alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Bentuk-bentuk Evaluasi dan Butir Soal Maharah Qira’ah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfdf514d675d45d0f8b4567/bentuk-bentuk-evaluasi-dan--butir-soal-maharah-qiraah

Bentuk-bentuk Evaluasi dan Butir Soal Maharah Qira’ah

Pemberian tes atau soal kepada siswa, guru harus memperhatikan kompetensi yang dimiliki oleh mereka, karena siswa juga  dikategorikan menjadi tingkat pemula dan lanjut. Tes membaca bagi siswa pemula sebaiknya terdiri dari satu atau dua kalimat sederhana, sedangkan untuk tingkat lanjut, teks panjang dapat diberikan[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftn1][size=4][font="Times New Roman", serif][1][/font][/size][/url]. Berikut ini adalah beberapa bentuk evaluasi dan butir soal maharah qira’ah sesuai tingkatannya dalam kurikulum 2013 :
1.     Evaluasi tingkat kognitif C1 (Pengetahuan)
Guru dapat menilai tingkat kognitif C1 dari siswa melalui tes membaca nyaring. Bentuk evaluasi ini dilakukan dengan penentuan teks atau kalimat yang akan dibaca oleh dibaca oleh siswa. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui pengetahan siswa dalam membedakan bunyi bahasa dalam teks atau kalimat yang dibaca dan pengetahuan siswa tentang kata, frasa, dan klausa dalam kalimat atau teks yang dibaca. Adapun bentuk soal terkait evaluasi ini adalah sebagai berikut
[rtl]اقرأ النص الآتي قراءة فصيحة![/rtl]

[rtl]"...جاكارتا عاصمة أندونيسيا هي أكبر المدن في أندونيسيا، فيها مباني عظيمة وناطحات سحاب. أشهر مبانيها قصر الدولة والبرج القومي ومسجد الاستقلال..[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftn2][size=6][font="Traditional Arabic", serif][2][/font][/size][/url]"[/rtl]

Teks yang digunakan dalam tes tersebut merupakan kalimat-kalimat dalam teks sederhana. Tes tersebut berfokus pada pelafalan, kejelasan, dan kebenaran bacaan siswa.
2.     Evaluasi tingkat kognitif C2 (Pemahaman)
Evaluasi tingkat kognitif C2 (pemahaman) dilakukan dengan memberikan tes berisi kesimpulan tentang judul, isi, pesan dan hal-hal lain terkait teks (menyimpulkan). Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang keseluruhan isi teks. Adapun bentuk soal tentang evaluasi pada tingkat ini adalah sebagai berikut:
[rtl]أجب الأسئلة طبقا للنص السابق![/rtl]

[rtl]1.  أين تقع مسجد الاستقلال[/rtl]

[rtl]2.  ما أهم المباني في جاكارتا؟[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftn3][size=6][font="Traditional Arabic", serif][3][/font][/size][/url][/rtl]

Tes tersebut berfokus pada pemahaman siswa tentang teks yang telah dibaca.
3.     Evaluasi tingkat kognitif C3 (Penerapan)
Evaluasi tinkat kognitif C3 dilakukan oleh guru dengan memberikan tes berupa pengurutan kosa kata dengan benar sesuai susunan yang terdapat dalam teks yang ada. Tujuan tes ini adalah menguji siswa untuk menerapkan pola susunan kata yang telah dipelajari melalui teks bacaan. Adapun bentuk soal untuk evaluasi ini adalah sebagai berikut:
[rtl]رتب الكلمات الآتية صحيحا طبقا للنص السابق![/rtl]

[rtl]1.  قصر الدولة – مبانيها – أشهر [/rtl]

[rtl]2.  أكبر المدن – في أندونيسيا – هي [/rtl]

[rtl] [/rtl]

4.     Evaluasi tingkat kognitif C4 (Analisa)
Evaluasi tingkat kognitif C4 (Analisa) dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa untuk menganalisis pola-pola kalimat atau susunan gramatika yang dipelajari dalam teks bacaan. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan siswa untuk menganalisa dan pemahaman tentang pola gramatika yang telah dipelajari. Adapun bentuk soal tentang evaluasi pada tingkat ini adalah sebagai berikut:
[rtl]اقرأ النص الآتي وعين أسلوب اسم التفضيل فيه![/rtl]

[rtl]"...جاكارتا عاصمة أندونيسيا هي أكبر المدن في أندونيسيا، فيها مباني عظيمة وناطحات سحاب. أشهر مبانيها قصر الدولة والبرج القومي ومسجد الاستقلال[/rtl]

5.     Evaluasi tingkat kognitif C5 (Sintesis)
Evaluasi tingkat kognitif C5 (Sintesa) dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa untuk mengoreksi kesalahan yang terdapat dalam teks bacaan yang diberikan. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisa kesalahan dan pemahaman tentang teks. Adapun bentuk soal tentang evaluasi pada tingkat ini adalah sebagai berikut:
[rtl]عيّن الأخطأ في النص الآتي وأعط التصويب لها![/rtl]

[rtl]مالانج مدينة عظيم تقع في جاوى الشرقية، فيه مباني كثيرة عظيم، منها الجامعات والمستشفيات وغير ذلك. أسكن في هذا المدينة منذ صغيري.[/rtl]

[rtl] [/rtl]

6.     Evaluasi tingkat kognitif C6 (Penilaian)
Evaluasi tingkat kognitif C6 (Penilaian) dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa untuk membandingkan tingkat kesalahan yang terdapat dalam beberapa teks bacaan yang diberikan. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisa kesalahan, pemahaman tentang teks dan membandingkan kualitas antara beberapa teks. Adapun bentuk soal tentang evaluasi pada tingkat ini adalah sebagai berikut:
[rtl]عيّن الأخطأ في النصوص الآتية وقارنْها من خلال أخطئها![/rtl]

[rtl]النص الأول[/rtl]

[rtl]مالانج مدينة عظيم تقع في جاوى الشرقية، فيه مباني كثيرة عظيم، منها الجامعات والمستشفيات وغير ذلك. أسكن في هذا المدينة منذ صغيري.[/rtl]

[rtl]النص الثاني[/rtl]

[rtl]        عندي زميل، اسمها محمد. يسكن محمد في مالانج منذ صغيره, الآن تدرس محمد في جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج، تدرس محمد في قسم تعليم اللغة العربي.[/rtl]


[hr]
[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftnref1][size=3][font=Calibri, sans-serif][1][/font][/size][/url]Ainin, Moh, M. Thohir, dan Imam Asrori, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2006), hlm 132
[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftnref2][size=3][font=Calibri, sans-serif][2][/font][/size][/url]Ibid
[url=file:///D:/tugas/BAB%20I%20&%20II%20(1).docx#_ftnref3][size=3][font=Calibri, sans-serif][3][/font][/size][/url]Ibid
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di