahun depan sudah dipastikan lengser emoticon-Salaman


Camkan Itu wahai para Cebong keparat emoticon-Cool
Balasan post tukangkredit
Quote:


Tumben ada kampret seekor muncul di trit beginian. Nipuuuu aja kerjanya di mana mana wahahahaha
Balasan post nataliupigai.
Quote:

Siap-siap! Harga Pertamax Cs Mulai Turun Pekan Depan
https://news.okezone.com/read/2014/11/18/337/1067118/mereka-dulu-menolak-sekarang-setuju-bbm-naik
turun piro
Quote:

tukang kudany udah... saat mw kimpoi

Balasan post nataliupigai.
Quote:


PDIP Tolak Kenaikan Harga BBM dan BLSM
https://nasional.tempo.co/read/488266/pdip-tolak-kenaikan-harga-bbm-dan-blsm
Quote:


Quote:
PDIP Tolak Kenaikan Harga BBM dan BLSM
https://nasional.tempo.co/read/488266/pdip-tolak-kenaikan-harga-bbm-dan-blsm
Jumat, 14 Juni 2013 13:08 WIB

PDI Perjuangan Minta SBY Naikkan Harga BBM
https://bisnis.tempo.co/read/601257/pdi-perjuangan-minta-sby-naikkan-harga-bbm
Kamis, 21 Agustus 2014 14:18 WIB

SBY Tolak Permintaan Jokowi Naikkan Harga BBM
https://nasional.kompas.com/read/2014/08/28/11423521/SBY.Tolak.Permintaan.Jokowi.Naikkan.Harga.BBM
Kompas.com - 28/08/2014, 11:42 WIB
Balasan post nataliupigai.
Quote:

pas jokowi menang pilpres 2014, pdip mendadak sadar ya
Diubah oleh tukangkredit
10400 kira2 jadi berapa nih di angka 9 apa 10
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di