alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
APBD DKI 2019 Naik 7% Jadi Rp89 Triliun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff5504d89b0999438b4569/apbd-dki-2019-naik-7-jadi-rp89-triliun

APBD DKI 2019 Naik 7% Jadi Rp89 Triliun

APBD DKI 2019 Naik 7% Jadi Rp89 Triliun


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD telah menandatangani kesepakatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD 2019. Total RAPBD 2019 yang akan disahkan ialah Rp89,08 triliun atau naik 7% dari tahun sebelumnya.

“Total RAPBD 2019 sebesar Rp89,08 triliun meningkat 7% jika dibandingkan dengan APBD 2018 sebesar Rp83,26 triliun,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (28/11).

Ada sejumlah indikator yang menjadi pertimbangan dalam kenaikan angka RAPBD itu. Pertama, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada 2019 diproyeksikan sebesar 6,6%. Angka ini lebih tinggi dari realisasi pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,93%.

Kedua, konsumsi rumah tangga dinilai tumbuh baik sehingga bisa mendorong investasi. Investasi diharapkan meningkat seiring dengan pembangunan infrastruktur MRT fase 2 rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan, lalu meredanya suhu politik usai Pemilihan Presiden.

“Investasi swasta diperkirakan menguat sejalan dengan selesainya rangkaian pemilihan umum/pemilihan presiden sehingga perilaku wait and see diperkirakan akan berkurang,” kata Anies.

Selain itu, Anies meyakini angka inflasi pada 2019 terkendali di sekitar 3,6%. Harga pangan pun dijanjikan akan terjaga.

“Dan dari sisi volatile food, harga pangan akan tetap terjaga karena Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD akan terus menggalakkan pemenuhan pasokan dan efisiensi rantai pangan,” ujar Anies.

Dari total APBD Rp89 triliun itu, nilai pendapatan Pemprov DKI ialah Rp74,77 triliun. Angka pendapatan ini meningkat 13,63% dari tahun sebelumnya, yakni Rp65,8 triliun. Sementara sisanya berasal dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) 2018 sebesar Rp12,17 triliun dan pinjaman untuk proyek MRT sebesar Rp2,13 triliun.

Rencana pendapatan 2019 direncanakan berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp51,12 triliun; dana perimbangan sebesar Rp21,30 triliun; serta pendapatan lain yang sah sebesar Rp2,34 triliun.

Sedangkan untuk PAD diharapkan diperoleh dari pajak daerah sebesar Rp44,18 triliun; retribusi daerah sebesar Rp710,13 miliar; hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp757,62 miliar; serta pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp5,47 triliun.

Selanjutnya, sumber dana perimbangan berasal dari dana bagi hasil pemerintah pusat sebesar Rp18,15 triliun dan dana alokasi khusus Rp3,15 triliun. RAPBD ini pun akan disahkan menjadi APBD 2019.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Alhamdulillah yaa
trus manfaatnya buat warga dki apaan ??.. emoticon-Malu (S)

Bisa renang gratis d muaim hujan ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
APBD doang naik

Pelayanan malah turun emoticon-Ngakak

Apakah warga Jakarta sudah merasa kan penyesalan?
Diubah oleh SiPenembakJitu
Dana lobster meningkat emoticon-Ultah
banyak mulut yg harus disuapin emoticon-Ngakak (S)

gelar phd

tapi dongok

tanya kenapa?
Diubah oleh mantanesdm
Jadi keinget itu tim gaberner masih ada ga sih? Ga pernah kedengeran suaranya setelah dibentuk? Anak magang ahok aja suka kedengeran dulu emoticon-Hammer (S)

Ini timnya siapa aja ga tau. Padahal gaji pake apbd emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh handratas
mantap
hoooo..... sesuatu banged
Quote:


Tim percepatan pembangunan kah gan?
Au dah keknya dulu ngabisin anggaran gajinya
Tapi pemikirannya juga keknya kaga ada yg bikin jakarta lebih baek, penutupan kali pake jaring ngabisin ratusan juta, eh sekarang jaringnya dibuang
Ah sudahlah
Quote:


Iya gan TGUPP ya ane lupa singakatannya. Dlu keluar di media pas awal2 aja skrg dah sunyi senyap wkwkw
dengan anggaran sebanyak itu apa yang di dapat warga jakarta? setidaknya hidupin qlue lagi lah,biar kalo ada yang mau komplain(jalanan rusak atau segala macam nya) ada wadah nya..

menyedihkan DKI sekarang,autopilot mode on...
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ngebangun di JKT tuh dah suseh kebangetan.. uang segitu mnding abisin aj bwt beli n bongkar2 lahan bangunan lama n tidak sesuai izin terus dijadikan lahan hijau.. bih worth keknya emoticon-Big Grin

Eh ngapain juga gw ngasih saran gak dgaji puluhan jt kek tim nya wan abud emoticon-Busa
Diubah oleh ruuuruuu
Balasan post gayus.homoan
ga usah deh tanya dari pulau mana segala macam...setiap warga negara indonesia berhak untuk menanyakan anggaran segitu banyak bisa memberi kemajuan seperti apa untuk ibu kota mereka..

lu ga tanyain ke junjungan lu duit segitu banyak di buat apa aja?,dan manfaat buat lu yang hidup di jakarta apa aja? atau asal itu junjungan lu,lu di kasih taik pun manggut-manggut enak aja?

Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Balasan post gayus.homoan
lu DKI bukan?
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


kosong kek otak lu
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di