alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Netralitas TNI Tak Perlu Diragukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfec1ed1854f7405e8b4567/netralitas-tni-tak-perlu-diragukan

Netralitas TNI Tak Perlu Diragukan

Memasuki tahun politik, isu ketidaknetralan terhadap sejumlah instansi dan lembaga negara biasanya dihembuskan segelintir orang tak bertanggung jawab. Upaya tersebut untuk men-degradasi lembaga di mata publik agar terkesan tak kredible dan profesional. Ketidaknetralan terhadap pilihan politik menjadi suatu yang sensitif jelang pesta demokrasi setiap lima tahun sekali. Hal ini harusnya membuat semua lembaga negara, memastikan seluruh perangkatnya untuk bersikap netral dan tidak memihak pada satu pilihan pertai politik.

Hal itulah yang menjadi fokus TNI AD agar semua elemen yang ada dibawahnya tetap dan selalu netral dalam pilihan politik terutama di perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini. Dalam sebuah acara Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, kembali menekankan tentang netralitas TNI di dalam perhelatan pesta demokrasi yang akan datang.

“Netralitas TNI sudah final, jangan pernah kita tergerak untuk terlibat, melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis. Kita berada diatas kepentingan seluruh rakyat Indonesia” pungkasnya.

Netralitas atau tidak melibatkan diri dalam politik praktis menjadi keharusan bagi ASN termasuk di dalamnya TNI-POLRI agar Pemilu yang digelar lima tahunan lebih berjalan supportif. Hal tersebut dilakukan karena sesuai dengan tugas dan tanggunjawabnya TNI-POLRI memeiliki peran dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan hajat lima tahunan ini.

Tidak memihak pada salah satu kontestan atau pasangan calon membuat dua institusi tersebut kian profesional dan kredible di mata publik. Jika ada salah satu diantara dua elemen tersebut coba-coba dalam politik praktis maka konsekuensinya adalah menurunnya tingkat kepercayaan atau trust lembaga atau institusi hukum di mata khalayak.

"Pegang teguh komitmen netralitas TNI dengan mengambil jarak sama dengan seluruh kontestan Pemilu. Aparat TNI harus lihat rayuan dan godaan kepada prajurit TNI masuk politik praktis. Kita harus pahami TNI milik nasional dan tidak terkotak-kotak politik," ucapnya.

Menurut Kasad, seorang Perwira dituntut untuk dapat bersikap secara profesional, kreatif, inovatif serta akomodatif dalam mengemban tugas sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan situasi yang sangat dinamis serta sekaligus dapat menjadi teladan bagi anggota yang dipimpin.

Guna menjalankannya agar berjalan dengan baik, Kasad menekankan agar para perwira senantiasa memegang teguh dan menjalankan norma-norma keprajuritan dan kode etik prajurit secara utuh.

“Etika dan norma ini harus menyatu dalam diri dan membentuk karakter baru sekaligus menjadi landasan kehidupan keperwiraan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,”terang alumni Akmil 1983 ini.



Sumber Link : https://news.detik.com/jawabarat/431...olitik-praktis
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
agak susah memikirkannya.
purnawirawan apa gk di denger sama adek2 leting
serius itu netralitas???

itu calon ada yg backgroundnya militer lohh...


kalo ane sih meragukan..
lebih percaya netralitas persneling mobil ama motoremoticon-Big Grin
kopi susu


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di