alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Kesalahan Sepela Yang Sering Dilakukan Bloger Pemula
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe447ddbd770e8728b4567/kesalahan-sepela-yang-sering-dilakukan-bloger-pemula

Kesalahan Sepela Yang Sering Dilakukan Bloger Pemula

Kesalahan Sepela Yang Sering Dilakukan Bloger Pemula



Sudah hal yang biasa bagi seorang pemula untuk mencoba mengeksplor seluruh isi dasbor sebuah blog. Guna menampilkan yang sesuai keinginan pemilik blog, dari segi theme/template maupun segi bahasa penulisan. 
 
Namun hal tersebut dinilai google salah. Karena sebuah blog/website diciptakan guna sebagai acuan bacaan banyak orang bukan hanya untuk penulis saja. Nah, untuk itu simak beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula yang membuat sepi pengunjung.

·        Ngeblog Tanpa Arah Tujuan

Awalnya saya membuat website hanya ingin menulis saja, menyalurkan hobi menulis bagitu saja. Dari situ blog baru saya dibuat dengan arah dan tujuan yang tidak jelas. Ini mau dibuat ngeblog curhat atau informasi?
 
Nah, setelah beberapa bulan bergelut menjadi blogger yang hanya menulis pengalaman harian yang lama-kelamana bosan juga. Akhirnya ku beranikan diri untuk merubah tujuan blog dari tempat curhat pengalaman menjadi blog tukar ilmu yang isinya pengalaman dengan sisipan ilmu baru dengan tema yang lagi booming
 
Misal lagi musim pemilu ya ngikut aja buat konten pemilu. Hari Kemerdekaan, ngikut aja buat konten kemerdekaan sesuai pengalaman namun dengan sisipan ilmu tentang kemerdekaan. Alhasil viewers pun juga ikut bertambah.

·        Sering Mengedit Template atau Theme

Dulu daya juga demikian. Baru membuat blog untuk pertama kali, maka tak heran bila saya terus berkeinginan untuk merubah tampilan semenarik mungkin dan sebagus mungkin agar peminat bertambah.
 
No, that wrong. Waktu yang seharusnya saya gunakan untuk membuat konten dan mengatur strategi untuk membangun dan membuat blog semakin bagus malah banyak terbuang sia-sia untuk mengatur tampilan template saja. 
 
Coba pikirkan bila Anda mengatur sebuah tampilan blog sudah pasti tak akan pernah ada kata puas padanya. Pasti ada saja kekurangan yang mungkin perlu dibenahi. Untuk itu hal tersebut segara tinggalkan saja, toh blog terkenal saja menggunakan tampilan sederhana yang membuat enak pembaca untuk mengeksplornya. Contoh blog dengan theme sederhana default cek disini

·        Menulis Sesuai Keinginan Sendiri

Kesalahan kedua tentang penulisan artikel yang Anda post. Pertama bagi blogger yang artikelnya untuk menyajikan informasi sebaiknya ditulis berdasarkan masalah yang dicari oleh orang lewat dunia maya search google.
 
Kedua penulis menyajikan dengan bahasa yang diinginkan pribadinya tidak menyajikan sesuai aturan main google. Yang pada dasarnya menulis post pada blog perlu aturan main yang valid untuk google.
 
Ketiga, untuk para publiser. Mengedepankan SEO tanpa memperhatikan kompetitor dan isi konten. Sudah itu 3 permasalahan dasar blogger pemula.
 
Berbeda bila blog Anda memang hanya diperuntukan pribadi, tempat curhat tempat bersosial dan tempat bertukar insight. Jadi sesuai selera Anda saja tak masalah tapi sedikit pula pengunjungnya bila tak disisipkan knowledge.

·        Kurangnya Membaca

Merasa puas dengan eksperimen yang telah dilakikan banyak pula blogger yang jarang dan bahkan malas baca di blog orang lain yang lebih keren. Termasuk saya, hehe.
 
Dari membaca kita aakan dapat sesuatu yang baru tanpa disadari. Mungkin seketika itu kita tak membutuhkannya, namun seiring berjalannya waktu pasti pengetahuan dari Anda membaca tadi akan segera tersalurkan.
 
Kata pepatah sebaik-baik teman duduk adalah buku, yang mana pada modern ini buku diartikan sebagai sesuatu yang dibaca. Jadi membaca adalah aktifitas produktif yang tak ada ruginya meskipun yang dibaca belum tersa manfaatnya dalam waktu singkat.
 
Baca konten-konten berkualitas dengan gaya penulisan keren. Silahkan cek disini.

·        Minim Pengetahuan

Ini kesalahan yang sederhana. Yakni tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk membahas suatu topik.
Dulu saya sering membahas tema tulisan yang belum saya kuasa. Nah itu akan membuat bingung pula ketika konten mulai dituliskan. 
 
Solusi tepatnya, bagi pemula sebaiknya menulis dengan apa yang telah diketahui menurut kemampuan diri dan tidak memaksakan. Untuk dapat ilmu baru silahkan kunjungi web ini.

·        Tidak Belajar SEO

Belajar SEO? Baca sendiri disitu agar paham SEO itu apa, hehe. Belajar SEO dapat Anda dapatkan melalui sebuah konten yang di-post oleh para guru mastah di dunia maya. Banyak pula mastah-mastah yang membuka jasa SEO dengan tarif bervariatif.
 
Untuk Anda yang sangat berminat dengan dunia blogger mengurus website. Sangat dianjurkan untuk terus belajar SEO karena alogaritma dunia maya terus berubah di setiap berkembangnya teknologi. Setiap tahunnya bakal berubah.

·        Jarang Update Artikel

Beberapa blogger mulai ngeblog dengan percaya diri. Mereka rajin nge-posting artikel. Bahkan ada yang over hingga mampu posting artikel 3-5 kali dalam sehari.
 
Tapi apa yang terjadi kemudian sungguh miris, bila beberapa hari ke depan menjadi malas nulis dan post.. Inspirasi kosong, dan merasa sudah post banyak di kemarin hari.
 
Dan yang membuat lebih sedih lagi bila blog yang telah ada pengunjungnnya tidak dirawat kembali karena hal sepel, seperti malas menulis dan malas menguplik untuk merubah isi konten agar lebih baik lagi.
 
Untuk itu, buatlah aktifitas ngeblog ini menjadi aktifitas yang menyenangkan. Dengan ngepost 1 kali dalam dua hari lebih baik dariada ngepost sehari 5 artikel tapi berhenti tidak post selama satu pekan.
 
***
 
Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan masukan dan komentar pada artikel ini agar dapat bermanfaat untuk sesama.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di