alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hadapi Gangguan, Pilot Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe315956e6af45248b4567/hadapi-gangguan-pilot-berjuang-naikkan-pesawat-sebelum-jatuh

Hadapi Gangguan, Pilot Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh

Rabu 28 November 2018, 12:31 WIBHadapi Gangguan, Pilot Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh
Ilustrasi.

Data penerbangan dalam kotak hitam Lion Air JT610 yang jatuh pada 29 Oktober lalu menunjukkan upaya keras pilot menaikkan hidung pesawat yang selalu turun. Pengungkapan ini selaras dengan laporan salah satu media yang menyebut ada kesalahan sistem kendali pada Boeing 737 Max 8.

Dalam pemaparan laporan awal penyelidikan Flight Data Recorder (FDR) salah satu bagian kotak hitam Lion Air JT610, Rabu (28/11), Komisi Nasional Keselamatan Transportai (KNKT) menyebut pilot mengalami masalah kendali dalam penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang.

Ketika pilot menaikkan flap pesawat, secara otomatis sistem menurunkan hidung pesawat atau nose down. Data kotak hitam menunjukkan, pilot langsung menaikkan hidung pesawat atau nose up. 

Namun yang terjadi kemudian, hidung pesawat kembali turun lagi, lalu dinaikkan lagi oleh pilot. Kondisi ini terjadi berkali-kali hingga pesawat jatuh di laut 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebanyak 189 kru dan penumpang tewas dalam peristiwa ini.

"Pergerakan nose up dan down berlangsung lagi hingga akhir rekaman penerbangan," kata Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dilansir kumparan.

Dalam kondisi itu, kata Nurcahyo, pilot melaporkan ke menara pengawas bahwa ketinggian pesawat tidak bisa dipertahankan. Pilot lantas meminta menara pengawas untuk mengamankan wilayah udara di bawah dan atas pesawat.

"Pilot minta controller menutup ketinggian 3.000 di atas dan di bawah. Hal ini untuk menghindari adanya tabrakan di udara," kata Nurcahyo.

Menurut Nurcahyo juga, kondisi ini terjadi akibat beberapa kerusakan yang terjadi di pesawat yang baru dibeli pada Agustus itu. Kerusakan ini telah ditemui di penerbangan sebelumnya, dari Denpasar ke Jakarta.

"Dalam peristiwa ini ada multiple malfunction," kata Nurcahyo lagi.

Laporan pemeriksaan kotak hitam ini sesuai dengan dugaan sebelumnya yang menyebut adanya kerusakan pada sistem kendali penerbangan Boeing 737 Max 8. Kerusakan ini dan panduan cara pilot mengatasinya baru diberitahu oleh pihak Boeing setelah insiden Lion Air terjadi, menewaskan 189 kru dan penumpang.

Sumber penyidik sebelumnya kepada Wall Street Journal (WSJ) bulan lalu mengatakan, jika Boeing memberitahukannya lebih dulu bisa jadi insiden Lion Air ini bisa dihindari. Pasalnya sistem ini tidak ada di 737 versi sebelumnya sehingga tidak familiar di kalangan penerbang.

Quote:





Diubah oleh batamnews
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Penumpang gak semua ditemukan ya? emoticon-Berduka (S)
Iya ini tadi saya sempat mendengar pernyataan sesuai seperti pada berita diatas melalui TV tadi.
Banyak sekali hal2 teknis, disebutkan.
Quote:


wtf aku salah pencet, my bad sir.
Diubah oleh floriantito
berarti boeing salah juga nih
semoga menang ya keluarga korban di pengadilan US

Ana ga bisa berkata kata, tapi satu hal semoga ini ga menjadi alasan untuk tidak naik lion air, apalagi sampai mendesak supaya lion air di banned
Ana yakin ga ada satupun maskapai yang ingin pesawatnya jatuh, masalah lebih lanjutnya kita serahkan pada knkt untuk menindak lajuti kasus ini agar ga ada lagi jatuh korban jiwa
Quote:


Ooh..tumben waras
Semoga tidak terjadi kejadian seperti ini lagi.
Quote:


Loooh... kok gitu??
Ngga bisa dooong...
Ini tetep salah Jokowi
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
dengan penemuan KNKT, semoga keluarga korban bisa menang tuntutan terhadap Boeing di amerika sono emoticon-Smilie
tuntut boeing ini mah harusnya
wah kompleks system error harus diperdalam lagi emoticon-Frown
Hadapi Gangguan, Pilot Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh

ini pas kejadian


Hadapi Gangguan, Pilot Berjuang Naikkan Pesawat Sebelum Jatuh

ini sehari sebelumnya dari dps
Diubah oleh brick_water
"Kerusakan ini dan panduan cara pilot mengatasinya baru diberitahu oleh pihak Boeing setelah insiden Lion Air terjadi, menewaskan 189 kru dan penumpang.
Sumber penyidik sebelumnya kepada Wall Street Journal (WSJ) bulan lalu mengatakan, jika Boeing memberitahukannya lebih dulu bisa jadi insiden Lion Air ini bisa dihindari. Pasalnya sistem ini tidak ada di 737 versi sebelumnya sehingga tidak familiar di kalangan penerbang."

Menhub /Direktur Maskapai/Persatuan pilot Indonesia/siapapun in charge, kok gak nanya ke Boeing ? nunggu dikasih tahu?
Balasan post brick_water
Quote:


Jir.. sedih gw..
Napa gw kaga ngarti
Balasan post StupidNotMe
Indicator kecepatan dan altitude pilot dan kopilot beda sejak terbang di kedua2nya hanya yg dari dps keknya automatic trimnya dimatiin. yang pertama kagak makanya naik turun
Ketika pilot menaikkan flap pesawat, secara otomatis sistem menurunkan hidung pesawat atau nose down. Data kotak hitam menunjukkan, pilot langsung menaikkan hidung pesawat atau nose up. 

Lah pesawat baru tuh
Balasan post nastak2200kv
Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS). boeing kagak ngasih tahu..baru setelah kecelakaan ini di masukin di panduannya
Quote:


kalo nggak salah pilot di amerika pun baru diberitahu setelah kejadian ini.
yg nuntut boeing jadi senjata tuh untuk lawan boeing
Akibat kesalahan teknis nyawa 189 orang melayang kalau di Amerika tuntutannya bisa jutaan dollar tuh per orang meskipun nyawa tidak bisa dinilai dengan uang
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di