alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Tantangan bahasa Arab
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfdfe35902cfe306a8b4567/tantangan-bahasa-arab

Tantangan bahasa Arab

Tantangan Bahasa arab
Bahasa Arab di Indonesia sebagai bahasa al-Qur’an dan jumlah penduduk Indonesia mayoritas beragama islam. Bahasa Arab digunakan sebagian besar dalam kegiatan peribadatan. Demikian juga dalam bidang ekonomi, pekerjaan dan politik. Pada dasarnnya masyarakat Indonesia sangat membutuhkan bahasa Arab namun, kenyataan menunjukkan bahwa pelayanan masih menjadi bahasa kelas dua.
Jika melihat sejarah, bahasa Arab justru jauh lebih dulu dikenal oleh orang Indonesia karena bahasa Arab masuk ke Nusantara bersamaan dengan masuknya islam. Namun, bahasa Inggris mampu menggeser popularitas bahasa Arab sebagai bahasa Asing di Indonesia. Salah satu penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap bahasa Arab karena bahasa Arab belum diapresiasi secara proposional oleh sebagian masyarakat Indonesia, bahkan oleh sebagian masyarakat islam sendiri.
Banyak faktor yang menyebabkan bahasa Inggris menjadi sangat popular diantaranya adalah faktor hadirnya globalisasi. Karena itu globalisasi adalah tantangan untuk melakukan pembumian bahasa Arab dalam dunia Internasional, terutama di Indonesia. Salah satu usahanya adalah dengan hadirnya lembaga-lembaga pembelajaran bahasa Arab baik formal maupun nonformal yang akan menjawab tantangan bahasa arab itu.
Tantangan bahasa Arab di Indonesia ialah menyebarkan citra buruk bahwa bahasa Arab sulit untuk dipelajari. Sehingga masyarakat banyak yang berfikir bahwa bahasa Arab itu hanya untuk orang-orangyang belajar dipesantren, sekolah-sekolah yang berbasis islam dan hanya sekedar bahasa agama. Padahal sebenarnya manfaat bahasa Arab itu tidak bisa dirasakan dari satu aspek saja. Bahasa Arab juga bisa menjadi peluang bisnis misalnya bisa menjadi penerjemah, guide, guru dan sebagainya.
Pengetahuan tentang bahasa Arab akan membantu kita untuk mengeksplorasi pengetahuan luas dalam bentuk asliya. Melalui bahasa Arab, orang dapat meraih ilmu pengetahuan, sebab bahasa Arab telah menjadi sarana mentransfer pengetahuan. Jika kita pandai berbahasa baik secara lisan maupun tulis, pekerjaan itu akan lebih mudah didapat.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di