alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Boediono Buka-bukaan Soal Kasus Bank Century
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe9532642eb651408b4568/boediono-buka-bukaan-soal-kasus-bank-century

Boediono Buka-bukaan Soal Kasus Bank Century


Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) ke-11, Boediono berbagi kisah tentang saat masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) pada masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berbagai kebijakan kala itu telah ditempuhnya untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis perekonomian.

Boediono mengatakan, kebijakan yang diambil pemerintah dimulai dengan menyelamatkan Indonesia dari rangkaian krisis ekonomi global. Termasuk ketika itu, mempertahankan Bank Century. Sebab, apabila tidak diselamatkan maka Bank Century akan memiliki risiko sistemik pada perbankan lain.

"Waktu itu saya dan teman-teman enggak pernah mikir risiko politik, pertimbangannya risiko ekonomi. Seandainya kita tahu ya kita tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan," kata Boediono di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Dia menyampaikan, pada masa itu keputusan yang diambil pemerintah dalam mempertahankan Bank Century bukan tanpa pikir panjang. Itu dinilai adalah salah satu kebijakan terbaik.

"Kita mengusulkan untuk dilakukan full blanket guarantee dan dilakukan. Jadi satu-satunya opsi saat itu ya kalau ada bank yang sakit ya jangan ditutup saat itu, nanti aja tutupnya," tambah dia.



Terbuka dan Transparan

Boediono menambahkan, pada saat mengambil keputusan tersebut juga dilakukan secara terbuka dan transparan. Bahkan bisa dilihat ketika rekaman video yang telah beredar di masyarakat tidak dilakukan secara sepihak, melainkan melalui keputusan bersama.

"Itu keputusan bukan keputusan saya pribadi, itu suatu proses pengambilan keputusan terbuka, transparan, bahkan diskusinya sudah beredar luas. Makanya itu suatu yang sangat baru di negara kita. Enggak banyak negara yang dapat rekaman diskusi di bank sentral seperti saat itu," tuturnya.

Boedioni menyampaikan, saat itu pertimbangan yang dilakukan Bank Sentral maupun Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) karena melihat banyak perbankan yang tutup bisa menjadi masalah serius bagi perekonomian bangsa.

"Saya pengalaman beberapa puluh tahun di pemerintahan. Saya merasa ini perlu kita tangani serius, situasinya sangat serius, dan waktu itu kita pikirannya satu, jangan sampai ekonomi Indonesia jeblok lagi seperti 1997-1998 karena biaya ekonominya besar," pungkasnya.

sumber

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Pertama dalam sejarah NKRI.

Wapres pertama yang pertama kali di...

Ah sudahlah.

Era kebo memang nganu. emoticon-Traveller
Diubah oleh youdoyouknow
Apa yg dibuka pak? Duit nya ke siapa aja?

emoticon-Traveller
"Saya pengalaman beberapa puluh tahun di pemerintahan. Saya merasa ini perlu kita tangani serius, situasinya sangat serius, dan waktu itu kita pikirannya satu, jangan sampai ekonomi Indonesia jeblok lagi seperti 1997-1998 karena biaya ekonominya besar," pungkasnya.
Bapak satu ini pahlawan atau penjahat?

emoticon-Cool
gw tetep respect sm ini orang, tipikal talk less do more
Gua yakin pakde Boed gak korupsi
Mungkin saja kebijakan salah tapi ya emang beliau sudah melakukan yg terbaik emoticon-Traveller
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Buka2an apaan
Dia gak ngomongin skandalnya
Quote:


gw ga bahas kasusnya si boed, hanya dr sisi personal.

kalo soal century gate ya tanya aja sm ketua dpr sekarang, dlu dia kan ketua pansus century sm fahri hamzah, knp ga bs nerusin ke kpk atau polisi. udh gt si hesyam knp pula bs kabur keluar bw duitnya

dlu kyknya smp ratusan page dah trit century di bp
Quote:


numbalin bawah biar yg atas tetap kinclong.
skrg kenapa bisa dianggap sistemik? itu bank kecil.. kalo bank yg sudah too big to be fail kek bca atau cimb niaga masi masuk akal.
Dagelan Century dan BLBI modus sama...emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
kalo boediono wapres ke-11, JK itu wapres ke-10 atau ke-12 ya?
Balasan post bhinnekax
Quote:


THIS!! Baru ane mau ngomong kek begini.

Kalo emang kebijakannya salah, harusnya yg dipenjara ya Boediono, bukan si budi mulya.

Nice post.

emoticon-shakehand
Boediono itu siapa ya ? emoticon-Bingung
Boediono Buka-bukaan Soal Kasus Bank Century
...selevel beliau masak gak kepikir resiko politik...mikir..!

emoticon-Hansip
Quote:


kalo ane mikirnya ga akan pak bud bikin keputusan kalo ga ada arahan dr "atas". nah yg atasannya ini yg salah. bawahan kan pada prinsipnya cuma jalanin keputusan atas tp malah sering ditumbalin.
Balasan post Tommy King
Quote:


Jujur aja gw aja ga tau ada yg namanya bank century

Klo.swasta : palingan bca,danamon,panin,cimb niaga

Tapi gw masi percaya pak boed ga ambil keuntungan pribadi (uang) dalam keputusan bailout century, ga tau yg laen ( kan isue nya butuh logistik buat pemilu)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di