alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfde02412e2577e188b4592/bolos-lebih-dari-46-hari-33-pns-dipecat

Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat

Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat
Sejumlah PNS usai upacara peringatan HUT ke 46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), di Jakarta, Rabu (29/11/2017).
Pemerintah memecat 33 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai lembaga karena melanggar kedisplinan. Jumlah itu bagian dari 40 PNS yang disidang oleh Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK), pada Senin (26/11/2018) di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Menteri PANRB Syafruddin, yang menjadi Ketua BAPEK memutuskan sebanyak 33 PNS dijatuhkan sanksi Pemberhentian Dengan Hormat Tidak Atas Permintaan Sendiri (PDHTAPS). Dari jumlah itu, sebanyak 24 PNS diantaranya disebabkan karena tidak masuk kerja lebih dari 46 hari.

“Sebagian besar kasus PNS yang diberhentikan karena tidak masuk kerja, ada juga kasus perzinahan,” ujar Menteri PANRB Syafruddin, seperti dipetik dari situs menpan.go.id.

Aturan pemecatan karena bolos lebih dari 46 hari ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Dalam pasal 10 angka 9 ayat d disebutkan, PNS yang tak masuk selama 46 hari kerja atau lebih diberhentikan.

Dalam sidang Senin lalu, hukuman lain juga diberikan kepada PNS yang melanggar. Seorang PNS diturunkan pangkatnya untuk setahun, empat orang diturunkan pangkatnya tiga tahun, satu PNS kenaikan gajinya ditunda selama setahun, dan satu orang PNS dibatalkan hukumannya karena memasuki batas usia pensiun.

Selain mangkir kerja, pelanggaran PNS itu antara lain seperti perzinahan, penyalahgunaan wewenang, penipuan, menjadi calo PNS, perceraian tanpa izin, dan lainnya.

Juli lalu, 18 PNS juga telah dipecat karena melakukan pelanggaran yang serupa. Menteri PAN RB saat itu, Asman Abnur menyatakan, mereka berasal dari 8 instansi pemerintah pusat dan 7 pemerintah daerah. Selain itu, tiga PNS diberikan sanksi turun pangkat selama tiga tahun baik dari instansi pusat maupun pemerintah daerah.

"Sebagian besar kasus PNS yang diberhentikan karena tidak masuk kerja lebih dari 46 hari. Ini menjadi peringatan bagi seluruh ASN," tegas Menteri Asman usai sidang yang berlangsung di kantor Kementerian PANRB, Senin (30/7/2018) seperti dipetik dari Kontan.co.id.

Sebanyak 16 orang bolos lebih dari 46 hari, dua orang menjadi calo CPNS, penyalahgunaan narkotika, melakukan pungli, pemalsuan dokumen CPNS, cerai tanpa ijin pejabat yang berwenang, hingga ada juga yang melakukan penggelapan uang titipan biaya nikah.

Menurut data dari Badan Kepegawaian Negara (BN) tahun lalu, sebanyak 1.759 PNS dijatuhi sanksi karena melanggar disiplin. Dari jumlah itu, sebanyak 347 dipecat. Mereka terdiri dari 96 dipecat dengan tidak hormat, dan 251 dipecat dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.

Menurut pakar administrasi publik dari Universitas Indonesia, Lina Miftahul Jannah penegakkan disiplin PNS masih belum maksimal. Sebab Peraturan Pemerintah nomor 53/2010 belum secara tegas dan perinci mengatur disiplin PNS.

Aturan disiplin PNS hanya berbicara tentang jenis sanksi yaitu ringan, sedang, dan berat. Sementara pelanggarannya didefinisikan oleh masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK). "PP ini sebenarnya tidak gamblang mengatur tentang penegakan disiplin bagi PNS. Masih ada kelemahan-kelemahan sehingga penegakan disiplin PNS belum maksimal," ujarnya kepada Sindonews.com, Minggu (11/2/2018).
Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...33-pns-dipecat

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat Rapor guru dalam hasil uji kompetensi

- Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat Rumitnya membatasi sampah plastik

- Bolos lebih dari 46 hari, 33 PNS dipecat Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Indonesia 4.0 sudah tidak ada ruang lagi buat 46 bhadjingan2 tersebut dan yang akan mengikuti langkah mereka,,,

berangus semua pak Syafrudin emoticon-Nyepi

semoga ASN tahun ini tidak ada yang akan dan menajdi seperti 46 bhadjingan2 tersebut.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di