alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
AS Hentikan Misi Pesawat Pembom Melintasi Korea Selatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfdea8298e31bd92c8b4574/as-hentikan-misi-pesawat-pembom-melintasi-korea-selatan

AS Hentikan Misi Pesawat Pembom Melintasi Korea Selatan

AS Hentikan Misi Pesawat Pembom Melintasi Korea Selatan

Selasa, 27 November 2018 | 15:54 WIB

AS Hentikan Misi Pesawat Pembom Melintasi Korea Selatan
Britannica
B-52 Stratofortress



WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Angkatan Udara AS menghentikan sementara misi penerbangan pesawat pemboman melintasi Korea Selatan. Penghentian tersebut setelah mendapat permintaan dari Seoul.

Kepala Angkatan Udara Pasifik AS, Jenderal Charles Brown mengatakan, penghentian itu dilakukan demi membantu menciptakan ruang bagi upaya diplomatik yang sedang berlangsung antara Korea Selatan dengan Korea Utara.

"Karena kami akan memulai lagkah diplomatik, kami tidak ingin melakukan sesuatu yang justru akan menggagalkan proses negosiasi," kata Brown, Senin (26/11/2018), dilansir AFP.

"Itulah salah satu alasan mengapa kami menghentikan penerbangan melintasi Korea Selatan," tambahnya.

Angkatan Udara AS telah secara rutin menerbangkan pesawat pembomnya melintasi Korea Selatan sebagai bagian dari Misi Kehadiran Pesawat Pembom yang Berkelanjutan, yang telah dijalankan sejak 2004.

Untuk menjalankan misi tersebut, Angkatan Udara AS bahkan secara khusus telah menempatkan pesawat pembomnya, yang terdiri dari B-1B, B-52, dan B-2 di pangkalan militer di Guam.

Tujuan dari misi tersebut adalah sebagai pelatihan sekaligus menunjukkan kehadiran militer AS yang kuat terhadap musuh-musuh potensial, salah satunya Korea Utara.

Angkatan Udara AS juga beberapa kali menggelar latihan bersama dengan Jepang, Korea Selatan dan Australia.

Namun, meski tidak lagi terbang di atas Semenanjung Korea, jumlah keseluruhan misi penerbangan pembom tidak akan berubah.

Sebelumnya, antara AS dengan Korea Selatan telah membatalkan sejumlah agenda latihan militer bersama, menyusul pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura pada Juni lalu.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis pekan lalu mengatakan, Washington dan Seoul telah mengurangi ruang lingkup dari rencana latihan militer bersama yang dinamakan Foal Eagle, yang dijadwalkan pada 2019.

Foal Eagle adalah latihan militer gabungan terbesar yang rutin digelar antara AS dengan Korsel dan selalu mendapat kecaman dari Pyongyang, yang menyebutnya sebagai persiapan untuk invasi ke Korea Utara.


SUMBER : https://internasional.kompas.com/rea...-korea-selatan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di