alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Pengaruh Revolusi Nahwu Ibnu Mada'
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde831dcd7708b1d8b4572/pengaruh-revolusi-nahwu-ibnu-mada

Pengaruh Revolusi Nahwu Ibnu Mada'

Pengaruh yang ditimbulkan oleh revolusi Ibnu Mada' dalam kancah ilmu nahwu adalah menyederhanakan dan memudahkan pembahasan ilmu nahwu di lembaga-lembaga pendidikan dan sumber pustakanya, gebrakan tersebut mampu memberikan pengaruh terhadap kajian-kajian nahwu berikutnya, ataukah gebrakan yang tak menggetarkan.
Usaha Ibnu Mada' banyak mendapat sambutan dari para ahli Nahwu dikalangan Negara-negara Arab. Walaupun hasilnya masih samar-samar, namun semangat pembaharuan Ibnu Mada’ masih menyala sampai tahun 80-an abad ke-20an ini.
Kurang lebih satu abad setelah Ibnu Mada’, muncullah seorang ahli Nahwu yang sangat terkenal, bernama Ibnu Ajrum (meninggal tahun 723 H). Ibnu Ajrum berhasil meneyederhanakan pembahasan ilmu nahwu untuk para pelajar dalam bukunya yang berjudul Matan Ajrumiyah . dalam buku yang tidak lebih dari 20 halaman tersebut, Ibnu Ajrum hanya membahas hal-hal pokok saja. Matan Ajrumiyah ini sangat terkenal baik di Indonesia terutama di pondok-pondok pesantren maupun di dunia pada umumnya. Matan Ajrumiyah telah diterjemahkan di dalam berbgai bahasa, salah satu diantaranya adalah dalam bahasa latin, Perancis yang diterbitkan antara lain di Leiden, Perancis, Aljazair, Cambridge dan Jerman (Daif:16). serta salah satu diantara buku yang berisi tentang penyederhanaan ilmu Nahwu adalah buku An- Nahwu-l Wadih yang ditulis oleh Ali Jarim dan Mustafa Anim yang masyhur di Indonesia.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di