alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menag: Mulai 2019, Guru Terima Tunjangan Profesi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe28329e7404ab668b4569/menag-mulai-2019-guru-terima-tunjangan-profesi

Menag: Mulai 2019, Guru Terima Tunjangan Profesi

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan mulai 2019 ratusan ribu guru di bawah naungan Kementerian Agama akan menerima tunjangan profesi yang terbagi dalam enam klasifikasi.

"Saya ingin menyampaikan dan semoga ini adalah kabar gembira. Alhamdulillah, berkat bantuan banyak pihak bisa mengesahkan Rancangan APBN 2019 sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan guru-guru," ujarnya pada puncak peringatan Hari Guru dan Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi 2018 di Surabaya, Minggu 25 November 2018 malam.

BACA JUGA
Guru Honorer Tuntut Kesejahteraan, KSP: Skemanya Sudah Ketemu
Anggota PDIP Komisi X DPR RI Terus Perjuangkan Revisi UU ASN, Terkait Pengangkatan Guru Honorer dan Menambah Batas Umur 35 Tahun Honorer Untuk Tes CPNS
Menilik Sejarah Perjuangan Guru Tanah Air Sejak 1912

Enam klasifikasi untuk tunjangan profesi, kata dia, disiapkan untuk guru-guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS dan diharapkan terealisasi mulai tahun depan.

Lukman merinci, klasifikasi guru yang disiapkan tunjangan Kemenag dari APBN 2019 yaitu pertama, guru untuk kategori PNS tersertifikasi ada sekitar 118.983 guru yang kemudian dialokasikan anggaran sebanyak dari Rp 5,06 triliun.

Klasifikasi kedua adalah untuk guru non-PNS yang sudah penyesuaian atau setara kategori 2B, juga mendapatkan tunjangan profesi guru untuk 90.704 guru dengan total anggaran Rp 2,98 triliun.

Berikutnya, tunjangan untuk guru non-PNS yang belum inpassing atau kategori 3B bahwa Kemenag mengalokasikan Rp 1,82 triliun untuk 101.484 guru.

"Keempat, tunjangan khusus untuk guru tinggal di daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau setara kategori 4B yang akan menjangkau tidak kurang dari 4.500 guru dengan anggaran disiapkan Rp 72,9 miliar.

Selain itu, tunjangan insentif bagi guru non-PNS yang belum penyesuaian dan belum tersertifikasi atau kategori 5B sebanyak 241.665 guru dengan total anggaran Rp 900 miliar.


Tunjangan untuk yang Belum Bersertifikat

Klasifikasi terakhir, lanjut dia, pernah ramai di sosial media, yaitu tunjangan kinerja bagi guru PNS, baik yang belum sertifikasi maupun sudah sertifikasi.

"Bagi yang belum bersertifikasi akan mendapatkan tunjangan seratus persen dari grading-nya. Bagi yang sudah disertifikasi maka dia memperoleh haknya sebesar selisih tunjangan kinerja dari tunjangan profesi gurunya," katanya.

sumber https://www.liputan6.com/news/read/3...jangan-profesi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
banyak guru sekedar ngajar lama2

emoticon-Malu

tunjangan tapi ga mikirin gimana biar kinerja pegawainya bener.

emoticon-Ngakak
Semua tunjangan keluarkan pas pemilu emoticon-Ultah
tunjangan dan sertifikasi gaji naik terus, tetep aja gak bisa ngejar ketertinggalan dg negara jiranemoticon-Wakaka
inget...semua sdh diatur sesuai kapabilitasnya.
jgn sampe hansip minta tunjangan spt polisi

emoticon-Hammer2
Sudah 20jt belum totalnya?
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


jngn salahkan gurunya breee....kata pak edy mamanyadi wartawanya yg harus baik bre..emoticon-Leh Uga
dosen gk masuk ya emoticon-Thinking
Menteri Agama sekarang ngurus guru dan tunjangannya juga ya..

ga sekalian Menteri Agama ngurus Olahraga, Hankam sama Kepala Daerah ?
Diubah oleh anarchy0001
cuma segitu, sebelah berani 20jt/bulan lho
Quote:


ada guru yg dibawah Menag Bray yaitu madrasah, mulai ibtidaiyah setara SD, Tsanawiyah setara SMP, Aliyah setara SMA
jadi mereka dibawah kemenag ga ikut dinas pendidikan
Diubah oleh zanaf231


Quote:


Baca dulu yg bener beritanya, ada guru yg dibawah naungan kementerian agama emoticon-Cape d... (S)
Quote:


Dosen dpt nya sertifikasi dosen sebesar gaji pokok ya 100%
Quote:


Sekedar info aja nih gan. Biar sama-sama belajar, maaf klo salah.

Setahu ane ada lembaga pendidikan yg ada di bawah koordinasi Kementerian Agama. Kayak sekolah berbasis agama gitu, gue baru nemu yang basisnya i aja, klo basis nya k mah dibawah kemendikbud.

Nah kan selama ini tunjangan sertifikasi itu buat guru PNS dibawah kemendikbud. Yang Kemenag gk dapet. Begitu pula guru pelajaran agama i (tp sekolahnya negeri bukan basis agama) yang ngajar di DKI, gk dapet tunjangan kinerja kayak guru PNS Pemda.

Salahnya ya sebenernya dari internal kemenag nya. Kementerian paling ribet sedunia. Gak mau mereka dicampur sama penganut agama lain. Tapi ini mending dibahas di trit lain aja.

🍺
Diubah oleh akumidtorc


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di