alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfec03be052272d3e8b4586/buka-rapat-tahunan-presiden-apresiasi-keberanian-bi-bela-kurs-rupiah

Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah

Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah

JPP, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) dan seluruh jajarannya, yang terus membela kurs rupiah di tengah gejolak global yang terus mengguncang perekonomian nasional.

“Kita sadar betul betapa beratnya pertempuran dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan,” ujar Presiden saat memberikan sambutan pada pembukaan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (27/11/2018) siang.

Kepala Negara mengaku, mengetahui BI melakukan intervensi pasar menaikkan suku bunga guna menstabilkan kurs rupiah terhadap dollar AS. Presiden bersyukur karena dalam 2-3 minggu terakhir rupiah menguat signifikan, dan kemarin saya sudah kembali pada kisaran Rp 14.500/dollar AS.

Selanjutnya, Kepala Negara menambahkan, baru saja pada 15 November yang lalu, Gubernur BI dan jajarannya kembali menunjukkan keberaniannya memberikan kejutan pada pasar dengan kembali menaikkan suku bunga rupiah sebesar 0,25% atau 25 basis point menjadi 6%.

“Yang saya anggap berani itu bukan besarnya kenaikan tapi kejutannya itu,” ujar Presiden seraya menyampaikan, laporan dari 31 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg hanya 3 yang punya ekspektasi BI akan menaikkan bunga hari itu, dan ternyata pasar benar-benar kaget dengan kenaikan bunga oleh BI.

“Ini disambut amat positif oleh pasar, dan persepsinya BI menunjukkan ketegasan, menunjukkan determinasinya untuk membentengi rupiah, dan mungkin dalam bahasa keseharian kita ya bisa saja disebut taringnya BI keluar,” jelas Presiden.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara mengingatkan, bahwa ke depan bukan negara kuat yang akan mengalahkan negara yang lemah, bukan negara yang besar yang akan mengalahkan negara yang kecil. Tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain mantan Wakil Presiden Boediono, Gubernur BI Perry Warjio, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, dan Ketua OJK Wimboh Santoso. (stkb/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/327911...la-kurs-rupiah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah Seskab Bicara tentang Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

- Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah Dana Desa Tingkatkan Pendapatan Warga Hingga 50 Persen

- Buka Rapat Tahunan, Presiden Apresiasi Keberanian BI Bela Kurs Rupiah Nol Rupiah Pungutan Produk Sawit dan Turunannya

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di