alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jam Kerja Pembangunan Kereta Cepat Dinilai Langgar Aturan
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff3e7b9a09512a4d8b4568/jam-kerja-pembangunan-kereta-cepat-dinilai-langgar-aturan

Jam Kerja Pembangunan Kereta Cepat Dinilai Langgar Aturan

RMOLJabar. Minimnya pelibatan pekerja lokal dan jam kerja pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kota Cimahi, kembali menuai protes dari warga.
BERITA TERKAIT
Menjaga Indonesia Inside News 350 x 500
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi menilai jam kerja yang diterapkan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melanggar aturan berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dimana diatur, jam kerja yang berlaku di Indonesia adalah 7 jam dalam satu hari atau 40 jam kerja dalam satu minggu untuk enam hari kerja. Serta 8 jam kerja dalam satu hari atau 40 jam kerja dalam satu minggu untuk lima hari kerja dalam satu minggu.

Apabila melebihi dari ketentuan waktu kerja tersebut, maka waktu kerja biasa dianggap masuk sebagai waktu kerja lembur sehingga pekerja atau buruh berhak atas upah lembur.

"Tapi yang terjadi sekarang pekerjaan itu dari jam 06.00-18.00 WIB. Berarti itu sudah pelanggaran Undang-undang 13/2003," kata Ahmad Wage, Ketua LPM Kelurahan Cimahi Utara saat ditemui usai sosialisasi proyek KCIC di Aula Kelurahan Uatam, Jalan Raya Nanjung, Rabu (28/11).

Menurut Ahmad, karena KCIC berada di Indonesia termasuk di Kota Cimahi harus mengikuti perundang-undangan yang diberlakukan di Indonesia. Tapi kenyataannya yang terjadi malah sebaliknya.

"Mereka harus taat hukum Indonesia, jangan melakukan tindakan melanggar hukum," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menyoroti penyerapan tenaga kerja lokal yang diterapkan KCIC. Menurutnya, sistem penyerapan tenaga kerja yang diterapkan oleh KCIC, yakni dengan syarat harus memiliki lisensi seperti menutup pekerja lokal Cimahi untuk menjadi bagian dari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung itu.

Padahal, kata dia, belum tentu pekerja asing yang bekerja di mega proyek itu memiliki lisensi. Pihaknya mewakili warga, meminta dan mendorong Badan Pengawas Ketenagakerjaan untuk mengecek langsung satu per satu pekerja asing yang mayoritas berasal dari China.

"Kita akan cek melalui Badan pengawas (Ketenagakerjaan) apakah yang bekerja di mereka punya lisensi apa tidak," tegas Ahmad.

Pihaknya pun menyayangkan sikap dari Pemerintah Kota Cimahi yang dinilai kurang aktif dalam melakukan pengawasan terhadap pekerja asing dalam proyek KCIC.

"Mereka (pekerja asing) suda bekerja tapi tidak dalam pengawasan (Pemerintah Kota Cimahi)," tandasnya.

Sementara itu, Manajer KCIC Wilayah Cimahi, Keke Chen dalam sosialisasinya sempat mengatakan bahwa keinginan dari owner dan konsultan proyek sangat tinggi dan menginginkan pekerja yang memiliki lisensi.

"Untuk menyerap tenaga kerja (lokal) paling hanya untuk pekerjaan (seperti) membersihkan area lokasi, jaga alat berat malam hari," katanya.

Saat diminta konfirmasi lebih rinci usai sosialisai terkait keluhan warga itu, Keke Chen enggan memberikan penjelasan. Ia langsung meninggalkan area sosialisasi. Begitupun dengan perwakilan PT KCIC lainnya.[feb]

http://www.rmoljabar.com/read/2018/1...anggar-Aturan-

kata si Amien Proyek kereta cepat mangkrak.

lah ini?

kelompok genderuwo kalu ga bikin fitnah sehari mulutnya sariawan

emoticon-Blue Guy Bata (L)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Merkarta \Mangkrak

Reklamasi Mangkrak

Kreta Cepat MAngkrak

...

