alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ibadah Aneh Muslim Cham, Salat Satu Bulan Sekali dan Cukup Diwakili Kaum Elite
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe2c6798e31bc60a8b4567/ibadah-aneh-muslim-cham-salat-satu-bulan-sekali-dan-cukup-diwakili-kaum-elite

Ibadah Aneh Muslim Cham, Salat Satu Bulan Sekali dan Cukup Diwakili Kaum Elite


Ibadah Aneh Muslim Cham, Salat Satu Bulan Sekali dan Cukup Diwakili Kaum Elite

JATIMTIMES, MALANG – Salat lima waktu merupakan rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Secara global, salat lima waktu ini selalu dilaksanakan oleh muslim di berbagai penjuru dunia.

Tapi ternyata, ada suku yang tidak melaksanakan salat lima waktu sebagaimana yang diajarkan Islam. Seperti yang dilakukan Suku Cham dari Vietnam.

Suku minoritas yang menganut ajaran Islam itu hanya melakukan salat satu bulan sekali atau hanya saat hari Jumat. Uniknya, kewajiban salat pun tidak harus dilakukan seluruh penganutnya. Salat Suku Cham cukup diwakili kalangan dignitariy atau kelompok yang berkuasa dengan tataran tertinggi dalam komunitas tersebut.

Sebuah video berdurasi 15 menit 28 detik yang diunggah channel Islam Bersatulah pada 22 Februari 2018 menunjukkan berbagai aktivitas muslim dari Suku Cham dalam menjalankan syariat dan rukun Islam. Berbeda dengan muslim pada umumnya, masjid yang berada di kawasan tempat tinggal mereka sangat jarang dibuka. Masjid hanya dibuka saat bulan Ramadan ataupun hari-hari tertentu, yaitu satu bulan satu hingga dua kali dibuka.

"Kami salat satu bulan sekali atau hanya pada hari Jumat," terang muslim Bani Dignitary Tu Cong Dat sebagaimana dalam interview yang ditayangkan dalam video yang sudah ditonton hampir 1 juta kali itu.

Keunikan lain yang dilakukan adalah saat melaksanakan indah puasa. Sama halnya dengan kewajiban salat lima waktu, puasa tidak diwajibkan bagi seluruh penganut muslim Suku Cham. Sebab, puasa hanya akan dilakukan oleh kalangan muslim dignitary dan mereka sudah cukup sebagai perwakilan.

Kelompok tertinggi dalam Islam Cham itu saat melaksanakan ibadah puasa adalah tidak makan dan minum selama satu hari dan berdiam diri di masjid. Namun, mereka diperbolehkan untuk merokok saat menjelang berbuka. Ketika akan berbuka, mereka menutup masjid dengan l kelambu dan membuat suasana dalam masjid gelap layaknya malam hari.

Saat salat Jumat, akan dibacakan khutbah berupa manuskrip berbahasa Arab yang ternyata sama sekali tidak mereka ketahui maknanya. Manuskrip tersebut dibacakan karena dinilai menjadi salah satu peninggalan bersejarah dan suci dari penyebaran Islam di Suku Cham.

Suku Cham dari kelompok Imam San ini memang cukup menarik banyak perhatian. Termasuk muslim di Kamboja yang berkeinginan untuk mengubah kebiasaan beribadah yang aneh dan unik tersebut. Namun, dalam berbagai sumber, Suku Cham yang sudah dikirim melaksanakan ibadah haji saat kembali ke kampung halaman juga tetap melaksanakan salat satu bulan sekali atau saat hari Jumat saja.

sumur

emoticon-Bingung emoticon-No Hope emoticon-Cape d...

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bole juga nih kaum.. ngeroko dulu sebelom buka puasa biar napas kaga bau jigong emoticon-Cool
proses. masuknya Islam
lom sempurna seperti di pulau jawa
klo dimari biarpun sehari 5 waktu tetap aja bangkenya gak di sholatin emoticon-Leh Uga
kudu sinau maneh rukun iman karo rukun Islam emoticon-Nohope
harusnya masuk bpln ini emoticon-Salah Kamar
yg penting kaga hobi maen bomberman
emoticon-Jempol
untung lu bukan tinggal disiniemoticon-Marah
salah pengkolan nih TS nya
Praktis....

Tapi kalo ada Duit buat Umroh mending Umroh aja Lebih Praktis lagi dalam Mengumpulin Pahala Shalat... Shalat di Mekkah... Pahalanya 100.000 Kali Shalat di tempat lain...

Itung aja 1 hari Shalat 5 kali di Mekkah jadi setara 500.000 Kali Pahala....

500.000 Pahala Shalat / 365 Hari... = 1.370 tahun...

Bayangin 1 Hari Pahala Shalat di Mekkah setara dengan 1.370 tahun Pahala Shalat 5 kali sehari di tempat lain....

Abis Shalat 1 Hari aja di Mekkah waktu Umroh.... udah bisa santai seumur hidup dan dapat Pahala lebih besar daripada yang gak pernah Shalat di Mekkah...





https://rumaysho.com/1979-pahala-sha...0000-kali.html
Ibadah Aneh Muslim Cham, Salat Satu Bulan Sekali dan Cukup Diwakili Kaum Elite


Ibadah Aneh Muslim Cham, Salat Satu Bulan Sekali dan Cukup Diwakili Kaum Elite
Diubah oleh GeorgeSatan
emoticon-Recommended Seller

Tetap bersatu.
Quote:


Bibib udah hampir setahun ya di Mekah... Kalo tiap hari dia shalat berarti gimana tuh gan??

emoticon-Ngakak


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di