alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff12afdcd77095558b45a9/aktif-di-masyarakat-saat-kuliah-mengapa-tidak

Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?

Masa-masa Kuliah merupakan masa-masa yang tak jarang dirindukan,  cerita dan kenangan manis membuat setiap orang yang menjalani kuliah sesekali akan mengenang masa-masa itu yang tak pernah kembali. Masa kuliah memang banyak cerita, mulai dari mahasiswanya, dosennya dan juga segala hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Maka berbahagialah bagi mereka yang sedang menjalani kuliah, karena di masa-masa itu akan tercipta banyak hal yang menarik dan terkadang menyebalkan namun akan berbekas di hati sebagai kenangan terbaik di hidup.
Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?

Credit : azharmz.files.wordpress.com

Menjadi seorang mahasiswa memang berjuta rasanya, tak semua orang bisa bernasib menjadi anak kuliahan, banyak tipe anak-anak kuliahan mulai dari yang cuma sekedar belajar doang, belajar dan aktif organisasi, terlalu sibuk diluar dan lain sebagainya. Begitu juga dengan tempat tinggalnya ada yang berangkat pulang pergi dari rumah atau memilih ngekos karena hidup di perantauan dan jauh dari rumah.

Saat memutuskan ngekos tentu harus siap dengan berbagai resikonya mulai dari jauh dari rumah, siap tinggal bersama mereka yang merantau juga dan juga siap dengan hal-hal lain yang mungkin menghantui mulai dari kurang uang jajan hingga permasalahan dengan ibu kost. Hidup menjadi anak kost tentunya seringkali kita bertemu dengan masyarakat di sekitar kosan, tak jarang sebelum ngekos pun seringkali harus menemui pak rt untuk sekedar laporan.

Hidup kita di mana-mana pasti akan selalu berhubungan dengan masyarakat termasuk saat ngekos selama kuliah. Saat kuliah sudah seharusnya ikut berbaur di masyarakat karena suatu saat nanti setelah lulus kuliah pun akan berbaur di masyarakat. Berbaur dengan masyarakat tentunya bukan hanya saat KKN saja, akan tetapi cobalah berbaur dengan masyarakat di setiap saat terutama saat menjadi anak kos di daerah tertentu.

Ikutilah segala kegiatan masyarakat selama itu baik, cobalah bergaul dengan mereka dan berusaha aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat mulai dari kerja bakti, kumpulan acara warga dan kegiatan hari besar yang seringkali diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Menjadi mahasiswa sudah seharusnya tidak menutup diri dengan keadaan, akan tetapi cobalah lebih terbuka dengan siapa saja termasuk dengan masyarakat. Buanglah segala rasa gengsi karena sudah seharusnya sosok mahasiswa bisa ikut berperan serta dalam kehidupan masyarakat entah itu lewat berbagi ilmu ataupun lewat hal lainnya yang lebih bermanfaat.
Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?

Credit : antaranews.com

Jika dibandingkan dengan kegiatan aksi massa atau demo, kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terasa jauh lebih baik di lakukan. Jangan hanya sekedar aktif di organisasi saja, tapi cobalah aktif di setiap kegiatan masyarakat. Saat kita bisa berbaur dengan masyarakat tentunya banyak masyarakat yang respect dan juga masyarakat akan lebih peduli dengan kita. Tak jarang tawaran peluang pun mereka berikan untuk kita saat berbaur dengan mereka.

Menjadi mahasiswa itu anugerah, maka selama masih kuliah sempatkan diri untuk aktif dan berbaur dengan masyarakat dan ikut andil dalam setiap kegiatannya. Sehingga saat lulus kuliah nanti tak pernah sungkan dan ragu bergaul dengan masyarakat. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menanggapi atau menambahkan? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Gambar Via Google Images
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:



Quote:









Aktif di Masyarakat Saat Kuliah, Mengapa Tidak?


SUATU HARI DI 2012
new part 3
Diubah oleh tafakoer
Reserved
gengsi sih engga, cm kadang diremehkan klo kumpulnya sama bpk2 ibu2 yg udah pada sepuh di masyarakat. Ujungnya yg mahasiswa disuruh2, bapak2nya cm jadi mandor sambil berdiri ngobrol2 dan merokok
Quote:


Iya juga sih bre

Tapi lumayan buat pengalaman baru emoticon-Big Grin
Betul banget, menurut saya juga lebih bermanfaat aktif di masyarakat daripada aktif di organisasi kemahasiswaan, apalagi demo rusuh.

Aktif di organisasi kemahasiswaan memang bermanfaat, tapi manfaatnya berkurang karena cukup banyak agenda yang diisi hal-hal kurang penting tapi membutuhkan uang. Nah aktif di masyarakat lebih murni manfaatnya, jadi tenaga dan uang yang dikeluarkan lebih efektif.
Quote:


Yupz bener banget gan, lebih terasa aplikatifnya
Diubah oleh tafakoer
Balasan post blanccasse
Quote:


Setuju..
Baiknya UKM itu isinya gimana memberdayakan masyarakat sekitar.. klo orang kesehatan misal, sosialisasi cara cuci tangan, PHBS, klo orang pertanian tentang irigasi, sistem tanaman yg cocok di daerah semi kota.. klo peternakan misal ttg tps trick kembanh biak ternak dengan lahan sempit..

Ga perlu lah demo2 turun kejalan kalo IPK masih 2 koma

Malu
klo masyarakat nya sndiri ga aktif gmna?
tapi kalau kuliahnya sambil kerja biasanya gak punya waktu emoticon-Frown
siapa tau bisa ketemu jodoh juga..
kalau istilah kerennya tridharma perguruan tinggi yg ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat tapi ga musti keringetan juga yg penting peka sama permasalahan yang ada disertai usaha mencari penyelesaiannya
setuju ane, kadang ikut organisasi sama orang tua juga berkeluh, kok pulang nya malem terus, sibuk mulu, sampek nganterin ibuk ke pasar pagi aja nggak sempet, disitulah kadang merasa jadi manusia yang gak berguna
Di masyarakat itu harus sensitif gan, ngerti posisi dan tahu diri....selalu mawas diri dan hati2, jangan sampe kena cap songong apalagi ampe diboikot... emoticon-Big Grin
yg penting ninggal jejak
Quote:


Dharma ke-3 : pengabdian kpd masyarakat
tahun 1 dan 2 banyakin cari temen gan.. aktif aja bersosialisasi, banyak kenalan kedepannya jaringan jadi makin luas
salut. harusnya kita semua berusaha berguna buat org lain. dimulai dr lingkungan sekitar dl. jadi ingat teman maen game di mana dia kuliah di bidang IT, kemudian dia sering bantu2 di kantor kelurahan buat program/aplikasi yg membantu pekerjaan di kelurahan, nah begitu baru membanggakan. Bukan hanya mementingkan diri dan kekayaan pribadi.
Aiiih... Jadi ingat masa2 kuliah dulu...
emoticon-Mewek
Diubah oleh adolfsbasthian
Sipp.. bagus juga gan jika menjadi seorang mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat di sekitar kampus, ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan warga di sekitar kampus. Biasanya sih ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang ngekos dan jarang pulang ke rumah, karena biasanya kegiatan di kampung itu diadakan pas hari libur kerja jadi mahasiswa yang pas weekend tidak balik ke rumahnya bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan di sekitar kampus seperti kerja bakti membersihkan lingkungan.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di