alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff208d1cbfaa1a328b458c/ini-temuan-anies-saat-tinjau-banjir-rob-di-kamal-muara

Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara

Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi ke lokasi banjir pasang air laut (rob) di Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (28/11) malam. "Malam ini saya melakukan inspeksi di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang beberapa waktu lalu terjadi rob. Alhamdulillah sudah relatif lebih baik keadaannya," kata Anies kepada wartawan saat ditemui di lokasi. 


1. Anies pastikan tak ada lagi genangan air laut
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
Anies mengatakan, meskipun di jalanan sudah tidak tampak lagi genangan air laut, namun di parit-parit kawasan tersebut masih terdapat genangan air. "Memang di parit-parit masih ada air tapi di jalanan secara umum tidak ada air. Ini menunjukan bahwa tim kerja untuk memompa sehingga air bisa ditarik dari jalan-jalan dan rumah-rumah di sekitar sini," kata dia. 


2. Banjir rob karena tanggul laut belum rampung
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
Banjir rob di Penjaringan masih terjadi, kata Anies, lantaran pembangunan tanggul laut belum rampung. Dengan kondisi saat ini yang sudah lebih baik, maka pembangunan tanggul laut akan dilanjutkan dan ditargetkan tuntas pada akhir 2018 sampai ke kawasan Pasar Ikan. 


3. Mengecek pembangunan tanggul laut
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
Berdasarkan informasi yang diterima Anies, saat ini pengerjaan tanggul laut masih terus berlangsung. "Katanya masih ada 52 meter lagi yang harus diselesaikan dan tahun depan akan kami teruskan lagi. Karena tanggul ini memang mau tidak mau dibutuhkan dan pengerjaannya Insya Allah kami akan tuntaskan," paparnya. Selain ke Kamal Muara, Anies juga meninjau perdagangan di Pasar Ikan dan mengecek tanggul laut di sana.  


4. Progres pembangunan tanggul laut sudah mencapai 73 persen
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
Proyek tanggul laut Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara atau NCICD untuk mencegah rob oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bidang Aliran Timur Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan akan selesai akhir tahun ini. Di Kali Blencong, Pantai Marunda, Jakarta Utara, sudah terpasang tiang pancang bulat atau "spun pile" sebanyak 760 tiang, dari yang ditargetkan sebanyak 1.094 tiang pada garis pantai. Sisanya, masih akan dikebut untuk mempersiapkan dan mencegah wilayah Jakarta dari banjir rob. "Progres saat ini kita sudah mencapai 73 persen, sekitar 27 persen lagi yaitu sekitar 300 tiang lagi kita akan kejar terus hingga pertengahan Desember," ujar Kepala Bidang Sistem Aliran Timur Dinas SDA Nelson Simanjuntak, seperti dikutip Antara. 


5. Tanggul laut dapat meminimalisir banjir rob
Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara
Nelson mengatakan, jika air laut pasang, masuknya air laut ke daratan tidak dapat dicegah. Namun, ia dapat memastikan tanggul laut dapat meminimalisir air laut masuk ke daratan. "Jadi bisa dipastikan tidak ada banjir rob," ujar dia. Menurutnya, tidak ada kendala yang siginifikan selama pembangunan tanggul laut. Pembangunan tanggul, lanjutnya, terus berkoordinasi dengan pihak pengawas dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.  "Kebetulan kan ini termasuk strategi nasional, perlu didampingi dari pihak kejaksaan untuk manfaat dan prosesnya. Jadi dari awal kami dari kejaksaan berkolaborasi untuk melihat bagaimana proses dari awal hingga akhir nanti," ungkapnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara Bangun Stadion Persija, Jakpro Terima Anggaran Rp400 Miliar

- Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara Hoaks, Kabar Bendung Katulampa Jebol, Jakarta Terancam Banjir Bohong!

- Ini Temuan Anies Saat Tinjau Banjir Rob di Kamal Muara FOTO: Begini Kondisi Rumah di Pasar Rebo Sebelum Longsor

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di