Mangkrak cocotmu, Mbah

emoticon-Blue Guy Bata (L)
under perusahaan cina mah wajar, diperes doang kerjanya lemburan dibatesin emoticon-Hammer (S)
bukannya tinggal di cor?

emoticon-Kemana TSnya?







Lah kalau dikebut pake tenaga kerja sono ( terikat kontrak ) ya biarin aja.. kan sudah kontrak..

Ntar klo dah jadi juga masyarakat yg pake.
Kalau tenaga kerja harus ada sertifikat ya mmg harus punya.
Quote:


pekerjaan kontruksi dengan kerumitan khusus pekerjanya memang harus berlisensi atau bersertifikat. Tidak bisa sembarangan kaya membangun rumah.
Balasan post raheem09
Quote:


Kata si amien mangkrak noh.

Ini lg dicor alias dikerjain.

Junjungan nasbung klu ga bikin fitnah ga enak badannya

emoticon-Wkwkwk

Perasaan cebong klo nyebut proyek beye telat juga mangkrak kok.. pdhl msh jalan walau duid telat turun emoticon-Ngakak (S)

ane lulusan teknik kerja dibidang kontruksi jadi QC di salah satu perusahaan yg lagi buat proyek nasional PLTU Tanjung Jati B 2.000 MW. menurut ane dunia kontruksi wajar breh berlisensi jd jgn ya marah mulu kalo misalkan penduduk local gak kepake, kepake pun paling jadi buruh kasarnya. kerja di operator crane lulusan SD juga bisa, gaji bisa sampe 15 juta, tp itu dia, untuk dapetin lisensi jd operator crane gak murah bisa sampe 50 juta, makanya dunia kontruksi ya emang ya yg dianggap mampu yg dipake
Balasan post ruuuruuu
Quote:


Hambalang itu duitnya telat apa mangkrak?

emoticon-Leh Uga

Lah klu buat kasus kereta cepat ini buktinya jalan. Dikebut, sampe2 dianggap langgar jam kerja malah.

Cocot si Amien malah bilang mangkrak

emoticon-Leh Uga
Njiir, malah mbahas lisensi,
Nastak mah nggk mikir lisensi,
Pokoknya ada orang tampang menlen,
Langsung disembah sembah,
Udah insting
emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh dmcarthur
yang ngomong ketua serikat/ormas wajar aja. gaplok duit jg diem, lagian gw yakin banyak jg perusahaan di sekitar situ yang nerapin jam diluar UU tp ga di colek
udah impor tka, ya mesti dipekerjakan semaksimal mungkin biar cepat selesai, kok tumben Amat perhatian sama tka emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:

ayok ribut karna politik busuk. saya tak suka kalian akur emoticon-Ngakak kalo mau gelud kabarin saya nanti saya videoin kalian siapa yg mokat duluan

Balasan post dmcarthur
Quote:


Prabowo: China Penting bagi Indonesia, Hubungan Harus Ditingkatkan

Jam Kerja Pembangunan Kereta Cepat Dinilai Langgar Aturan

https://googleweblight.com/i?u=https...atkan&hl=en-ID

Ya iya lah...

Sesuai petunjuk macan asia

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ranttalker
Balasan post ranttalker
Quote:

Ap sih tong... hambalang proyek bru kluar 200 m yg dikorupsi aj ribut bgt emoticon-Leh Uga

Tanya sama KPK.. knp gak dicabut2 tuh kasus yg rugiin justru itu emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ruuuruuu
Balasan post abangvanish
Quote:


Ya lisensi emang hrs ada di setiap operator.. tukang las di migas aj hrs ada sertifikat n itu di test tiap beberapa thn..
Balasan post ranttalker
Quote:


kalo ga fitnah, nasbung bisa sakaw loh gan emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh nicopm
Balasan post ruuuruuu
Quote:


Ngakak gua

Duit di korup itu satu.

Keduanya tanahnya emang labil. Mau bangun bangunan di tempat yg beresiko longsor?

emoticon-Ngakak

namanya lembur kok
Balasan post ranttalker
Quote:


Labil ?
Kemakan gosip loe emoticon-Leh Uga
http://www.tribunnews.com/nasional/2...alang-bergeser

Loe pikir para engineer n PU mau tanda tangan soal design kalo tanah labil ? emoticon-Leh Uga

Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di