alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde7a9dc06bd03078b4578/kebanggaan-surabaya-ini-5-keunikan-pecel-semanggi-yang-melegenda

Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda

Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda

Bagi warga Surabaya, kuliner pecel semanggi bukanlah hal yang asing lagi karena asalnya memang dari Kota Pahlawan ini sendiri. Lebih tepatnya, makanan ini berasal dari daerah Benowo, yaitu wilayah pinggiran Kota Surabaya yang berbatasan dengan Kota Gresik.

Sebagian besar warga Benowo berprofesi sebagai penjual pecel semanggi ini, lho. Tak hanya itu, Bu Kunanti, salah satu warga Benowo dan merupakan pedagang pecel semanggi di sekitaran masjid Al-Akbar Surabaya yang kurang lebih mengatakan, bahwa di Benowo pun sampai ada tempat yang bertuliskan perkumpulan semanggi. Di mana lokasi tersebut digunakan sebagai tempat perkumpulan para pedagang semanggi dan di situ pulalah tempat perkebunan semangginya.

Dan karena istimewanya, makanan legendaris ini juga diabadikan pada sebuah lagu keroncong lho. Lagunya berjudul Semanggi Suroboyo yang diciptakan oleh S. Padimin pada era 50an, sudah lama sekali ya, guys? Adakah yang tahu lagunya?

Jadi apa aja nih keunikan pecel semanggi Surabaya ini, ya? Berikut 5 keunikan pecel semanggi khas Surabaya yang melegenda.


1. Daun semanggi dan kecambah (taoge)
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
Sesuai dengan namanya, pecel semanggi ini tidak menggunakan sayur seperti pecel pada umumnya, namun menggunakan daun semanggi. Di mana daun semanggi ini adalah sejenis tanaman paku-pakuan dan berbentuk kecil-kecil dengan tinggi yang hanya beberapa sentimeter saja. Penyajiannya tetap sama seperti pecel lainnya, yaitu dengan cara direbus terlebih dahulu. Tak hanya daun semanggi saja, di pecel ini juga diberi tambahan kecambah (taoge). 

Eits, penyajian pecel semanggi ini tanpa lontong ataupun nasi ya. Jadi, temen-temen jangan kaget kalau tidak ada lontong atau nasi, karena mereka memang tidak menyediakan itu dan pecel semanggi ini bukanlah lauk untuk dimakan bersama lontong atau nasi.


2. Bumbu berbeda dari pecel biasanya
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
Keunikan yang kedua ini telah menjadi ciri khas dari pecel semanggi surabaya, yaitu terletak pada bumbunya. Ya, bumbunya tak seperti pecel biasanya. Di mana bumbunya ini terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan tak ketinggalan pula petis.

Petis tak pernah ketinggalan karena sebagian besar makanan khas Surabaya identik dengan adanya petis, begitu menurut Bu Kunanti—pedagang semanggi. Karena adanya campuran ketela rambat inilah yang membuat pecel semanggi ini ada rasa manis-manisnya. Namun, bagi pecinta pedas, tak perlu khawatir karena kalian bisa minta tambahan sambal.


3. Sendoknya pakai kerupuk
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
Cara menikmati pecel semanggi ini tidak dengan sendok dan garpu, tetapi dengan kerupuk. Kerupuk berwarna kuning dan berbentuk persegi panjang besar dengan rasa yang gurih dan renyah ini namanya kerupuk puli yang berbahan dasar beras.

Namun, karena beberapa pembeli banyak yang meminta sendok sehingga kini penjual semanggi sudah mulai menyediakannya. Jadi, bagi kalian yang tidak terbiasa makan pecel semanggi ini dengan kerupuk, tenang saja, mereka sudah menyediakan sendok plastik kok. Kalau kamu tim sendok kerupuk puli atau tim sendok plastik nih?


4. Disajikan di atas pincuk daun pisang
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
Penyajian pecel semanggi ini dari dulu sampai sekarang masih tetap menggunakan daun pisang yang dipincuk. Ini, nih yang menambah kenikmatan kuliner kebanggaan Surabaya satu ini!


5. Langka
Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda
Pecel semanggi surabaya ini langka, mengapa? Karena kalian hanya bisa menemukan di Kota Pahlawan ini dan itupun hanya ada di beberapa titik kota Surabaya, salah satunya di sekitaran Masjid Al-Akbar Surabaya. 

Yang pasti, paling mudah ditemukan di daerah Benowo. Bukankah di Gresik dan Banyuwangi juga ada? Iya, ada, namun berbeda dengan semanggi yang asli dari Surabaya. Di mana kalau di Gresik sebagian besar menggunakan peyek bukan kerupuk puli dan di Banyuwangi menggunakan racikan bumbu yang berbeda dari Surabaya.

Itulah 5 keunikan pecel semanggi khas Surabaya, bagaimana? Adakah yang suka dengan pecel semanggi? Di mana nih biasanya kalian membelinya? 

Dan untuk kalian yang berada di luar kota Surabaya dan hendak berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan legendaris satu ini, ya? Karena main ke Surabaya belum lengkap kalau belum mencicipi makanan yang melegenda satu ini lho.


Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/i...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda Berburu 5 Sandwich Terenak & Terunik, Cuma Ada di Jepang!

- Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda 9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Endes Maksimal!

- Kebanggaan Surabaya, Ini 5 Keunikan Pecel Semanggi yang Melegenda 7 Makanan Indonesia Ini Punya Kembaran di Malaysia, Enak Mana Ya?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di