alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PIAGAM MADINAH, CARA KANJENG NABI SAW HENTIKAN KEKERASAN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfdfa9b902cfe15188b4567/piagam-madinah-cara-kanjeng-nabi-saw-hentikan-kekerasan

PIAGAM MADINAH, CARA KANJENG NABI SAW HENTIKAN KEKERASAN

PIAGAM MADINAH, CARA KANJENG NABI SAW HENTIKAN KEKERASAN
Piagam ini dibuat dgn tujuan agar suku² berbeda bisa hidup rukun dlm satu kesatuan komunitas dgn mengedepankan TOLERANSI.

PRINSIP kekerasan gak akan menyelesaikan masalah. Untuk menghentikan pertikaian, Kanjeng Nabi membuat perjanjian yg dikenal dgn nama PIAGAM MADINAH atau KONSTITUSI MADINAH. 

Piagam Madinah ini ditandatangani saat terjadi pertentangan sengit antara Bani 'Aus dan Bani Khazraj di Yathrib, yg kelak disebut Madinah. 

Dokumen ini mengatur hak-hak dan kewajiban kaum MUSLIMIN, kaum YAHUDI, dan KOMUNITAS PAGAN MADINAH. Tujuannya, agar mereka bisa hidup rukun dlm satu kesatuan komunitas dgn mengedepankan TOLERANSI.

Dlm salah satu butir perjanjian itu bahkan memberi perlindungan kpd kaum Yahudi. Itu tercantum dlm pasal 16 Piagam Madinah:
"Bahwa sesungguhnya kaum-bangsa Yahudi yang setia kepada Negara, berhak mendapatkan bantuan dan perlindungan, tidak boleh dikurangi haknya dan tidak boleh diasingkan dari pergaulan umum."

Pada pasal 26 hingga 34, juga disebutkan hukuman yg jelas bagi kaum Yahudi yg berbuat KEKACAUAN atau KEJAHATAN: "Maka ganjaran dari perbuatannya itu menimpa dirinya dan keluarganya."

Lewat piagam Madinah ini, terlihat jelas pesan pentingnya melepaskan ego identitas yg menganggap diri sendiri paling hebat.

Jika sejak tahun 622 M Kanjeng Nabi tlah mengajarkan menghentikan kekerasan ntk menciptakan masyarakat harmonis meski berbeda suku dan pandangan, dgn membuat Piagam/konstitusi Madinah, knp harus menjadikan NKRI negara Islam!? 
Perlu diketahui bhwa dari sekian puluh pasal dlm Piagam Madinah, gak ada satu-pun tertulis bhwa madinah adlah negara Islam. Pdhl saat itu Kanjeng Nabi bukan hanya pemimpin agama Islam tapi juga kepala negara.
Masihkah kita memaksakan kehendak bhwa Indonesia harus menjadi negara Islam.!?
#Tanyakan_hatimu 
_________________________________________
Untuk isi dari Piagam Madinah silahkan dilihat disini... 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Piagam_Madinah 

Ket. Foto:
Grand Syaikh Al-Azhar dan Paus Fransiscus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
permasalahan kaum kampret itu:
- comot pernyataan orang lain secara sepotong-sepotong
- comot pasal2 UU dan hukum negara secara sepotong-sepotong
- comot ayat2 kitab suci secara sepotong-sepotong

Mungkin dari sejak lahir genetik dan DNA mereka cuma sepotong-sepotong, jadi maklumi saja jika mereka lahir jadi sepotong manusia dan sepotong kampret.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Alhamdulillah.
Pada pasal 26 hingga 34, juga disebutkan hukuman yg jelas bagi kaum Yahudi yg berbuat KEKACAUAN atau KEJAHATAN: "Maka ganjaran dari perbuatannya itu menimpa dirinya dan keluarganya."


hanya berlaku buat yahudi?


Quote:


jangan lupa setelah mereka menyerah akibat dikepung selama 25 hari emoticon-Big Grin
Ah. Good old day yastrib city,peace and harmony emoticon-Smilie

Tapi semua berubah ketika refugee dari mekah datang mengungsi
Diubah oleh khloekarmike
Balasan post madridzoners116
Quote:


nah itu yg bahaya
cuman ngambil yg nguntungin buat diri dan golongan
yg gag nguntungin gag dipakek

Balasan post bhinnekax
Quote:


Karena dituduh melanggar perjanjian ... yang notabener perjanjiannya sebenarnya berat sebelah dan merugikan Qurayza itu sendiri ...
kalau dari sumber barat, Qurayza malah gak bisa dibilang salah ...

btw, isi perjanjiannya selalu ditulis sebagian kecilnya doank ... di mana kelhatan betapa baiknya 1 pihak ...
Biasanya pengagum piagam ini gak berani nulis seluruh poin-poinnya secara mendetail ... gak tau kenapa begitu hehehe

Mirip kasus pakta anu yang selalu disebut sebagai bukti betapa tolerannya
padahal isinya mah penindasan terselubung kepada minoritas supaya punah ...
yo wes ben
yg jelas & pasti,
kanjeng nabi bukan tukang caci maki
bukan tukang hoax
bukan tukang jelek2in org
bukan pengecut
apalagi tukang fitnah.

emoticon-Traveller
Diubah oleh yesknow
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


piagam madinah adalah kuda trojan ala nabi untuk masuk ke madinah dan berlindung dari pembunuhan sukunya sendiri, dgn berlindung di ketek penguasa yahudi madinah


coba lihat setelah nabi diberi perlindungan oleh bangsa yahudi di madinah dgn piagam madinah,
apa yg terjadi dgn penguasa dan bangsa yahudi di madinah bbrp tahun berikutnya ? emoticon-Takut




PIAGAM MADINAH, CARA KANJENG NABI SAW HENTIKAN KEKERASAN
Yah cukup toleran sih walopun ada beberapa bahasa yg cukup sadis dan eksplisit bagi para penentang perjanjian di sana-sini..

