alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
5 Kesalahan Paling Fatal Ketika Melakukan Bisnis Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd8aff1cbfaa2b168b4571/5-kesalahan-paling-fatal-ketika-melakukan-bisnis-online

5 Kesalahan Paling Fatal Ketika Melakukan Bisnis Online

5 Kesalahan Paling Fatal Ketika Melakukan Bisnis Online dan Kiat Memperbaiki Kesalahan dalam Berbisnis Online


Dalam bidang apapun, pasti mempunyai tantangan dan masalah tersendiri. Sama dengan bisnis online. Membuka bisnis online tidak berarti Anda bisa bersantai dan menghabiskan waktu dan uang yang akan otomatis datang ke tangan Anda. Ini adalah pemikiran yang salah. Ketika Anda melakukan bisnis online, Anda membutuhkan waktu dan usaha yang tidak mudah sehingga akhirnya Anda dapat memperoleh money dan time freedom yang sudah menjadi impian Anda. Tetapi ketika Anda melakukan bisnis online, ada beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan dan sebenarnya kesalahan ini biasa. Oleh karena itu, Anda harus membaca artikel ini untuk mencegah terjadinya kesalahan tersebut ketika melakukan bisnis online. Jika ternyata Anda telah melakukan semua kesalahan yang disebutkan dalam artikel ini, maka diharapkan Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Di bawah ini adalah lima kesalahan ketika melakukan bisnis online dan cara memperbaiki kesalahan ini:

Tidak ada orang yang mengenal produk Anda

Apakah Anda sering bertanya mengapa produk yang Anda pasarkan sama sekali tidak laku atau hanya laku sedikit? Mungkin penyebab masalah tersebut adalah orang-orang tidak mengenali produk Anda. Lalu bagaimana produk Anda bisa terjual jika semua orang tidak sadar bahwa produk Anda itu ada.  Apalagi Anda memilih untuk menjual jasa atau produk yang belum dikenal oleh orang-orang. Menjual produk yang belum dikenal itu sebenarnya bukan kesalahan karena jasa atau produk memang memerlukan inovasi. Mungkin Anda sudah melakukan berbagai macam promosi. Tetapi apakah cara promosi tersebut sudah mampu menjangkau semua target pasar Anda? Anda harus melakukan evaluasi pada strategi pemasaran yang Anda lakukan. Strategi dan target pasar yang tepat akan membuat pelanggan Anda mengetahui produk yang Anda buat.  

Banyak orang yang meragukan produk Anda

Sebenarnya ini juga hal yang wajar karena sebagian besar masyarakat di Indonesia masih terasa asing melakukan pembelian barang secara online. Apalagi merek usaha Anda ini masih baru, sangat wajar apabila orang-orang merasa ragu. Untuk meyakinkan pelanggan Anda, Anda bisa meminta orang yang telah menggunakan jasa atau membeli produk Anda untuk memberikan testimoni. Orang-orang akan semakin yakin jika testimoni tersebut dibuat oleh orang yang terkenal atau orang yang ahli dalam bidang tersebut. Langkah ini dapat menjadi salah satu cara untuk membuat pelanggan semakin percaya dan membeli produk yang Anda pasarkan.

Sudah memesan, tetapi tidak segera melakukan pembayaran

Mungkin beberapa pembeli pernah melakukan kesalahan ini yakni pembeli tersebut sudah memesan tetapi tidak melakukan pembayaran. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari kesalahan tersebut. Mungkin Anda lupa untuk mengirim uang pembayaran. Mungkin Anda sudah merencanakan untuk memesan barang lebih dulu dan melakukan pembayaran ketika gaji Anda keluar. Masih banyak kemungkinan yang lain. Jadi tidak ada penyebab yang pasti. Tetapi kita tidak bisa menyalahkan pembeli karena ada ungkapan pembeli adalah raja. Oleh karena itu, Anda memerlukan trik berbisnis yang berfungsi untuk mengingatkan pelanggan untuk melakukan pembayaran karena terkadang pelanggan memang lupa membayar dan tidak pernah ada niat untuk sengaja tidak membayar. Anda bisa memberitahukan lewat telepon, sms, chatting, email, dan cara lainnya untuk mengingatkan pelanggan agar membayar. Anda bisa menunggu 2-3 hari sampai pelanggan melakukan pembayaran.

Tidak ada pelanggan yang setia pada usaha Anda

Apabila Anda menemukan fakta bahwa Anda tidak mempunyai pelanggan yang setia, maka mungkin ada kesalahan dalam strategi yang Anda lakukan pada usaha Anda. Mempunyai pelanggan yang setia adalah hal yang penting sama seperti mempunyai pelanggan baru dalam usaha Anda. Jika ada pelanggan yang kembali lagi untuk membeli produk Anda atau menggunakan jasa Anda, maka produk atau jasa Anda tersebut sangat memuaskan untuk mereka.  Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk memperoleh pelanggan yang setia. Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan adalah memberikan poin ketika pembelian pertama dan poin tersebut nantinya bisa ditukarkan untuk voucher berupa potongan harga untuk pembelian berikutnya.  

Omzet usaha tidak mengalami perkembangan

Kesalahan terakhir yang membuat banyak bisnis online bangkrut adalah omzet yang tidak meningkat. Keuntungan yang Anda peroleh sama sekali tidak berkembang.  Anda bisa mencari penyebabnya terlebih dahulu dan mencoba untuk menerapkan strategi bisnis yang tepat agar omzet Anda berkembang.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di