alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe267696bde6d11b8b4568/tips-membangun-sebuah-band

TIPS MEMBANGUN SEBUAH BAND

MEMBANGUN SEBUAH BAND


Kali ini ane bakal share pengalaman ane membangun sebuah grup band gan.

Ini tips dan trik berdasarkan pengalaman ane, kalau mau menambahkan monggo silahkan.

Daripada panjang lebar langsung aja..

Tips 1 Bagun Chemistry
Sebelum anda mulai ngeband ada baiknya anda harus mengenal personil anda gan. Mengapa demikian, kalau berdasarkan pengalaman ane nih, kalau anda tidak mengenal satu dengan yang lain akan sangat sulit untuk mendapatkan mood dan karakter musik agan.
Caranya gimana gan?
Kalau ane, sering nongkrong bareng menjadi cara yang efektif, karena nongkrong bareng dapat membuat jiwa musikal agan bersatu
Selain itu, agan juga akan tau karakteristik masing-masing personil, kalau istilah saya "wes ngerti nang ndi playune arek2. Jangan cuman waktu ngeband doang agan nongkrong bareng, tapi saat waktu longgar bisa agan manfaatin buat ngobrol santai bareng - bareng.

Tips 2 Sehati
Yang berikutnya adalah tentukan genre yang akan agan mainin bareng band agan, usahakan punya personil se-aliran. Kalau se-aliran akan lebih mudah. Kalau mau all genre, agan harus tau dulu kapasitas personil.

Tips 3 Jangan Maksa
Jangan maksain personil agan buat play genre2 musik yang mereka gak paham. Buat agan yang punya ambisi buat bangun band dengan genre agan jangan maksain personil harus bisa. Pastikan agan tahu, seberapa tinggi kapasitas musik mereka.

Tips 4 Jamming Session
Ini yang paling ditunggu, kalau udah mantep usahkan sering2 jamming atau main bareng. Dengan seringnya agan main bareng, agan akan paham menguasai lagu. Kalau bisa, jangan pas ada jadwal perform baru latian, tapi kalau ada waktu kosong sebelum nongkrong, jamming dululah sejam2 yang penting mainya jelas

Tips 4 Schedule
Buatlah jadwal latian rutin gan, buat awal2 usahain padetin jadwal latian/perform. Biar kita bisa terbiasa dan jiwa musik agan bersatu.

So, pada dasarnya membangun sebuah band bukan cuman latian - perform - selesai. Tapi supaya band agan bisa awet terus, harus ada chemistry satu dengan yang lain.
Pengalaman ane gan, walaupun kapasitas personilnya masih pada nyubi, kalau mainya bisa sinkron bakalan enak didengar.
Yang paling penting adalah jaga ego masing-masing, biasanya ini yang jadi masalah klasik dalam band baru, belum bisa ngontrol ego, pengenya nunjukin skill masing2. Ingat gan akan ada waktunya agan show off skill agan beri.

Itu gan sedikit pengalaman ane dalam membangun sebuah band.
Kalau ada yang mau menbahkan silahkan.

Salam cendol
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di