Tapi gpp deh.. Namanya juga produk perjanjian di zaman dulu..

Harus kita hargai itu sebagai salah satu tonggak awal toleransi, khususnya di dalam umat..

Bahwa ada point tentang menjaga perbedaan dan saling bahu-membahu satu sama lain dalam membela persatuannya (dalam hal ini piagam madinah) dapat di anggap sebagai bentuk awal sebuah negara yg di isi oleh org2 yg berbeda agama..

Tapi mbok ya hukumannya jangan serem2 lah..

Masa elu yg salah, keluarga lu ketiban hukuman.. emoticon-Takut (S)
Diubah oleh filusufkacang
Quote:




yg harus dipahami umat,
asbabun nuzilnya nabi mau menandatangi piagam madinah adalah karena waktu itu nabi mau dibunuh oleh sukunya sendiri suku quarisy,
dan nabi terpaksa kabur ke madinah dan berlindung kpd penguasa madinah saat itu bangsa yahudi


dgn kata lain, nabi menandatangani piagam madinah,
karena nabi terpaksa, karena pada waktu itu nabi masih lemah dan mau dibunuh oleh sukunya sendiri,
bukan karena nabi menghargai perbedaan dan menghormati bangsa yahudi di madinah


setelah nabi sudah kuat di madinah, akhirnya bangsa yahudipun di perangi dan usir oleh nabi dari tanah mereka sendiri di madinah


itulah hikmah yg bisa terjadi oleh bangsa eropa saat ini karena menampung imigran arab
akan saatnya mereka di tikam oleh pendatang dan diabil tanah mereka oleh imigran




Diubah oleh ubaru
Quote:


Coba ente baca2 lagi..

Kalo dari point2 perjanjiannya, sepertinya bukan umat yg saat dalam posisi lemah.. Tapi justru yahudi..

Coba deh di baca, ada itu di linknya..

Isi perjanjiannya aja di mulai dengan membaca doa2 dalam agama islam.. Isi point2nya pun lebih banyak tentang syarat apa yg harus di penuhi yahudi supaya bisa di lindungi..

Ga relevan lah kalo itu perjanjian di buat oleh pihak yg lemah.. Idealnya perjanjian itu pasti mengikuti aturan dari pihak yg paling kuat..

Bukan malah sebaliknya.. emoticon-Big Grin
Quote:




tarik kesimpulan pakai logika dong,

diatas penulis menarik kesimpulan berdasarkan opini pribadi
sumbernya facebook emoticon-Big Grin


nabi kabur ke madinah bukan karena kebetulan,
karena nabi memang mengatahui, bangsa yahudi madinah juga adalah musuh bangsa quarisy mekkah

musuh dari musuhku adalah temanku


makanya salah satu isi perjanjian madinah adalah bersama2 memerangi musuh yg menyerang madinah


jadi jika mau mengatakn yahudi di madinah lemah, jelas salah besar
jika mereka lemah tentu sudah ditaklukan oleh mekkah.

ibarat jokowi merangkul maaruf amin, apa berarti jokowi lebih lemah dari maaruf amin ?

Diubah oleh ubaru
Quote:


Ya justru gue pake logika, apa mungkin pihak yg lemah buat pasal begini di dalam perjanjian :
Quote:


Justru gue curiga jangan2 elu belum baca isinya..

Gimana mau make logika kalo isinya aja lu ga tau?

Apa mungkin org yg posisinya lemah bikin pasal2 diatas dalam perjanjian? emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh filusufkacang
Balasan post filusufkacang
Quote:


gue bingung ama agan,
apa kaitannya elu bold di atas, membuktikan nabi lebih kuat dari yahudi di madinah.


Diubah oleh ubaru
Quote:


Lu kan nanya masalah logika ke gue..

Nah bayangin deh ke elu.. Ada org lemah, dateng ke kampung lu terus minta perlindungan..

Tapi sebagai bagian dari perlindungan itu dia kasih syarat macem2, ngelarang ini, ngelarang itu, bahkan dia sampe ngatur2 elu boleh ini, boleh itu.. Dan dia juga kasih sanksi ke elu kalo elu melanggar aturannya dia..

Menurut lu itu masuk akal ga? emoticon-Wakaka

Dimana logika lu yg lu banggain tadi? Kok mendadak hilang? emoticon-Wakaka
Balasan post madridzoners116
Quote:


Niru tokoh idola mereka alias nenek moyang mereka Abdurrahman bin Muljam
gila malah di troll sama sales sempak sialan nih thread
sudah kuduga....
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di