alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Sebut Berkat Dana Desa Ponggok Berpenghasilan Rp 14 Miliar
4 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe420bdbd770bb738b4567/jokowi-sebut-berkat-dana-desa-ponggok-berpenghasilan-rp-14-miliar

Jokowi Sebut Berkat Dana Desa Ponggok Berpenghasilan Rp 14 Miliar



Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dengan memanfaatkan Dana Desa, sejak 2015 pemerintah Desa Ponggok, Klaten Jawa Tengah, membangun infrastruktur penunjang pariwisata. Infrastruktur itu berupa jalan desa, sanitasi, drainase, mandi cuci kakus (mck), sampai area parkir.



"Hasilnya? Desa Ponggok kini menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi," kata Jokowi dalam akun Facebooknya, Selasa, 27 November 2018.
Dari pariwisata, kata Jokowi, Desa Ponggok bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp 14 miliar setahun.

Jokowi mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa, untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini. "Apa pun keunggulan desanya," kata Jokowi.
Menurut dia sudah saatnya pemerintah desa memikirkan potensi-potensi yang dimilikinya untuk dikemas menjadi sebuah kekuatan ekonomi desa tersebut.

Setiap tahun, kata Jokowi, pemerintah mengucurkan Dana Desa dengan nilai yang selalu naik. Dia berharap Dana Desa ini tidak semata untuk pembangunan infrastruktur saja, tapi juga dimanfaatkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan penggarapan potensi desa.


Jokowi Sebut Berkat Dana Desa Ponggok Berpenghasilan Rp 14 Miliar


Dana desa merupakan salah satu program yang digagas pemerintahan Jokowi. Alokasi dana desa pertama kali pada 2015 sebesar Rp 20,67 triliun. Angka itu naik menjadi Rp 46,98 triliun pada 2016, dan naik lagi menjadi Rp 60 triliun pada masing-masing tahun 2017 dan 2018. Tahun depan, anggaran dana desa direncanakan naik menjadi Rp 70 triliun.

Adapun dalam unggahan Jokowi di Facebook itu, terdapat foto dan tulisan yang mengambarkan suasana wisata di Desa Ponggok. "Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air. Umbul Ponggok memang begitu jernih karena dari mata air yang dibangun menjadi tempat wisata," ujar Jokowi.




https://bisnis.tempo.co/read/1150186/jokowi-sebut-berkat-dana-desa-ponggok-berpenghasilan-rp-14-miliar/full&view=ok

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
asli keren itu umbul ponggoh emoticon-thumbsup

Jokowi Sebut Berkat Dana Desa Ponggok Berpenghasilan Rp 14 Miliar
Desa yang lain dana desa ada yang di korup emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh gembaladomba666
patutu ditiru ini,
ayo desa lain menyusul...emoticon-Ultah
patut ditiru
desanya punya keunggulan apa
monggo digali dan dicari
setelah itu dikembangin lagi bisa jg diperkaya biar menarik buat orang mengunjungi
Ya elah emang ponggok dibangun dari 2016, main klaim mulu
Dulu sepi sekarang selalu ramai tuh desa..
Diubah oleh baybayz
Klaten Bersinar.
etan omah
oh di klaten ya? emoticon-Matabelo
Gw pernah wawancara sama kepala desa ponggok waktu nemenin temen tugas skripsi.

Emang bener bener hebat gan manajemen dan strategi membangun desanya. Dulu sebelum desa ponggok seperti sekarang pak kades ini sampe minta bantuan mahasiswa ugm yg kkn di daerah tersebut untuk menganalisa sektor2 mana yang potensial untuk dikembangin. Akhirnya sektor potensial itu sumber daya air yang melimpah gan dan dikembangin menjadi sektor pariwisata.
Diubah oleh kainpelbasah
Quote:


Udah lama bosss... kau aja yg baru tau.
mantap..


bpjs bukan urusan saya.
Ini keren loh desanya.

Kalo ga salah, pengelola pariwisata di sini ga ngebolehin penjual air minum dan makanan ngambil untung banyak. Cuman boleh 15% an gitu kalo ga salah. Jadi supaya wisatawan yg ke sini ga ketakutan balik ke sini lagi karena harga makanan dan minumannya mahal.

Akhirnya wisatawan dateng terus, sampai sekarang. emoticon-Big Grin

Good job buat kepala desa. emoticon-shakehand
menurut temanku yang beberapa minggu lalu studi banding ke sana, itu dimulai dari kepala desanya yang hebat.
memang desa itu dikaruniai keindahan alam, tapi tanpa ada tekat tidak akan seperti ini
Nasbung tiarap, emoticon-Leh Uga
Woow diklaim lagi
Padahal belum ada dana desa itu desa udah jalan
semoga tetep terjaga pengelolaan desanya buat generasi2 berikutnya lagi
Balasan post masjunaedicakep
emang sblm ada dana desa, desa itu sudah jalan
tapi
berkat DANA DESA, desa tersebut bisa berkembang
itu membuktikan program yang di jalankan sesuai dengan rencana, agar desa bisa mengexplore kelebihan nya masing masing
Sekarang umbul ponggok,, klo minggu rame emoticon-Nohope


Liat orang berenang udh kyk ikan Teri kenak serok.


Klo ane lebih prepare sama umbul cokro
Lebih alamiemoticon-Malu (S)


Sekalian gembok Ya bree emoticon-Betty
Diubah oleh galer2124
Balasan post masjunaedicakep
Sebelum ada dana desa itu desa udah berkembang
Payah emang kualitas baca nastak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di