alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Agar Tak Bergantung Pada Impor, Pemerintah Genjot Produksi Spare Part Lokal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde966de2cf2d45e8b4567/agar-tak-bergantung-pada-impor-pemerintah-genjot-produksi-spare-part-lokal

Agar Tak Bergantung Pada Impor, Pemerintah Genjot Produksi Spare Part Lokal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah (IKM) di era industri 4.0. Salah satunya melalui kegiatan link and match IKM komponen otomotif dengan tier Agen Pemegang Merek (APM) dan industri besar.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan kegiatan Link and Match ini merupakan langkah nyata Kemenperin dalam memperkuat peran IKM di dalam struktur industri nasional.‎ Terlebih keberadaan IKM dalam rantai pasok industri otomotif nasional menjadi bagian penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia.

Agar Tak Bergantung Pada Impor, Pemerintah Genjot Produksi Spare Part Lokal


Quote:



Gati menjelaskan, nilai impor suku cadang kendaraan bermotor roda empat atau lebih pada rentang Januari-Juni 2018 adalah sebesar USD 2,06 miliar, meningkat 33 persen pada periode yang sama di 2017 yang sebesar USD 1,54 miliar.

"Kita optimis jika dilakukan lokalisasi terhadap produk-produk impor tersebut, maka ini akan menjadi peluang positif bagi IKM untuk dapat mengisinya," lanjut dia.

Kegiatan Link And Match IKM Komponen Otomotif Dengan Tier APM dan Industri Besar ini dilaksanakan dalam upaya menjembatani IKM komponen otomotif untuk dapat bertemu dengan supplier APM dan industri besar.

Tujuannya, agar IKM dapat menggali informasi mengenai potensi pasar yang dapat dijajaki di suplier APM dan industri besar.

"Selanjutnya suplier APM juga bisa mendapatkan informasi tentang potensi IKM yang dapat memasok kebutuhan industri besar dan dijadikan bagian dari supply chain, dan serta pemerintah dalam hal ini Ditjen IKM mendapat masukan terkait kebutuhan pembinaan IKM ke depan," ungkap dia.

Gati meyakini, IKM di sektor otomotif bisa naik kelas dengan terbukanya kesempatan yang diberikan oleh Tier APM untuk dapat menjadi mitra kerja yang baik.

“Semoga melalui kegiatan Link and Match Komponen Otomotif dengan Tier APM yang berlangsung pada hari ini dapat membawa kemajuan bagi perkembangan industri otomotif dalam negeri, dan khususnya didapatkan kemitraan yang saling menguntungkan antara Tier APM dengan IKM komponen otomotif menuju industri dalam negeri yang kuat dan berdaya saing," tandas dia.



Spoiler for Sumber:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau masalah amoy, yg lokal atau impor gw doyan semua

Spoiler for moy:
yang penting berkwalitas,jangan asal jadi
lokal ini KW ori grade apa bukan ? banyak ini pedagang spare part nakal barang busuk KW dibungkus ori, dijual harga ori pula...pengalaman gw ditipu beli cakram.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di