alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde18bdbd770006a8b4575/hari-ini-polisi-periksa-jubir-komisi-yudisial

Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial

Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial

Jakarta: Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi hari ini. Dia akan diperiksa terkait kasus pencemaran nama baik atas laporan 64 hakim Mahkamah Agung (MA). 


'Ya, betul (yang bersangkutan akan diperiksa),' kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Selasa, 27 November 2018.


Pemeriksaan terhadap Farid bakal dilakukan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Pemeriksaan Farid juga buntut pemberitaan salah satu media cetak nasional berjudul 'Hakim di Daerah Keluhkan Iuran'. Isi berita salah satunya mempermasalahkan besaran iuran turnamen tenis Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP) yang digelar MA.


Laporan terhadap Farid teregistrasi dengan nomor LP/4965/IX/2018/PMJ/Dit.Reskrimum tertanggal Senin, 17 September 2018. Polisi menyatakan, kasus ini sudah masuk tahap penyidikan.


Kuasa Hukum Farid, Denny Ardiansyah Lubis memastikan kliennya akan memenuhi panggilan tersebut. Menurut dia, pemanggilan itu dalam kapasitas Farid sebagai juru bicara KY, bukan sebagai pribadi. Maka itu, dirinya akan mengkomunikasikan hal itu kepada penyidik dalam pemeriksaan besok.


'Pertama, kita harus memastikan berkaitan dengan itu bahwa Farid Wajdi selaku juru bicara, bukan pribadi dia. Itu yang harus kita komunikasikan dengan pihak penyidik,' ungkap Denny.


Menurut Denny, kasus yang menjerat kliennya merupakan sengketa pers. Mekanisme hukum yang ditempuh, kata dia, seharusnya melalui Dewan Pers, bukan melalui hukum pidana.


'Kedudukan hukum Farid selaku narasumber. Sedangkan harian atau surat kabar tersebut sebagai media yang menayangkan atau menuliskan hasil wawancara. Sehingga, harusnya kalau ada pihak yang keberatan sebaiknya melakukan hak jawab atas pemberitaan, atas apa yang disampaikan oleh harian Kompas. Sampai sekarang tidak,' beber Denny.


Denny pun menilai pemanggilan polisi terhadap kliennya tidak tepat. Namun, ia memastikan Farid akan kooperatif. Lagipula, ia menilai tak apa yang dilakukan Farid tak ada yang salah.


'Bahwa secara konten, ini adalah info yang bisa dipertanggungjawabkan dan ditelusuri oleh Komisi Yudisial sebagai pengawas yang mengawasi lembaga kehakiman ini. Sehingga tak layak di kriminalisasi,' imbuh Denny.


Kubu Farid akan membawa sejumlah barang bukti dokumen, seperti surat penunjukan Farid sebagai juru bicara KY, surat tugas dari KY untuk Farid menghadiri pemeriksaan, dan surat pernyataan dari Dewan Pers soal mekanisme penyelesaian sengketa pers. Denny juga telah menyiapkan sejumlah langkah hukum.


'Strategi kita adalah melakukan pendampingan dan pembelaan secara hukum. Kedua adalah meminta, kita sedang mengirim surat kepolisian untuk menghentikan proses ini. Karena dinilai tidak tepat dan merupakan ranahnya Dewan Pers sebagai sengketa pers bukan sebagai tindak pidana,' pungkas Denny

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/4K...omisi-yudisial

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial Pendaftaran Perkara Kini Lebih Mudah dengan e-Court

- Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial Implementasi e-Court Didukung 7 Bank Pemerintah

- Hari Ini, Polisi Periksa Jubir Komisi Yudisial Modernisasi Mahkamah Agung untuk Mewujudkan Peradilan Sederhana, Cepat dan Berbiaya Ringan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
masalahnya kayak apa sih emoticon-Gila


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di