alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aturan PLTS Atap Terbit, Pemerintah Klaim Pelanggan PLN Lebih Hemat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde90596bde67e0b8b4573/aturan-plts-atap-terbit-pemerintah-klaim-pelanggan-pln-lebih-hemat

Aturan PLTS Atap Terbit, Pemerintah Klaim Pelanggan PLN Lebih Hemat

Pemerintah akhirnya mengatur penggunaan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap. Berkat aturan tersebut, nantinya pembayaran listrik akan jauh lebih murah.

Menurut Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Harris terdapat meteran ekspor-impor pada PLTS atap. Sehingga sebagian listrik yang dihasilkan bisa diekspor ke jaringan PT PLN.

Aturan PLTS Atap Terbit, Pemerintah Klaim Pelanggan PLN Lebih Hemat

Sebagian listrik tersebut diekspor dan disimpan dalam jaringan PLN dan digunakan sebagai pemotongan biaya pada bulan selanjutnya. Sehingga tagihan listrik akan jauh lebih murah.


Quote:



Lebih lanjut, ia mencontohkan sistematis ekspor-impor listrik dari PLTS ke jaringan PLN. Bila suatu rumah menghasilkan 1.000 kWh dan hanya menggunakan 800 kWh, maka 200 kWh sisanya akan diekspor ke jaringan PLN.

Namun, yang diekspor tersebut tidak dalam ukuran yang sama sebesar 200 kWh melainkan mesti dikali 65%, yakni sebesar 130 kWh. Hasilnya, angka 130 kWh itu yang akan digunakan untuk mengurangi tagihan listrik.


Quote:



Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan baru saja merilis aturan atap listrik dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 49 Tahun 2018. Aturan tersebut dilatarbelakangi pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) guna memanfaatkan energi ramah lingkungan.

Spoiler for Sumber:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalau 900 watt berapa biaya alat dan instalasi?
kenapa baru sekarang emoticon-Cool


good idea emoticon-cystg
Akhirnya ada juga yg menerapkan ide ini.. Dulu pernah baca komennya di kaskus emoticon-Big Grin
Baguslah kalo bisa meringankan beban tagihan. emoticon-shakehand emoticon-thumbsup
kayaknya mantap emoticon-Cool kalo punya panel Surya repot kalo harus beli baterai
Berapa duit keluar untuk daya 1300w?????
plts = pembangkit listrik tenaga sabar

akhi-akhir ini daerah ane sering mati lampu...

emoticon-Nohope
Ane pengikut forum plts, ini bukan program baru pak menteri, tuh contohnya sudah ada pom yg pakai listrik full PLTS yg sudah pakai sistem ini emoticon-Big Grin
tapi harga panel nya masih agak mahal emoticon-Embarrassment

kalau pemerintah mau ngasih dan masangin gratis sih boleh emoticon-Embarrassment (tapi agak rawan proyekannya dan malah dimaling sih abis dipasangin emoticon-Leh Uga
Agan2 yg tercinta.. ane minta link permen bentuk pdf tsb dunk.. ane cari2 di mbah gugel ada tp tidak jelas hasilnya.. terima kasih.
Mending pasang 2200kv aja
Cuma 700k perbulanemoticon-Recommended Seller
idenya bagus sih...emoticon-Jempol
tapi biaya pasang panelnya kisaran berapa ya kira2x..emoticon-Bingung
nett producer kok masih bayar? mestinya malah dibayar dong?
Diubah oleh obnoxiouspussy
Quote:


Udah dari lama gan kalo di masyarakat. Tp peraturannya yg baru terbit.
Quote:


Di desa2 pedalaman Papua pake panel surya gan. Udh jalan dr dulu kok. Dikasih dan dipasangin sm negara. Cuma utk sekedar penerangan lampu di malam hari. Biar gak gelap2an pk lampu tempel.
Quote:


Jangan lupa panel surya jg perlu maintenance. Harus selalu rutin dibersihkan dr debu2. Kalo tdk, kemampuannya menyerap sinar pasti berkurang. Masalahnya kalo ditaro di atas genteng kan susah mau nyuci.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di